“Aya Dodol, Moci, Tahu, Galendo, jeung Tauco” (Pengembangan E-Book Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi “Kadaharan Khas Sunda” Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Sekolah Dasar)
Abstract
Sundanese as the language of instruction in West Java is less well known by students. This study aims to develop a canva-assisted e-book that contains Sundanese typical kadaharan material in Sundanese language and literature learning (PBSS). This research uses a development research method with the ADDIE model. In this article, all stages of ADDIE are discussed from analysis to evaluation. E-book development is validated by media and material expert validators to improve features that are still lacking using a validation questionnaire instrument. Furthermore, the e-book was tested on 27 students in class VI at an elementary school in Banjar City, West Java. Based on the data from the expert validation results, it was found that this e-book met the “Very Good” category (95%). Based on the results of interviews, students find it easy to access e-books so that they can understand the material which can ultimately achieve learning objectives. The implication of this research is that the use of e-books developed with the help of Canva is an innovation in introducing local languages and cultures.
Bahasa Sunda sebagai bahasa pengantar di Jawa Barat kurang dikenal oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbantuan canva yang memuat materi kadaharan khas sunda pada pembelajaran bahasa dan sastra Sunda (PBSS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Dalam artikel ini dibahas seluruh tahapan ADDIE mulai dari analisi hingga evaluasi. Pengembangan E-book divalidasi oleh validator ahli media dan materi guna perbaikan pada fitur yang masih kurang dengan menggunakan instrumen angket validasi. Selanjutnya e-book diuji-cobakan kepada 27 orang peserta didik di kelas VI di sebuah sekolah dasar di Kota Banjar Jawa Barat. Berdasarkan data hasil validasi ahli, diperoleh bahwa e-book ini memenuhi kategori “Sangat Baik” (95%). Berdasarkan hasil wawancara, peserta didik merasa mudah dalam mengakses e-book sehingga dapat memahami materi yang akhirnya dapat mencapai tujuan pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan e-book iyang dikembangkan dengan berbantuan Canva menjadi inovasi dalam memperkenalkan bahasa serta budaya lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2020). PENTINGNYA PENGUASAAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENYIAPKAN SISWA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRY 4.0. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 87–95. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76
Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Dalam Jurnal Sinestesia (Vol. 12, Nomor 1). https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
Lubis, B., Sos, S., Si, M., Mulianingsih, S., Pd, S., & Pd, M. (2019). KETERKAITAN BONUS DEMOGRAFI DENGAN TEORI GENERASI. Dalam FEBRUARI (Vol. 1, Nomor 1). https://www.bkkbn.go.id/detailpost/bonus-
Nuryani, D., & Handayani, I. (2020). KOMPETENSI GURU DI ERA 4.0 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.
Rusmiatiningsih, R., & Rizkyantha, O. (2022). Analisis Karakteristik Literasi Generasi Alpha Dan Implikasinya Terhadap Layanan Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(2), 295. https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.5134
Sairi, A. P. (2018). Pengembangan Buku Saku (E-Media) Termodinamika Berorientasi Android. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 2(2), 20–33. https://doi.org/10.19109/jifp.v2i2.2664
Sari, E. E., Widyastuti, T., Santosa Nugraha, H., Sari, E. E., Widyastuti, T., & Nugraha, H. S. (2024). Respons Siswa Terhadap Media Augmented Reality berbantuan Aplikasi Assembler dalam Pembelajaran Dongeng Bahasa Sunda. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 8(1), 219–234. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1
Setiadi, A. (2023). ANALISIS KONTEKS PEMAKAIAN BAHASA SUNDA DAN. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67607
Siti Nur Azzizah, D., Respati, R., & Alia, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menyimak Bahasa Sunda melalui Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi. 8(2), 1178–1189. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7296
Sobarna, C., Gunardi, G., & Wahya, W. (2018). Toponimi Nama Tempat Berbahasa Sunda di Kabupaten Banyumas. Panggung, 28(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v28i2.426
Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3498–3512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1399
Syaripah, A., & Saputra, E. R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran ICT Berbasis Game Edukatif Wordwall Sajak Bahasa Sunda Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2067
Utomo, S. S. (2019). GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.
Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.53734
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI ALPHA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67
Refbacks
- There are currently no refbacks.