Pengaruh Model TGT Berbantuan Wordwall terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Mayang Sari, Neza Agusdianita, Yusnia Yusnia

Abstract

This study aims to determine the effect of the TGT model assisted by wordwall on students' learning motivation in Mathematics subjects in grade IV cluster X of Bengkulu City. This type of research is quantitative with a quasi-experimental method. Questionnaire data collection was carried out before and after learning in the experimental class and control class. The population in this study was Cluster X of Bengkulu City. The sample of this study was SDN 58 which consisted of 28 students as the experimental class and SDN 15 which consisted of 31 students as the control class. Sampling was carried out using the cluster random sampling technique. The results of this study obtained an average posttest value of the experimental class of 90.7500 and the control class of 86.0323. The results of the swimmer test obtained a sig value of the experimental class of 0.288> 0.05 and the control class of 0.206, which means that the data is normally distributed. The results of the homogeneity test of the posttest value were 0.209> 0.05, which means that the data of the experimental class and the control class were declared homogeneous. The results of the hypothesis test obtained a sig value (2-tailed) of 0.000 < 0.05. Thus, it can be concluded that there is a significant influence of the TGT model assisted by wordwalls on students' learning motivation in mathematics subjects in class IV cluster X of Bengkulu City.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT yang dibantu oleh wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi-experimental. Pengumpulan data kuesioner dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah Kluster X Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah SDN 58 yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 15 yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini mendapatkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 90.7500 dan kelas kontrol sebesar 86.0323. Hasil tes perenang memperoleh nilai sig dari kelas eksperimen sebesar 0.288 > 0.05 dan kelas kontrol sebesar 0.206, yang berarti bahwa data terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas nilai posttest adalah 0.209 > 0.05, yang berarti bahwa data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan homogen. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai sig (dua sisi) sebesar 0.000 < 0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dari model TGT yang dibantu oleh wordwalls terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV kluster X Kota Bengkulu. Dengan demikian, model TGT berbantuan wordwall dapat memotivasi siswa pada mata pelajaran matematika.

Keywords

model TGT, wordwall, motivasi, matematika

Full Text:

PDF

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, … Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. (N. Sputra, Ed.), Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Agusdianita, N., Harahap, D., Ariska, F., Salzabillah, F., Aisyi, N. R., & Anisya, F. (2024). PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 473-479.

Agusdianita, N., Puspita, Y. R. A., Kasthori, M., & Bella, Z. S. (2024). PENERAPAN MODEL TGT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VD SDN 5 KOTA BENGKULU. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 81-88.

Agusdianita, N., Supriatna, I., Sanche, L. A., Afni, D. J. N., Ilhami, A. S., Septi, F., & Cokro, M. (2024). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 498-507.

Agusdianita, N., Yuliarti, K. R., Mediana, V., Nurhasanah, N., Purnamasari, W., & Bela, M. D. P. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Pada Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak Dan Kewajiban Kelas Iii Sdn 52 Kota Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 4(1), 161-168.

Andika, R., Hendri, S., Masniladevi, M., & Zuryanti, Z. (2023). Evaluation Of Mathematics Learning In Elementary School Grade IV: The Importance Of Numeracy, 5(1), 786–792.

Ariza, Y., Agusdianita, N., & Noperman, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Kelas V SD Negeri 18 Pendopo.

Ariza, Yerpi, Neza Agusdianita, and Feri Noperman. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Kelas V SD Negeri 18 Pendopo." Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 7. No. 3. 2024.

Armin, R., & Astuti, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 12 GU. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 178–183. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.455

Diba, F., & Muttaqien, N. (2019). Perkembangan Peserta Didik. Dirjen Dikti: Jakarta, 1–222.

Fadhila, A., Agusdianita, N., & Desri. (2024). Literatur Review: Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar, 1–23.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. (C. Wijaya & Amiruddin, Eds.). Medan: LPPPI.

Lusa, H., Yusnia, Y., & Agusdianita, N. (2024). PENDAMPINGAN PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Jurnal Abdimas Bencoolen, 2(3), 119-125.

Mayasari, N. & johar A. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. (K. Emha, Ed.) (Vol. 14). Jawa Tengah: CV. Rizquna.

Mustadi, A., Fauzani, R. A., & Rochman, K. (2018). Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. (D. Uji, Ed.) (Pertama). Yogyakarta: UNY Press.

Nashan, S., Anisa, R. N., Ummah, N., Margaretha, S. M., & Fitryah, A. (2023). Analisis perbedaan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan metode PBL kelas V di SD 2 Bulong Kulon. Implementasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Di Sekolah Dasar, 2(1), 753–760. Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19794

Netson, B., & Quratul Ain, S. (2020). Factors Causing Difficulty in Learning Mathematics for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 4(1), 130–138.

OECD. (2024). PISA 2022 Result : The State of Learning and Equity in Education. Perfiles Educativos (Vol. 1). OECD publising. https://doi.org/10.1787/53f23881

Oktaffi, A. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru IPA SMP. (W. A. Wijayadi, Ed.), Sustainability (Switzerland) (Vol. 11). Jawa Timur: LPPM UNHASY.

Saeful, P. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.56393/pelita.v3i2.1716

Sapitri, M. R., Perdana, H. D. A., Nopela, D. A., Safitri, W., Anjarsari, W., & Agusdianita, N. (2024). PENERAPAN LESSON STUDY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 16. https://doi.org/10.21608/saep.2019.54130

Wajdi, F., Seplyana, D., Juliastuti, Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, Halisa, N. N., … Kusumaningrum, R. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. (E. Damayanti, Ed.), Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7). Jawa Barat: Widina Media Utama.

Wijiningsih, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media ”Doraku Sayang” untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3489–3497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2489

Yusnia, Y., Kurniawati, I., Agusdianita, N., & Supriatna, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran tgt berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 462-467.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.