Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions di Kelas IV Sekolah Dasar

Ma’ruf Arrizal, Sri Muryaningsih

Abstract

The background of this study was the low motivation and academic achievement of students in mathematics learning. This research was conducted to improve students' motivation and achievement in mathematics, specifically on the topic of plane shapes, by applying the Student Teams Achievement Divisions (STAD) learning model. This study utilized Classroom Action Research (CAR) based on the model by Kemmis and McTaggart, which was carried out in two cycles, each consisting of two meetings. The subject of this research was the fourth-grade students of SD Negeri 1 Gunungkarang, totaling 24 students, including 13 females and the 11 males. Data were collected using test methods and non-test methods, including observation sheets, questionnaires, and documentation that supported the research process. The data analysis techniques employed in this study included questionnaire results to measure student motivation, test results to assess student understanding, and observation sheets to record the activities of teachers and students. The findings of this study revealed that the use of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) model successfully enhanced students learning motivation from 70.5% in the first cycle to 84.5% in the second cycle. Regarding students learning achievement, 60.3% of students achieved mastery in the first cycle, which increased to 83% in the second cycle. Teacher activity reached 84.5% in the first cycle and 90.6% in the second cycle. Student activity reached 69.65% in the first cycle and 83.4% in the second cycle. It can be drawn that the implementation of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) model can improve both students motivation and academic achievement in mathematics. The STAD model also helps enhance teacher and student engagement during mathematics learning.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun datar, dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model dari Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Gunungkarang yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan non tes, meliputi lembar observasi, angket, dan dokumentasi yang mendukung proses penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi hasil kuesioner untuk mengukur motivasi siswa, hasil tes untuk menilai pemahaman siswa, dan lembar observasi untuk mencatat aktivitas guru dan siswa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dari 70,5% pada siklus pertama menjadi 84,5% pada siklus kedua. Mengenai prestasi belajar siswa, 60,3% siswa mencapai ketuntasan pada siklus pertama, yang meningkat menjadi 83% pada siklus kedua. Aktivitas guru mencapai 84,5% pada siklus pertama dan 90,6% pada siklus kedua. Aktivitas siswa mencapai 69,65% pada siklus pertama dan 83,4% pada siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi akademik siswa dalam pelajaran matematika. Model STAD juga membantu meningkatkan keterlibatan guru dan siswa selama pembelajaran matematika.

Keywords

motivasi, prestasi, matematika, STAD

Full Text:

PDF

References

Adnyana, E. M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496–505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979

Agustina, S., Muslim, A., & Irianto, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran STAD Berbantu Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V B. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 21(1), 79–99.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ermawati, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723

Apriani, M., & Permatasari, carolina lita. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Satya Widya, 39(2), 159–172. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p159-172

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. 1(1), 1–23.

Aprilia, R. R., & R, W. S. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 9(1), 75–92. https://doi.org/10.24090/jimrf.v9i1.4134

Berlyana, M. dewi putri, & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311

Haryati, D., Gusmarlia, F., & Nurhikmah, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas V SDN No.198/I Pasar Baru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 316–321. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1226

Hijriyati, & Melinda, C. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs. Bakoba: Journal of Social Science Education, 02(01), 141–150.

Mahmudin, Hidayah, Y., & Erliani, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Stad Pada Kelas Iv Sdn 1 Kota Pagatan. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 3 (SENSASEDA) 3 UNIVERSITAS PGRI KALIMANTAN, 3, 103–108.

Mayasari, N. johar A. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Vol. 14, Issue 5).

Muchlisin Riadi. (2019, Maret 06). Penelitian Tindakan Kelas. Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html.

Nasrawati, N., & Putrini R Harahap, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Melalui Metode STAD. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 3(2), 77–88. https://doi.org/10.58466/intern.v3i2.1696

Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450

Purnomo, B. W., Kirana, A., & Suratni, S. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Integrasinya, 2(2), 24–31. https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.69

Ridwan, A., Nur Amanah Asdiniah, E., Afriliani, M., & Fadia Nurul Fitri, S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Kompetitif Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(01), 447–459

Sari, R. K., Mudjiran, Fitria, Y., & Irsyad: (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593-5600

Setiyaningrum, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Kelas VI SD Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 739. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54396

Slavin, R. E. (2015) Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676

Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906–1913. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166

Wardana, W., & Djamaluddin, A. (2021). Belajar dan Pembelajaran Teori, Desain, Model Pembelajaran dan Prestasi Belajar. In CV. Kaafah Learning Center: Jakarta.

Yaduvanshi, S., & Singh, S. (2019). Fostering Achievement of Low-, Average-, and High-Achievers Students in Biology through Structured Cooperative Learning (STAD Method). Education Research International, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/1462179

Yasin, M. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas II-A SDN 2 Rite Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(2), 70–82. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol2.iss2.663

Yusuf, Suhirman, Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.