Urgensi Etos Kerja dan Profesionalisme Guru Sebagai Pilar Pembelajaran Adaptif dan Inovatif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Marsela Nova Susanti

Abstract

Education today demands an adaptive, innovative, and student-centered learning paradigm, making teacher work ethic a key factor in implementing the Merdeka Curriculum. This study explores the urgency of strengthening teachers’ professional ethos to create learning that aligns with current educational demands. Using a qualitative method with a Systematic Literature Review approach and PRISMA technique, data were gathered from scientific articles published between 2020 and 2025 via Google Scholar. Findings show that teachers demonstrate a strong professional ethos, are open to innovation, and ready to facilitate transformative learning. Strengthening teacher professionalism is essential to fostering Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration (4Cs). In conclusion, a strong teacher work ethic and professionalism are crucial in the effective implementation of the Merdeka Curriculum.

Pendidikan saat ini menuntut paradigma pembelajaran yang adaptif, inovatif, dan berpusat pada siswa, sehingga etos kerja menjadi pilar utama dalam keberhasilan penerapan pembelajaran di era kurikulum Merdeka. Penelitian ini mengkaji urgensi penguatan etos profesionalisme guru dalam menciptakan pembelajaran yang relevan dengan zaman ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan Systematic Literature Review dengan teknik PRISMA. Data diperoleh dari artikel ilmiah yang berkaitan dengan etos kerja dan profesionalisme guru yang dipublikasikan antara tahun 2020 hingga 2025 yang diakses melalui database Google Schoolar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki etos profesional tinggi, terbuka terhadap pembaruan inovasi, dan siap menghadirkan pembelajaran tranformatif. Guru harus memiliki profesionalisme yang kuat sehingga menjadi strategi untuk mengembangkan pembelajaran yang menumbuhkan Critical Thinking (berpikir kritis), Creativity (kreativitas), Communication (komunikasi), dan Collaboration (kolaborasi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa etos profesionalisme guru memiliki peran strategis dan sangat krusial dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Keywords

Profesionalisme guru, Kompetensi Guru, dan Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References

Carso. (2021). Penguatan Etos Kerja Guru dalam Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Strengthening the Work Ethic of Teachers in Learning through Academic Supervision Activities. https://doi.org/10.61227/arji.v3i1.28

Daga, A. T., Wahyudin, D., & Susilana, R. (2023). Students’ Perception of Elementary School Teachers’ Competency: Indonesian Education Sustainability. Sustainability, 15(2), 919. https://doi.org/10.3390/su15020919

Dey, S. (2025). How is Artificial Intelligence Transforming Pedagogical Approaches in 21st-Century Classrooms?. Available at SSRN 5273635. https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.5273635

Fadila, F., Samin, S., & Zebua, A. M. (2023). Profesionalisme Guru Daerah Terpencil (Studi Kasus SDN 209/III Masgo Jaya). Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 100-111. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i2.2946

Fatimah, F., Fetrimen, F., & Musringudin, M. (2025). Supervisi Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar. ALACRITY: Journal of Education, 142-157. https://doi.org/10.52121/alacrity.v5i1.540

Firnando, H. G. (2023). STRATEGI KEUNGGULAN KEPRIBADIAN EFEKTIF KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU SEBAGAI FONDASI PENDIDIKAN BERKUALITAS. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7096

Hasan, A., & Tinggi, S. (2025). Analisis Pengaruh Human Relations dan Kondisi Fisik Lingkungan Kerja terhadap Etos Kerja dan Kinerja Karyawan Astra Motor Brawijaya. Dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis (Vol. 3, Nomor 6). https://doi.org/10.57141/kompeten.v3i6.186

Iswanto, M., Sunaryo, U., & Luthfi, M. (2025). ETOS KERJA KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH GUPPI SRAGI LAMPUNG SELATAN TAHUN 2024/2025. Jurnal Mubtadiin, 11(01).ation and Sharia (Vol. 1, pp. 594-599). https://doi.org/10.62097/ices.v124.88.

Izzah, K. N., & Purwowidodo, A. (2025). Peran Guru Inovator pada Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Kelas V di MIN 5 Nganjuk. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 125-134. http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.3661

Kariawati Laoli, S. (2025). Etos Kerja Guru PAK sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Siswa di SMPN 4 Tuhemberua, Nias Utara. Sabar : Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Katolik, Volume. 2 Nomor, 27–42. https://doi.org/10.61132/sabar.v2i2.747

Kinasih, W. S., & Wijayanti, M. D. (2024). Urgensi Kompetensi PenguasaanTeknologi Digital Guru Sebagai Upaya Pemaksimalan Kosakata Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies SHEs: Conference Series 7 (3) (2024) 1946-1954. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92350

Made, P., Sanjaya, D., Nengah Suandi, I., & Wendra, W. (2022). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tersedia secara online https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA PADA MASA PANDEMI COVID 19. 12, 252–258. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.39957

Mahmudah, S., Halik, A., Sari, A., & Ridwan, R. (2025). Budaya Mutu Organisasi pada Satuan Pendidikan. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 417-424. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.1196

Mardiana, E., Kusuma, Z. N. A. W., & Iskandar, S. (2024). Karakteristik dan Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 247-256. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20988

Mustofa, A. S. (2022). Pengaruh etos kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja Guru di MTSN 1 Kediri. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 1(3), 136-152.

Naibaho, D., & Purba, D. G. (2023). Pengaruh Keprofesionalan Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Akademik Dan Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 12926-12931.

Nurmalina, N., & Masrul, M. (2022). Etos Kerja dalam Penanaman Kelor : Nilai-nilai pendidikan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10233–10242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10013

Nursalim, N. (2017). PROFESIONALISME GURU SD / MI. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 250-256. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i10

Nurul, S. (2025). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Pangestu, W. B., Hidayatullah, M. S., & Zwagery, R. V. (2025). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Etos Kerja Guru SMP Negeri di Tanjung. Jurnal Kognisia, 4(1), 41. https://doi.org/10.20527/kognisia.2021.04.005

Rafiq, A., Suyatno, Santosa, A. B., & Hidayati, D. (2024). Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Academy of Education Journal, 15(2), 1607–1614. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2557

Rahma, I. A., Sari, M. P. S. M. P., & Annur, S. (2024, August). INDUSTRY 5.0 REVOLUTION AND EDUCATION: ACHIEVING EQUALITY THROUGH TECHNOLOGY. In Proceeding of International Conference on Educ

Rusmarhadi, I., Pramesti, N. S., Syaputri, N., Sabrina, N., & Setiawati, V. (2024). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka.

Sari, R. K. (2021). PENELITIAN KEPUSTAKAAN DALAM PENELITIAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA. JURNAL BORNEO HUMANIORA.

Sihombing, R., & Naibaho, D. (2025). PENTINGNYA PROFESIONALISME GURU DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(1), 1161–1169.

Soegiarto, I., Hasnah, S., Nuraisyah Annas, A., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.O. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546–10555. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6132 .

Supriyadi, A. (2023). Pengaruh profesionalitas guru matematika dalam meningkatkan kompetensi siswa era revolusi industri 5.0 di Indonesia: Sebuah meta-analisis. Jurnal MATH-UMB. EDU, 10(2).

Ubaidilah, L. A. (2024). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru (Studi Kasus di SDN 1 Sambit Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Widyanto, N., Suharman, S., & Sudadi, S. (2023). Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru SD Di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 137-148.

Wulandari, S., & Trihantoyo, S. (2020). Pembinaan dan Pengembangan Profesional Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 353-366.

Wulandari, T., Rimadani, R., Ardianti, V., Sobri, A. Y., & Ubaidillah, A. F. (2024). Training Management To Enhance Teachers' Competence: A Systematic Literature Review. Proceedings Series of Educational Studies, (1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.