Penggunaan Media Story Promt dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas VII SMPI Al-Waroqot
Abstract
The purpose of this study was to explain how story prompt media helps seventh grade students of SMPI Al-Waroqot learn to write short story texts. Although writing skills are an important component in improving students' literacy skills, the process of learning to write short stories still often occurs in junior high schools. To overcome this problem, the story prompt method that provides stimuli in the form of images is used to encourage students' imagination and creativity. This study conducted a descriptive qualitative study using observation, interviews, and documentation as data collection methods. The results showed that using story prompt media can help students in several important aspects of short story writing: idea development, narrative structure, characterization, and language use. In addition, it has been proven that this method can increase students' motivation and confidence in writing. These findings indicate that story prompt media is effective in creative writing learning in junior high schools, although its implementation requires careful planning and adaptation according to students' needs.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana media prompt cerita membantu siswa kelas VII SMPI Al-Waroqot belajar menulis teks cerpen. Meskipun keterampilan menulis merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, proses pembelajaran menulis cerpen masih sering terjadi di SMP. Untuk mengatasi masalah ini, metode prompt cerita yang memberikan stimulus berupa gambar digunakan untuk mendorong imajinasi dan kreativitas siswa. Penelitian ini melakukan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media story prompt dapat membantu siswa dalam beberapa aspek penting penulisan cerpen: pengembangan ide, struktur narasi, karakterisasi, dan penggunaan bahasa. Selain itu, telah terbukti bahwa metode ini mampu meningkatkan dorongan dan kepercayaan diri siswa dalam menulis. Temuan ini mengindikasikan bahwa media story prompt efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif di sekolah menengah pertama, meskipun pelaksanaannya memerlukan perencanaan yang matang serta adaptasi sesuai dengan kebutuhan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, M. A., Ahmadi, A., & Yohanes, B. (2025). Critical Reasoning of Students in Learning : Paragraph Analysis of Response Texts Using the Toulmin Model. Ghuru: International Journal of Teacher Education, 1(2), 80–91.
Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118
Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(3), 1–23.
Ambarsari, R. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Visual dalam Meningkatkan Kognisi dan Motivasi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 134–148.
Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137
Gereda, A. (2020). Pengembangan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Literasi.
Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Nasional: Survei Nasional Minat Baca dan Tulis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Misbah. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Media Gambar Seri pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44–52.
Nita, D. (2024). Menulis Cerpen Kreatif untuk Siswa SMP. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pamuji, A., & Inung Setyami. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menulis cerpen pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 115–123.
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114
Rahmadani, A., Sari, M. N., & Hidayat, R. (2024). Keterampilan berbahasa dalam pembelajaran era digital. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 22–31.
Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124
Romadhon, S., Alatas, M. A., & Diningrum, S. D. (2025). Pelatihan pembuatan media pembelajaran sastra Madura dengan Artificial Intelligence ( AI ) pada guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 7(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/pjce.v7i1.18401
Serlin, N., & Jamaludin, M. (2024). Pengaruh penggunaan story prompt terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa, 14(1), 45–57.
Vygotsky, L. S. (dalam Schunk, D. H., 2020). Learning Theories: An Educational Perspective. Boston: Pearson.
Widaningsih, S. (2019). Pengantar teori sastra: Kajian teks naratif. Bandung: Alfabeta.
Widaningsih, S. (2019). Teks Naratif dalam Kurikulum Bahasa Indonesia: Pendekatan Struktural dan Kreatif. Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(2), 54–67.
Zulaeha, I., Haris, A., & Wijayanti, E. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa melalui Metode Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Bahasa, 19(1), 71–82.
Zulaeha, I., Haris, R., & Wijayanti, T. (2024). Literasi dan keterampilan menulis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Literasi Sekolah Dasar dan Menengah, 5(2), 66–74.
Refbacks
- There are currently no refbacks.