Optimalisasi Literasi Digital melalui Model Project Based Learning (PJBL) dalam Pembelajaran Teks Deskrispi pada Siswa Kelas VII SMP Darussalam Pamekasan
Abstract
The development of digital technology demands innovative learning strategies, one of which is integrating digital literacy into Indonesian language instruction. This study aims to describe the optimization of digital literacy through the Project-Based Learning (PJBL) model in teaching descriptive texts to seventh-grade students at SMP Darussalam Pamekasan. The research employs a descriptive qualitative approach, with data collected through observation, interviews, and documentation to illustrate the process and impact of implementing PJBL based on digital literacy. The data were analyzed descriptively through data reduction, data presentation, and drawing conclusions based on patterns found in the field. The results indicate that the application of PJBL integrated with digital literacy enhances students' active participation in accessing, analyzing, and producing contextual and creative language content. Students become more engaged in the learning process, demonstrate improved language skills, and are able to think critically and collaborate effectively in completing projects. This model also fosters digital competencies relevant to 21st-century challenges. The study concludes that the integration of PJBL and digital literacy is an innovative and effective strategy for sustainably improving the quality of Indonesian language learning.
Perkembangan teknologi digital menuntut adanya strategi pembelajaran yang inovatif, salah satunya dengan mengintegrasikan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi literasi digital melalui model Project Based Learning (PJBL) dalam pembelajaran teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Darussalam Pamekasan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggambarkan proses serta dampak penerapan PJBL berbasis literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan literasi digital dalam pembelajaran teks deskripsi melalui model PJBL pada siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mereduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan berdasarkan pola-pola temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL yang dikolaborasikan dengan literasi digital dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mengakses, menganalisis, dan menghasilkan konten bahasa yang kontekstual dan kreatif. Siswa menjadi lebih terlibat dalam pembelajaran, menunjukkan peningkatan keterampilan berbahasa, serta mampu berpikir kritis dan bekerja kolaboratif dalam menyelesaikan proyek. Model ini juga mendorong keterampilan digital yang relevan dengan tantangan abad ke-21. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi PJBL dan literasi digital merupakan strategi inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91833
Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946
Bakar, A. (2023). Kajian Teoritis tentang Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi Siswa MI. 6(1).
Damayanti, I. (2019). OPTIMALISASI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER. 3.
Fajri, N., Bachri, B. S., & Susarno, L. H. (2024). Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Literasi Numerasi. 13.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Fitrianti, N. A. F. (n.d.). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN BULUKERTO 03 BATU.
Handiyani, M. H. & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360
Hepy Yunisha Putri. (2025). Hepy Yunisha Putri. UIN Jakarta.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS TINGGI. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Meriatami, A. Z., Patmanthara, S., & Soraya, D. U. (2025). Integrasi Project Based Learning dalam Penguatan Literasi Digital dan Karakter Pelajar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 768–776. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p768-776
Miokti Yessi. (2021). ANALISIS LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID SMART APPS CREATOR (SAC) DAN INSTAGRAM DALAM PEMBELAJARAN KOLOID. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(2), 99–106. https://doi.org/10.21009/jrpk.112.06
Sahiruddin, Emy Sudarwati, Tantri R. Indhiarti. (2023). Literasi Multimodal: Teori, Desain, dan Aplikasi. Malang: UB PRESS.
Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92
Thomas, J. W. (2005). A REVIEW OF RESEARCH ON PROJECT-BASED LEARNING.
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690
Wijayanto, A. (2023). OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/m3rf7
Wood, D., & Wood, H. (1996). Vygotsky, Tutoring and Learning. Oxford Review of Education, 22(1), 5–16. https://doi.org/10.1080/0305498960220101
Refbacks
- There are currently no refbacks.