Pengembangan Media Papan Jari Pintar (Paripin) pada Materi Operasi Hitung Perkalian dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
The use of media in learning mathematics multiplication material is an effort that can be done to improve numeracy skills and improve the quality of learning outcomes. This study aims to develop learning media in the form of a smart multiplication finger board that has been adjusted to the needs and characteristics of students. The method used is the R&D (Research and Development) method using the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of the media development are smart multiplication board media that are developed into smart multiplication finger board media made using a strong base board, using 2 pairs of finger shapes and applied using the jarimatika formula so that 10 fingers can be used to calculate multiplication from 1 to 10. The assessment of media development has met the trial criteria of several experts. The results of the trial by material experts showed a validity level of 91%, media experts showed a validity level of 89%. This study can be concluded that the smart multiplication finger board media is very suitable for use in learning mathematics multiplication material.
Penggunaan media dalam pembelajaran matematika materi perkalian merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa papan jari pintar perkalian yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil dari pengembangan media adalah media papan pintar perkalian yang di kembangkan menjadi media papan jari pintar perkalian dibuat menggunakan papan dasar yang kuat, menggunakan 2 pasang bentuk jari tangan dan diaplikasikan menggunakan rumus jarimatika agar 10 jari bisa digunakan untuk menghitung perkalian 1 sampai 10. Penilaian pengembangan media telah memenuhi kriteria uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli materi menujukan tingkat kevalidan 91%, ahli media menunjukkan tingkat kevalidan 89%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media papan jari pintar perkalian sangat layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi perkalian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. (2003). Undang-undang republik Indonesia no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Vol. 60, Issue 1, pp. 147–173).
Oktafia, P., Prastiwi, R., Hattarin, S., & Siswa, K. B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Perkalian Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas Iii Sdn Sumberbulu 1. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 4345–4350.
Nasrulloh, M. F., Basyiroh, N. A., Khuzaini, N., Umardiyah, F., & Khotimah, K. (2024). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Papan Pintar Perkalian Untuk Meningkatkan Kemampuan Aritmatika Siswa. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 18–22. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i1.4010
Hamidah, F., Putri, A. F., Guru, P., Dasar, S., & Surabaya, U. M. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN. 116–126.
Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 132–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507
Astari, A. R. (2023). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.
Haji, K., Siddiq, A., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Hendri, E. I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II MI MIFTAHUL ULUM SERUT 01 FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN PESERTA DIDIK KELAS II MI MIFTAHUL ULUM SERUT 01.
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. 6, 233–241.
Naufal Faiz, I., Nurhidayah, I., Hepta Sari, N., Jamaludin, U., Setiawan, S., & Sultan Ageng Tirtayasa Abstract, U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Perkalian Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sdn Taktakan 2. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 348–352. https://doi.org/10.5281/zenodo.8313066
Refbacks
- There are currently no refbacks.