Penggunaaan Metode Total Physical Response (TPR) Dengan Media Scramble Yang Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Arab Pada Santri Ibs Mts Negeri 1 Kebumen

Hanifah Nur Azizah, Lulu Khasanah, Lulu Lutfiyatul Muzayanah, Ika Supriyati, Lovia Agustina, Siti Fatimah, Faisal Faisal

Abstract

Education is the process of instilling and developing values aimed at shaping a child's personality to become an intelligent, moral, independent individual who is beneficial to society. The purpose of this study is to improve Arabic language skills among students at IBS MTs Negeri 1 Kebumen through the application of the TPR (Total Physical Response) method using scramble media. This research is a classroom action research (CAR) consisting of two cycles, each cycle comprising two meetings. Data collection techniques include tests, observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use the Miles, Huberman, and Saldana model, which consists of data condensation, data display, and data verification. The results of the study prove that the TPR method with scramble media can improve Arabic language skills among students at IBS MTs Negeri 1 Kebumen, with an improvement rate of 60% in the first cycle and 80% in the second cycle. The conclusion of this study is that the TPR method with scramble media is effective in improving the Arabic language skills of IBS students at MTs Negeri 1 Kebumen.

Pendidikan merupakan proses penanaman dan pengembangan nilai-nilai yang bertujuan membentuk kepribadian anak agar menjadi individu yang cerdas, berakhlak, mampu hidup mandiri, dan bermanfaat bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa arab pada santri IBS MTs Negeri 1 Kebumen melalui penerapan metode TPR dengan media scramble. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengambilan data menggunakan test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode TPR dengan media scramble dapat meningkatkan keterampilan berbahasa arab pada santri IBS MTs Negeri 1 Kebumen. Dengan besar peningkatan di siklus 1 adalah sebesar 60% dan besar peningkatan di siklus 2 adalah sebesar 80%. Kesimpulan hasil penilitian adalah metode TPR dengan media scramble efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab pada santri IBS MTs Negeri 1 Kebumen.

Keywords

Pendidikan, media, keterampilan, Bahasa arab.

Full Text:

PDF

References

Asyrofi, S. (2019). Penerapan Metode TPR dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farida, Eneng. (2021). Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Quran: Studi Kasus Di SDIT Insantama Leuwiliang. Jurnal Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol. 3 No. 1.

Gde Pujaastawa, Ide Bagus. (2016). Teknik Wawancara dan Observasi Untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Program Studi Antropologi Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana.

Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ihsan, Fuad (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Islam, cet kedelapan, Jakarta : Rineka Cipta.

Mudyaharjo, R. (2010). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nabila Priyanka Chafsoh, Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Penguasaan Kosa Kata Anak Tunarungu, Jurnal Generasi Tarbiyah, 2024.

Nurdin, F. (2021). Problem Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45-60.

Rahman, A. (2020). Minat Belajar Bahasa Arab di Kalangan Santri. Jurnal Linguistik, 8(2), 112-125.

Riyaḥuna. Metode Scrumble untuk Meningkatkan Maharah Kitabah, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2021.

Sudadi, Sejarah Pendidikan Islam, cet pertama, ( Yogyakarta : Pustaka Ilmu, 2016)

Syaroni Wahib., Tafyiroh., & Imron Ali. (2024). Pengembangan Soft Skill Dalam Pelaksanaan Kampus Mengajar Mahasiswa Pai Unsiq Jawa Tengah. Jurnal Kependidikan Islam, Volume 14 Nomor 1.

Tafsir, Ahmad (2003). Metodologi Pengajaran Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zuhairini. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.