Literature Review: Media Edutaintment Labirin sebagai Sarana untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD
Abstract
Elementary school students' learning interest has been declining due to the increasing prevalence of digital distractions. To address this challenge, the edutainment approach offers a promising solution by combining educational content with engaging, interactive experiences. This study aims to explore the effectiveness of maze media as an edutainment tool to enhance learning interest among elementary students. The method used is a literature review of 10 selected articles that met specific inclusion criteria. The findings show that maze media helps improve students’ problem-solving abilities, increases motivation, and encourages active participation in learning, especially in mathematics. It also facilitates concept understanding through fun and meaningful learning activities. Overall, the study concludes that maze media is a viable and innovative educational alternative that meets the cognitive and emotional needs of elementary school students in the digital era.
Minat belajar siswa sekolah dasar terus mengalami penurunan akibat meningkatnya distraksi digital, yang menuntut inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media labirin sebagai sarana edutainment dalam meningkatkan minat belajar siswa SD. Hasil kajian literatur terhadap 10 artikel menunjukkan bahwa media labirin terbukti mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, keterlibatan aktif, dan minat belajar siswa, terutama dalam pembelajaran matematika. Media ini juga dinilai valid dan praktis diterapkan dalam kelas, serta menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa. Penerapan media labirin berbasis digital maupun konvensional juga berhasil meningkatkan pemahaman konsep melalui pengalaman belajar yang partisipatif. Simpulan dari kajian ini adalah bahwa media labirin layak dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran di sekolah dasar, meskipun diperlukan studi lanjutan dengan cakupan yang lebih luas dan pendekatan yang lebih sistematis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angwarmasse, P., & Wahyudi, W. (2021). Pengembangan Game Edukasi Labirin Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 134-144.
Nurhikmah, Rustiani, & Rusdin. (2021). Literatur Review: Media Game Edukasi Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(3), 201-210.
Piaget, J. (1970). The Psychology of the Child. New York: Basic Books.
Prayudi, K. A. W., & Arthana, I. K. R. (2015). Pengembangan Game Labirin Matematika Tingkat SD. Jurnal Edutech, 13(1), 45–53.
Prensky, M. (2001). Digital Game-Based Learning. New York: McGraw-Hill.
Roheni, V. S., Fauziyah, N., Ivanov, A., & Thohir, A. (2024). Penerapan Pembelajaran Menyenangkan Bermain dan Edukasi pada Materi Pecahan Kelas 2 SD Menggunakan Aplikasi Wordwall Model Labirin. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(1), 112-120.
Sari, A. P., Ludin, J., & Hakim, A. A. (2021). Pengembangan Alat Peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 89-98.
Subekti, A., dkk. (2021). Studi Kasus tentang Rendahnya Minat Belajar Matematika di SDN 25 Gurung Peningkah. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 417-426.
Suciyati, N., & Mariamah, M. (2018). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 04 Sila. Jurnal Edukasi Dasar, 8(2), 142-149.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Yunita, T., & Anshor, A. S. (2025). Pengembangan Media Labirin dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 106206 Sidodadi. Jurnal Media Pembelajaran, 10(1), 33-42.
Akhadiyah, U. M., Alviani, S. T., Ningsih, K. W., & Zulfahmi, N. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Labirin dalam Melatih Keterampilan Problem Solving Siswa SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 191–198.
Hikmah, F. A., Ulia, M., & Zuliana, E. (2025). Analisis Pemahaman Siswa Mengenai Posisi Benda terhadap Benda Lain melalui Matematika Realistik Berbantu Labirin. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 94–101.
Sinaga, D. Y., dkk. (2025). Peran Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 3(1), 316–322.
Refbacks
- There are currently no refbacks.