Pembelajaran Menulis Teks Berita Menggunakan Media Educaplay

Ghaitsa Shofa Putri Amalia, Anisa Ulfah, Syifa Khuriyatuz Zahro

Abstract

Learning to write news texts is an important part of developing language skills for grade VII students. However, in practice, many students have difficulty in composing news texts in a coherent, factual, and correct manner. This study aims to describe the planning, implementation, and learning outcomes of writing news texts using Educaplay media, an interactive digital platform designed to increase student participation and interest in learning. This study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques through observation, interviews, documentation, and analysis of students' written work. The teaching module is analyzed to determine the use of digital media in the learning process, while students' writing results are evaluated based on news text assessment guidelines that include structure, language, and clarity of information. The subjects in this study were 22 grade VII students of MTs Tanwiriyah Kalisari in the even semester of the 2024/2025 academic year. The results showed that the use of Educaplay media significantly increased students' enthusiasm, creativity, and ability to write news texts. The average student score reached 80, which is included in the very good category. In conclusion, Educaplay media is effective for use in learning to write news texts and is recommended as an interesting and relevant innovation in Indonesian language learning with current developments.

Pembelajaran menulis teks berita merupakan bagian penting dalam pengembangan keterampilan berbahasa siswa kelas VII. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyusun teks berita secara runtut, faktual, dan sesuai dengan struktur yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media Educaplay, sebuah platform digital interaktif yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi dan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis hasil karya tulis siswa. Modul ajar dianalisis untuk mengetahui pemanfaatan media digital dalam proses pembelajaran, sedangkan hasil tulisan siswa dievaluasi berdasarkan pedoman penilaian teks berita yang mencakup struktur, kebahasaan, dan kejelasan informasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas VII MTs Tanwiriyah Kalisari pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Educaplay secara signifikan meningkatkan antusiasme, kreativitas, dan kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Rata-rata nilai siswa mencapai 80, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Kesimpulannya, media Educaplay efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita dan direkomendasikan sebagai inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia yang menarik dan relevan dengan perkembangan zaman.

Keywords

pembelajaran menulis, teks berita, media Educaplay, deskriptif kualitatif, hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References

Batitusta, Fabian Omar, and Vanda Hardinata. 2024. “Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi Educaplay Berbasis Gadget Terhadap Hasil Belajar Menulis Esai.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(3): 2685–90.

Dian Syarifah, Nurul et al. 2024. “Pemanfaatan Video Animasi Dan Games Educaplay Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Sejarah Pancasila.” Edutama 1(1): 63–71. https://ejournal.rizaniamedia.com/index.php/edutama/article/view/102 (April 24, 2025).

Endro Haksara, and Margiyati. 2021. “Pelatihan Analisis Data Dengan Menggunakan Statistik Untuk Para Kepala Ruangan Rawat Inap Rumah Sakit Tk.Ii Dr. Soedjono Magelang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sisthana 3(1): 13–15.

Hervin, Rizky Pratama, Ishmatun Naila, and Meirza Nanda Faradita. 2024. “Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Diorama Pada Pembelajaran Materi Ekosistem.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(1): 927–37.

Isrotun, Umi. 2022. “Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.” 2 st Proceeding STEKOM 2(1): 1–10.

Karisna, Deksen. 2020. “Analisis Unsur-Unsur Kelengkapan Berita Dalam Teks Berita Siswa Mts. Muhammadiyah Lebung Itam.” Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan 18(1): 95.

“Daryanto, 2020, Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah DIY.” https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=291519 (April 17, 2025).

Misriani, Agita, Shesilia Cintari, and Nuriza Zulyani. 2023. “2392-Article Text-19612-1-10-20230902.” 6(September): 7131–36.

Muffidah, Rismala, Nori Anggraini, and Ira Anisa Purawinangun. 2021. “Analisis Wacana Kritis Dimensi Teks Model Teun a. Van Dijk Pada Teks Berita Siswa Kelas Viii Smpn 28 Kota Tangerang.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10(1): 33.

Prakoso, Ananda Rival, Putu Seriardana, and Luh Diah Surya Adnyani. 2021. “Implementasi Genre Based Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text.” Indonesian Gender and Society Journal 2(1): 1–9.

Purba, Hartati Meylisa, Intan Maulina, and Bilferi Hutapea. 2021. “Teknik 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) Dalam Menulis Teks Berita.” JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia 1(01): 24–38.

Rinjani, Ida Rifaniah et al. 2023. “Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Tersedia Secara Online Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPBS Penilaian Dalam Menulis Teks Berita Beriorientasi Kurikulum Merdeka Di Kelas Vii Smp Negeri 4 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 13(2): 79–88. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.64714.

Sholekah, Friska Fitriani. 2020. “Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.” Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1): 1–6.

Ulfah, A. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi.” Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra … (4): 410–23.

Wamaftukha, Novika. 2024. “Penerapan Model Think Write Talk.” http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/329

Waruwu, Marinu. 2024. “Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan Dan Peran Di Bidang Pendidikan.” Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 5(2): 198–211.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.