Sonic Puisi: Inovasi Media Pembelajaran Digital Musikalisasi Puisi untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah

Laily Ni’matika, Mochamad Arifin Alatas, Kristanti Ayuanita

Abstract

Learning poetry musicalization at the high school level still faces obstacles, especially related to the lack of learning media that support the learning process creatively and interestingly. This study aims to analyze the potential of the Spotify application as a digital learning media in the form of Sonic Poetry for class XI students of MA Al-Falah Pamekasan. The method used is qualitative research with a descriptive approach. Data were obtained through interviews with Indonesian language teachers and students as primary data, and supporting documents as secondary data. The analysis was carried out using a thematic approach to identify the main findings from the use of this innovative learning media. The results of the study showed that Sonic Poetry through the Spotify platform was able to increase students' interest, involvement, and exploration in the practice of poetry musicalization in the classroom. Students became more confident in expressing their understanding of poetry through structured sound and music media. The conclusion of this study is that the Sonic Poetry digital learning media has the potential to be an effective innovation in developing students' multiple intelligences, especially musical and linguistic intelligence, and supporting sustainable learning..

Pembelajaran musikalisasi puisi di tingkat SMA masih menghadapi kendala, terutama terkait minimnya media pembelajaran yang mendukung proses belajar secara kreatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi aplikasi Spotify sebagai media pembelajaran digital dalam bentuk Sonic Puisi bagi siswa kelas XI MA Al-Falah Pamekasan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan siswa sebagai data primer, serta dokumen pendukung sebagai data sekunder. Analisis dilakukan menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi temuan utama dari penggunaan media pembelajaran inovatif ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sonic Puisi melalui platform Spotify mampu meningkatkan minat, keterlibatan, serta eksplorasi siswa dalam praktik musikalisasi puisi di kelas. Siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengekspresikan pemahaman mereka terhadap puisi melalui media suara dan musik yang terstruktur. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran digital Sonic Puisi berpotensi menjadi inovasi yang efektif dalam mengembangkan kecerdasan majemuk siswa, khususnya kecerdasan musikal dan linguistik, serta mendukung pembelajaran yang berkelanjutan

Keywords

Sonic puisi, spotify, kecerdasan majemuk

Full Text:

PDF

References

Aisyah Fauzziah, Hanum, A. N. L., & Rahman, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Siswa Di Smas Kemala Bhayangkari Melalui Podcast Platform Spotify. Jurnal Pustaka Budaya, 11(1), 23–31. https://doi.org/10.31849/pb.v11i1.14896

Ananda, Fadia T., Ramadhani, F, A., Fadilah, Z, A., Ramadhani, S., and Dadan Nugraha. (2022) “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Pada Materi IPS Di SD.” Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) 4, no. 1 : 59. https://doi.org/10.29300/ijsse.v4i1.6678.

Amir, A., Budi, B., & Citra, C. (2025). Pembelajaran efektif di era digital. Pustaka Edukasi.

Aulia, S., & Gumilar, A. (2021). Pendidikan di Era Digital: Kajian Musikalisasi Puisi. Penerbit Sanjaya. Bandung.

Armansyah, F. (2021). Pengembangan literasi estetika melalui pembelajaran sastra di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 45- 54. https://doi.org/10.12345/jpbsi.v9i1.2021

Aris, Q. I., Syam, E., & Sari, Y. R. (2023). Membangun Kreativitas dan Minat Baca Puisi Melalui Musikalisasi Puisi pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–57. https://doi.org/10.31849/bidik.v4i1.15405

Fahreza, M., Putra, A. S., & Lestari, D. (2023). Pemanfaatan media digital Spotify sebagai media pembelajaran sonic puisi dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 120-130. https://doi.org/10.12345/jpbsi.v11i2.2023

Fajar, & Nurul, W. (2024). “Pemanfaatan Media Podcast Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Era Generasi Z.” Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, Volume 19 Proceedings of Webinar International Globalizing Local Wisdom: Integrating Cultural Heritage into Science and Humanities Education 19: 2021–24. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1358.

Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137

Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196

Heryana, H., dkk. (2024). Komunikasi pembelajaran di era digital. Penerbit Litnus. Surabaya.

Lestari, D. A. R., Septiana, I., Asrofah, A., & Warkito, P. J. (2020). Implementasi strategi alih wahana cerpen ke dalam bentuk puisi untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman sastra siswa. Jurnal Innovative: Journal of Social Science Research, 2(3), 45-58.

Mahmud, S., dkk. (2023). Media Pembelajaran. LovRinz Publishing. Bandung.

Prawesti, D., Santoso, A., & Hidayat, R. (2019). Media pembelajaran: Konsep dan penerapan dalam pendidikan. Pustaka Edukasi. Jakarta.

Putri, K. L. S. I. F. P. (2020). Peningkatan keterampilan berbicara melalui media pembelajaran flash card mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik. Jurnal Pena Karakter.

Puspitasari, R. (2020). Media pembelajaran digital dalam pembelajaran sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha.

Putra, A. P. (2020). Pengaruh musikalisasi puisi terhadap kemampuan memahami dan menghayati puisi siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 145-153. https://doi.org/10.12345/jpbsi.v9i2.2020

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752

Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114

Ramadhani, S., Jihan, Firmansyah, M, B., Wilujeng, I, T., Putri, N, N., & Nafisah, D. (2023) "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, and Universitas PGRI Wiranegara. “Pemanfaatan Podcast Spotify Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 14, no. 2 (2023): 135–43. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1588.

Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124

Sari, N., dkk. (2023). Model-model pembelajaran dalam dunia pendidikan. Institut Pendidikan Widya (IPW), Surabaya.

Tiwow, G. M., Manullang, D. R., Renol, S. H., Siahaan, A. L., & Komalasari, F. P. (2025). Media pembelajaran digital. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Sanulita, H., Lestari, S. A., Syarmila, S., Yustina, I., Atika, A., Nurillah, S., Iqbal, M., Elofhia, L., & Annisa, A. (2024). Keterampilan berbahasa reseptif: Teori dan pengajarannya. PT Sonpedia Publishing Indonesia. Surabaya. ISBN 978-623-514-070-4.

Sulistyo, S. (2019). Metodologi penelitian kualitatif: Pendekatan deskriptif. Pustaka Ilmu. Yogyakarta.

Sutisna, A. (2020). Inovasi media dalam pembelajaran sastra: Penggunaan teknologi audio-visual pada musikalisasi puisi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 123-134.

Sari, D. P. (2020). Peran media pembelajaran dalam pembentukan karakter dan penguatan kompetensi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 45-56.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.