Studi Literatur: Implementasi Media PhET Simulation dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
In 21st-century education, interactive media such as PhET Simulations play a crucial role in enhancing students critical thinking skills. This study aims to examine students critical thinking abilities in IPAS (Integrated Science and Social Studies) learning through the implementation of interactive media like PhET Simulations. The approach used is descriptive qualitative with a literature study method through the analysis of reference sources to obtain research data, namely research articles and books relevant to the research objectives. Data sources can be obtained through both printed and electronic media. The results indicate that the use of interactive media such as PhET Simulations consistently improves students critical thinking skills. The interactive visualizations provided by PhET Simulations support the development of high-level critical thinking among students. However, limited technology and unequal digital access remain significant obstacles. This study concludes that the implementation of PhET Simulations in IPAS learning is necessary to foster the enhancement of students critical thinking skills.
Pada pembelajaran abad ke-21 media interaktif seperti PhET Simulation berperan penting dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS melalui implementasi media interaktif seperti PhET Simulation. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur melalui pengkajian sumber-sumber referensi untuk mendapatkan data penelitian yaitu artikel penelitian dan buku-buku yang relevan dengan tujuan penelitian. Sumber data dapat diperoleh melalui media cetak dan elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media interaktif seperti PhET Simulation secara konsisten mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Visualisasi interaktif dalam PhET Simulation membantu siswa dalam mendorong keterampilan berpikir kritis yang tinggi. Namun, terbatasnya teknologi dan akses digital yang belum merata menjadi hambatan yang signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi media PhET Simulation dalam pembelajaran IPAS diperlukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anton, A., & Trisoni, R. (2022). Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 528-535.
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis pentingnya keterampilan berpikir kritis terhadap pembelajaran bagi siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664-669.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.
Asy’ari, R., Dienaputra, R. D., Nugraha, A., Tahir, R., Rakhman, C. U., & Putra, R. R. (2021). Kajian Konsep Ekowisata Berbasis Masyarakat Dalam Menunjang Pengembangan Pariwisata : Sebuah Studi Literatur. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 6(1), 9. https://doi.org/10.25078/pba.v6i1.196 9
Baskoro Farid, Widodo Arif, & Kholis Nur. (2021). (31) Analisa Performa Baterai Lithium-air, Lithium-sulfur, All-Solid-State. Jurnal Teknik Elektro, 10 No 03, 597–607.
Fadlilah, U. N., Khamdun, & Purbasari, I. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas V. Journal on Education, 06(03), 16314–16321. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5387/4420
Feriyanto, F. (2022). Strategi penguatan literasi numerasi matematika bagi peserta didik pada kurikulum merdeka belajar. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 86-94.
Gunawan, G. (2023). Deskripsi Pemahaman Konsep dan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dengan Pendekatan Ethnomatematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(2), 174–181. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i2.332
Guo, Y., & Lee, D. (2023). Leveraging chatgpt for enhancing critical thinking skills. Journal of Chemical Education, 100(12), 4876-4883.
Kurniawan, R. A., Rifa'i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19-28. https://doi.org/10.35719/vektor.vlil.6
Mahrun, M. M., Awaluddin, R., & Ardiansyah, A. (2023). Penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dengan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 5(1), 24-35.
Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda, W. (2021). Penggunaan simulasi phet terhadap efektifitas belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236.
Ngurahrai, A. H., Farmaryanti, S. D., & Nurhidayati, N. (2019). Media pembelajaran materi momentum dan impuls berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 62-70.
Prameswari, K., & Istianah, F. Pengembangan Media QC Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.
Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 87-92.
Salame, I. I., & Makki, J. (2021). Examining the use of PhEt simulations on students’ attitudes and learning in general chemistry II. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education, 17(4), e2247.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Tiandho, Y., Gusa, R. F., Indriawati, A., Aldila, H., & Kurniawan, W. B. (2020). Pelatihan pengajaran fisika berbasis simulasi menggunakan perangkat lunak phet bagi guru ipa di bangka sebagai perangkat laboratorium virtual. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(2), 55-61.
Utami, M. P., Putra, P. D. A., & Wahyuni, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis PhET Simulation pada Materi Tekanan Zat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika, 7(1), 1-4.
Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi penggunaan media simulasi phet dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39-44.
Wardani, A. T. D., & Rosdiana, L. (2022). Efektivitas Simulasi PhET dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Listrik Dinamis. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 221-226.
Wicaksono, I., Indrawati, dan Supeno. 2020. PhET (Physics Education Technology) Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Webinar Pendidikan Fisika. 5(1): 1-5.
Refbacks
- There are currently no refbacks.