Analisis Problematika Pembelajaran Bangun Ruang dan Alternatif Strategi Pemecahannya dalam Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Understanding the foundational concepts and dimensions of geometric solids represents a critical component of mathematical competency at the elementary education level. However, numerous studies have consistently reported that students continue to experience significant challenges in grasping the properties and structures of three-dimensional figures. This article aims to investigate the recurring obstacles encountered in teaching spatial geometry at the elementary school level and to explore evidence-based pedagogical strategies to address them, drawing upon findings from prior scholarly research. The method used is a systematic literature study of scientific articles published between 2016 and 2025, with inclusion criteria being articles discussing difficulties in learning mathematics in elementary schools, particularly on the topic of geometric shapes, and published in nationally or internationally accredited journals. Exclusion criteria include articles that are not relevant to the focus of geometric shapes, not based on empirical research, or not available in full text. Articles were searched using the keywords: "learning difficulties", "elementary school mathematics", and "geometric shapes". The results of the study indicate that students' difficulties in learning geometric shapes are closely related to a weak understanding of basic concepts, misconceptions about mathematical terms, low learning motivation, and the lack of optimization of the use of learning media. Several recommended strategies to overcome these problems include: (1) the use of interesting and concrete learning media; (2) strengthening basic concepts before students are introduced to more complex concepts; (3) the application of active and enjoyable learning methods; (4) increasing students' active involvement in the learning process; and (5) the use of visual, narrative, and exploratory educational media, such as Pop-Up Books and math comics. This study is expected to be the basis for designing a more effective and enjoyable learning activity approach to introduce the concept of spatial shapes to students at elementary school level.
Penguasaan terhadap konsep dan ukuran bangun ruang termasuk kompetensi dasar esensial pada kegiatan belajar matematika di jenjang sekolah dasar. Berbagai temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami hambatan yang cukup signifikan dalam memahami materi ini. Studi ini dirancang untuk melakukan identifikasi serta analisis mendalam terhadap permasalahan yang timbul dalam pembelajaran bangun ruang di tingkat sekolah dasar, serta mengeksplorasi strategi alternatif yang dapat diterapkan untuk mengatasinya berdasarkan temuan-temuan studi sebelumnya. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis terhadap artikel-artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2016 hingga 2025, dengan kriteria inklusi berupa artikel yang membahas kesulitan pembelajaran matematika di sekolah dasar, khususnya pada topik bangun ruang, dan dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi nasional atau internasional. Kriteria eksklusi mencakup artikel yang tidak relevan dengan fokus bangun ruang, tidak berbasis penelitian empiris, atau tidak tersedia dalam teks lengkap. Artikel ditelusuri menggunakan kata kunci: “kesulitan pembelajaran”, “matematika sekolah dasar”, dan “bangun ruang”. Hasil kajian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam mempelajari bangun ruang berkaitan erat dengan lemahnya pemahaman terhadap konsep dasar, miskonsepsi terhadap istilah matematika, rendahnya motivasi belajar, serta kurangnya optimalisasi penggunaan media pembelajaran. Beberapa strategi yang direkomendasikan untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain: (1) pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan bersifat konkret; (2) penguatan konsep dasar sebelum siswa dikenalkan pada konsep yang lebih kompleks; (3) penerapan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan; (4) peningkatan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran; serta (5) penggunaan media edukatif berbasis visual, naratif, dan eksploratif, seperti Pop-Up B,ok dan komik matematika. Kajian ini diharapkan menjadi landasan dalam merancang pendekatan kegiatan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan guna memperkenalkan konsep bangun ruang kepada siswa di jenjang sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berliani, E., & Persada, Y. I. (2024). Pengaruh Gejala Psikologis Kecemasan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EBTIDA’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 439–449.
Fadila, R. A., Karlimah, K., & Giyartini, R. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Matematika Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 308–319. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v10i2.62884
Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071
Habibi, C. D., Setyaningtyas, E. W., Studi, P., & Guru, P. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1341–1351.
Hidajat, D. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(1). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4452
Khoir, A. K. (2021). Edudikara : jurnal pendidikan dan pembelajaran penggunaan media beruang antik berbasis STEAM pada materi bangun ruang siswa sekolah dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Volume 6, Nomor 3, September2021, Pp 176-186, 6, 176–186.
Lianty, F.A., Az Zahra, F., & Jainuddin, J. (2023). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Upt Spf Sd Beroanging Kota Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 318–329. https://doi.org/10.52208/embrio.v8i1.641
Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315
Putri, A. F. H., Sulistyowati, D. R., Fittari, M., Julianto, J., & Wiryanto, W. (2024). Analisis Metakognisi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika Bangun Ruang dalam Perspektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 33(1), 26–39. https://doi.org/10.17977/um009v33i12024p26-39
Putri, L. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9200
Rahayu, S., Dwi Wicaksono, V., Budiyanto, S., Negeri Surabaya, U., & Dukuh Kupang III, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Materi Bangun Ruang Melalui Pendekatan Etno-Steam Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, , 9(4), 387–401.
Rasyidah, A.U, S. I. L. dan U. H. (2023). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Analisis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Snhrp, 975–996. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/886
Sofian, R. T., Hady, D., & Umar, W. (2024). Analisis Kesulitan Belajar & Kemampuan Siswa SD dalamMenyelesaikan Soal Problem Solving Materi Bangun Ruang. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1361–1367. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Supriadi, N., Jamaluddin Z, W., & Suherman, S. (2024). The role of learning anxiety and mathematical reasoning as predictor of promoting learning motivation: The mediating role of mathematical problem solving. Thinking Skills and Creativity, 52(March), 101497. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101497
Unaenah, E., Elyipuspita, M., Salsabila, N., & Safitri, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang. Masaliq, 3(6), 1048–1057. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i6.1578
Wijayanti, S. P., & Suswandari, M. (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 58. https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1531
Refbacks
- There are currently no refbacks.