Ceribox: Inovasi Media Pembelajaran dalam Menulis Teks Observasi Siswa Kelas X MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.

Febriana Nikmatul Khair, Mochamad Arifin Alatas, Albaburrahim Albaburrahim

Abstract

Learning observational texts requires objective direct observation, in addition to the limited digital access in Islamic boarding school-based schools, encouraging the need for non-digital media innovations such as Ceribox. This study aims to introduce and describe Ceribox media in learning to write observation texts for class X students of MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation. Data analysis was carried out with the stages of data reduction, presentation, and conclusion. The results of the study showed that Ceribox media can provide real observation experiences and increase student involvement to be active in learning. Teacher and student responses to Ceribox media were also very positive, with its advantages in supporting observation text learning and its disadvantages that can still be overcome. It can be concluded that Ceribox media is effective as an alternative to non-digital learning media, especially in schools with limited digital technology.

Pembelajaran teks observasi membutuhkan pengamatan langsung yang objektif, selain itu keterbatasan akses digital di sekolah berbasis pondok pesantren mendorong perlunya inovasi media non-digital seperti Ceribox. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menggambarkan media Ceribox dalam pembelajaran menulis teks observasi siswa kelas X MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Ceribox dapat memberikan pengalaman observasi secara nyata dan meningkatkan keterlibatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Respon guru dan siswa mengenai media Ceribox juga sangat positif, dengan kelebihannya dalam menunjang pembelajaran teks observasi dan kekurangannya yang masih dapat diatasi. Dapat disimpulkan bahwa media Ceribox efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran non-digital, terutama di sekolah dengan keterbatasan teknologi digital.

Keywords

Ceribox, Inovasi Pembelajaran, Menulis Teks Observasi

Full Text:

PDF

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Ahmad, B., Laha, M. S. (2020). Penerapan Studi Lapangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sosiologi Iisip Yapis Biak). Jurnal Nalar Pendidikan 8(1).

Andini, A., & Fadly, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII. 2 SMP Muhammadiyah 22 Pamulang melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah FIP UMJ.

Anggara, R. T. P., & Kustini, I. (2021). Penerapan model pembelajaran Active Learning Type Quiz Team dapat menuntaskan hasil belajar mata diklat di SMK. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(2).

Awaliyah, S., & Hartono, B. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Mengonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi Bermuatan Kesenian Daerah Kabupaten/Kota Tegal untuk SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 55-63.

Djamaluddin, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis. Sulawesi Selatan: Kaaffah Learning Center.

Erfinawati, E., & Ismawirna, I. (2018). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Peningkatan Kreatifitas Siswa SMP Islam Banda Aceh. Serambi PTK, 5(2), 7-12.

Fadhilah, MN, Zahrah, F., Septiana, N., & Lestari, L. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Kegiatan Jual Beli Pada Siswa Kelas 6 MI Tarbiyatul Athfal Melalui Metode Socio Drama. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Dasar , 6 (2), 216-224.

Julia, M. A., Fitriani, N., & Setiawan, R. (2024). Proses Pembelajaran Konstruktivisme yang Bersifat Generatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-7.

Laia, E. (2023). analisis struktur teks laporan observasi siswa kelas x sma negeri 2 susua tahun pelajaran 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 13-23.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.

Miles, M. B., Huberman, M., Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis (Methods Sourcebook). Sage Publications.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi pendidikan dalam meningkatkan strategi mutu pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01-12.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Halimah, N. F., Salsabila, R. A., Rohimah, R., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengenalan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD. Journal on Education, 5(2), 2796-2800.

Sanita, S., Marta, R., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan metode pembelajaran field trip. Journal on Teacher Education, 2(1), 239-246.

Sapriyah, S. (2019, May). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).

Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7275-7280.

Setiawati, S. (2018, October). Penggunaan media reading box dalam pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks. In Pesona: Pekan Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 35-41).

Tarida, E., Tamsin, A. C., & Zulfikarni, Z. (2020). Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 12 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 50-58.

Wardana, M. A. W., Febriana, N., Karina, Y. K., Mulyono, S., & Sasmito, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran pull out photo box sebagai upaya peningkatan pemerolehan dan pembelajaran bahasa bagi anak berkebutuhan khusus (abk) pada sekolah inklusi tingkat dasar. Improvement Jurnal Ilmiah untuk peningkatan mutu manajemen pendidikan, 9(1), 42-54.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media konvensional dan media digital dalam pembelajaran. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(2), 84-95.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.