Analisis Validitas Konstruk Soal Asesmen Madrasah Bahasa Indonesia Kelas XI MA: Perspektif Taksonomi Bloom.

Albaburrahim Albaburrahim, Febriana Nikmatul Khair, Liana Rochmatul Wachidah

Abstract

Madrasah assessment questions as an evaluation instrument for learning to measure students' thinking skills need to ensure that the questions are by what will be measured and with the learning indicators. This study aims to determine the validity of the Indonesian language madrasah assessment questions in terms of the Bloom taxonomy perspective, construct and describe the role of teachers in ensuring valid questions. The method used is qualitative research with data in the form of Indonesian language assessment questions for class XI, MA Matsaratul Huda and indicators on the grid. Data analysis was carried out by comparing the suitability of the cognitive level in the assessment questions with the cognitive level in the indicators in the grid based on Bloom's taxonomy. The results of the study showed that out of ten exam questions, eight questions were valid in terms of construction because they had a match between their cognitive levels. Therefore, a re-evaluation is needed so that the questions have high quality, so that they can measure the abilities of students. This shows the importance of teachers in understanding the preparation of evaluation instruments so that learning objectives can be achieved properly.

Soal asesmen madrasah sebagai instrumen evaluasi pembelajaran untuk mengukur kemampuan berpikir siswa perlu dipastikan bahwa soal tersebut sudah sesuai dengan apa yang akan diukur dan sesuai dengan indikator pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan soal asesmem madrasah Bahasa Indonesia secara konstruk perspektif taksonomi bloom dan mendeskripsikan peran guru dalam menjamin soal yang valid. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data berupa soal asesmen Bahasa Indonesia kelas XI MA Matsaratul Huda dan indikator pada kisi-kisi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kesesuaian level kognitif pada soal asesmen dengan level kognitif pada indikator dalam kisi-kisi yang berdasar pada taksonomi bloom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sepuluh soal ujian terdapat delapan soal yang valid secara kontruksi karena memiliki kesesuaian antara level kognitifnya. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi kembali agar soal memiliki kualitas yang tinggi sehingga dapat mengukur kemampuan yang dimiliki siswa. Hal tersebut menunjukkan pentingnya guru dalam memahami penyusunan instrumen evaluasi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Keywords

Validitas Konstruk, Soal Asesmen Madrasah, Taksonomi Bloom

Full Text:

PDF

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Affandi, M., & Rahmayanti, N. (2021). Analisis Tingkat kognitif soal pendidikan agama islam tingkat SMA berbasis assesmen kompetensi minimum. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 82-95.

Anifarka, A., & Rosnawati, R. (2023). Analisis buku teks matematika SMP berdasarkan tingkat kognitif pada taksonomi bloom revisi dan numerasi pada AKM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2151-2166.

Ariyana, A. (2019). Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 55-63).

Asrul., Ananda, R., Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pustaka Media

Astuti, F. (2021). Analisis ranah kognitif taksonomi Bloom revisi pada soal ujian sekolah bahasa Jawa. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 83-99.

Cressa, J., & Mukhlis, M. (2023). Level Kognitif Taksonomi Bloom pada Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 3(1), 55-62.

Daryanes, F., Siregar, H. M., Aldresti, F., & Darmawati, D. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Soal Melalui Pelatihan Pembuatan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4794-4805.

Kaaffah, R. R. S., Wijiyono, A. W., & Rahmayanti, I. (2021). Validitas Isi Pada Alat Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 158-167.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik siswa kelas ii b sdn kunciran 5 Tangerang. Nusantara, 3(1), 48-62.

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Menggo, S., Par, L., Gunas, T., & Guna, S. (2021). Membantu penyusunan soal berorientasi HOTS bagi guru SMA. Jurnal Widya Laksana, 10 (1), 14-26.

Miles, M. B., Huberman, M., Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis (Methods Sourcebook). Sage Publications.

Mukhlisa, N. (2023). Validitas Tes. JUARA SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 142-147.

Muslihati, K. W., & Wardan, K. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Agama Islam. Al-Rabwah, 18(2), 124-134.

Prayitno, W. (2019). Bahan Ajar Pengantar Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 (Terintegrasi PPK, Literasi, HOTS, 4Cs). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Putri, G., Priyatni, E. T., Harsiati, T. (2018). Kualitas Soal Ujian Akhir Semester I Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 2(1), 48-54.

Saefullah, A. S. (2024). Ragam penelitian kualitatif berbasis kepustakaan pada studi agama dan keberagamaan dalam islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195-211.

Sahirah, S., Bahri, A., & Asmawati, A. (2023, November). Analisis Level Kognitif pada Soal Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya (Vol. 11, No. 1).

Sanaky, M. M., Saleh, L. M., Titaley, H.D. (2021). Analisis faktor-faktor keterlambatan pada proyek pembangunan gedung asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.

Sinta, U.A., Roebyanto, G., & Nuraini, N.L.S. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Hots pada Pembelajaran Matematika di SDN Torongrejo 2. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Manajemen Pendidikan, 2 (1), 45-53.

Sunaryati, T., Meilania, D. K., Lestari, F., Aliifah, S. N., Saphira, V.N. (2024). Analisis Instrumen Tes dan Non-Tes dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 30461-30472.

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Wibowo, A. (2019). Validitas Konstruk Instrumen Evaluasi pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA. Jiollar: Journal of Language Learning and Research, 3(2), 1-12.

Zahroh, F. L., Muflih, M., & Hilmiyati, F. (2024). Pembuatan Instrumen Evaluasi Pembelajaran; Analisis Literatur Review. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 319-328.

Zulpan, Z., Sahrul, S., Yusron, A., Hanida, R. S., & Marfu’ah, S. (2024). Valitidas Tes Objektif Bentuk Pilihan Ganda. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 10-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.