Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah
Abstract
The study was conducted to determine the role of the principal in improving the quality of school management at SDS Muhammadiyah 2 Garut. This study is entitled Analysis of the Role of the Principal in Improving the Quality of School Management at SDS Muhammadiyah 2 Garut. This study aims to analyze the role of the principal in improving the quality of school management at SDS Muhammadiyah 2 Garut. The subjects of this study were the principal, teachers, administrative staff and parents of students. This study is a qualitative descriptive study. Data collection techniques in this study were through observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study, it shows that: (1) The strategic role of the principal as a result of the study, namely as: manager, motivator, supervisor, innovator, administrator, leader and educator by providing support and guidance to teachers to improve the quality of learning. (2) Improving the quality of school management by implementing school program planning, vision, mission and school goals, developing teacher performance, guiding teachers, motivating teachers and students and managing school facilities and infrastructure resources.
Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang bertugas dan bertanggung jawab mengembangkan mutu sekolah. Penelitian bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu manajemen sekolah di SDS Muhammadiyah 2 Garut. Merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif analitik, penelitian yang bermaksud untuk memehami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf administrasi dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai mendapatkan hasil yang tuntas dan lengkap. Adapun langkah-langkah dalam tekhnik triangulasi yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran strategis kepala sekolah hasil penelitian, yaitu sebagai: manager, motivator, supervisor, inovator, administrator, leader dan educator dengan memberikan dukungan dan bimbingan kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (2) Meningkatkan mutu manajemen sekolah dengan melaksanakan perencanaan program sekolah, visi, misi dan tujuan sekolah, mengembangkan kinerja guru, membimbing guru, memotivasi guru dan siswa serta mengelola sumber daya sarana dan prasarana sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AI Al-Falah As-sunniyyah Kencong. (2019). Manajemen Mutu Sekolah Dasar. Jurnal Auladuna, (1), 122-133.
Anisa, F., & Effane, A. (2022). Tujuan Manajemen Sekolah. Karimah Tauhid, (1), 80-83.
Arfan, Tohir, A., & Soraya, R. (2023). Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah Di SD Negeri Sukamenak 08 Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Tunas Bangsa, 1 (2), 41-46.
Arikunto. (2020). Manajemen Penelitian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan.
Arikunto. (2020). Manajemen Penelitian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan.
Etika Suri, S. N.-a. (2023). Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Manajemen Sekolah di SD. Jurnal Auladuna. p-ISSN: 2599-1914, 159-166.
Faqih, M., & Mulianti, E. 2016. Peran Komite Sekolah dengan Mutu Pendidikan. Jurnal Visionary, 2(2), 108–113.
Hadi, A. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. CV. Pena Persada.
Hakpantria, H., Langi, W. L., & Pabane, A. W. (2021). Analisis Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Pendidikan Di SDN 6 Kesu. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 7-20.
Ibrahim Bafadal, (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah dan Aplikasinya. Jakarta, PT Bumi Aksara.
Khusnah, A. (2016). Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Membina Profesionalisme Guru Di MA Mahrusiyah Lirboyo Kediri Doctoral dissertation, IAIN Kediri.
Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit Aksara Timur
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Muflihah. (2019). Melalui Penelitiannya yang berjudul “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah”
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Yun Soung Suk, Sumardi Sumardi, Karantiano Sadasa Putra. (2018). Hubungan Antara Kepemimpinan Visioner dan Efikasi Diri dengan Produktivitas Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol.6, No.2, Juli 2018. Hal. 646-653. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/791.
Refbacks
- There are currently no refbacks.