Analisis Kepuasan Kerja Guru Ditinjau dari Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru
Abstract
Teacher job satisfaction is one indicator of the success of implementing school programs. The purpose of this study was to determine the relationship between the principal's transformational leadership and achievement motivation with teacher job satisfaction. This correlational study consisted of two independent variables, namely the principal's transformational leadership and achievement motivation, and the dependent variable, namely teacher job satisfaction. This study was conducted in the SMP Negeri Kec, West Karawang, Karawang Regency, which consists of 4 schools using a survey method. The total sample was 179 respondents with a sampling technique using proportional random sampling. The data collection technique used a questionnaire instrument. While the data analysis technique used statistical techniques of correlation and simple linear regression as well as correlation and multiple regression. The results of the study show that: 1) There is a very significant positive relationship between the principal's transformational leadership (X1) and teacher job satisfaction (Y) with rx1y = 0.397 with the regression equation Ŷ = 104.800 + 0.226X1, 2) There is a significant positive relationship between achievement motivation (X2) and teacher job satisfaction (Y) with rx2y = 0.443 with the regression equation Ŷ = 80.060 + 0.414X2 and 3) there is a significant positive relationship between the principal's transformational leadership and achievement motivation with teacher job satisfaction with rx1x2y = 0.541 with the regression equation Ŷ = 63.51 + 0.181X1 + 0.352X2. The implication of the results of this study is that increasing teacher job satisfaction can be done by increasing the empowerment of the indicators of the principal's transformational leadership and achievement motivation variables both individually and together.
Ketercapaian kepuasan kerja guru merupakan salah satu indikator keberhasilan penerapan program-program sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi dengan kepuasan kerja guru. Penelitian korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas yaitu kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi dan variabel terikat yaitu kepuasan kerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan SMP Negeri Kec, Karawang Barat, Kabupaten Karawang, yang terdiri dari 4 sekolah dengan menggunakan metode survei. Jumlah sampel sebanyak 179 responden dengan teknik penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik korelasi dan regresi linier sederhana serta korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan kepuasan kerja guru (Y) dengan rx1y = 0,397 dengan persamaan regresi Ŷ = 104,800 + 0,226X1, 2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi (X2) dengan kepuasan kerja guru (Y) dengan rx2y = 0,443 dengan persamaan regresi Ŷ = 80,060 + 0,414X2 dan 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi dengan kepuasan kerja guru dengan rx1x2y = 0,541 dengan persamaan regresi Ŷ = 63,51 + 0,181X1 + 0,352X2. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah peningkatan kepuasan kerja guru dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pemberdayaan indikator-indikator variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aan Komariah, Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta : Bumi Aksara, 2010.
Akdon, Strategic Management For Educational Management Manajenen strategik untuk Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2006.
Anwar Prabu Mangkunegara, Perilaku dan Budaya Oragnisasi , Bandung : PT Refika Aditama.
Arif, Z. 2012. Motif Berprestasi dan Tingkat Status Sosial Ekonomi sebagai Faktor Determinatif terhadap Minat Belajar Orang Dewasa dalam Program Kejar Paket A. Program Pasca Sarjana IKIP Bandung: tidak diterbitkan.
Barry Cushway and Derek Lodge, Organizational Behavior and Design, Perilaku Organisasi dan Desain Organisasi, diterjemahkan oleh Sularno Tjipto Wardoyo, Jakarta : PT.Elexmedia Computindo, 2012.
Bernard M. Bass, Transformational Leadership, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers, 2006.
Dadang Sulaeman, 2008. Teknologi/Metodologi Pengajaran. Jakarta: PPLPTK Depdikbud.
Dendik Surya Wardana. “Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasi”.Jurnal Ilmiah Psycologi Terapan Vol.01, No.01 Januari 2013.http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/viewFile/1361/146
Don Hellriegel, Jhon W.Slocum, Jr, Organizational Behavior, South Western: Cangange Learning, 2011.
Eti Kustiati, 2013. Hubungan antara kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal dengan kepuasan kerja guru pada guru SMK Swasta Di Kota Sukabumi, Tesis, Bogor: Program Pascasarjana, Universitas Pakuan .
Fred Luthans, Organizational Behavior, New York: Mc.Graw Hill, 2011.
Gary Yukl, Leadership in Organization, New York : Pearson, 2010.
Gibson, James L., James H. Donelly,Jr., John M. Ivancevich, 2007. Manajemen, diterjemahkan oleh Sularno Tjiptowardoyo dan Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga.
Hughes, Richard L., Ginnet, Robert C., & Curphy, Gordon J.. 2009. Leadership: Enhancing the Lesson of Experience, Sixth Edition. New York : The McGraw-Hill Cmpany, Inc.
James L. Gibson, et.al., Organizatios Behavior, Structure, Processes, Fourteenh Edition, Singapore: The McGraw-Hill Companies, 2012.
Jason A.Colquitt, Jeffery A.Lepine dan Michael J. Wesson, Organizational Behavior. Improving Performance and Commitment in The Workplace, New York: McGraw-Hill,2009.
John M. Ivancevich, Robert Konopaske, Matteson, Organizationally Behavior and Management, New York : The McGraw-Hill, 2008.
Kreitner, Robert & Angelo Kinicki, 2008. Organizational Behavior, Eight Edition. New York: McGraw-Hill.
Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Makmun A. S, 2001. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakaya.
Mathis, Robert L., 2008. Human Resource Management, Thompson South Western : Ohio.
McShane, Steven & Mary Von Glinow. 2008. Organizational Bahavior; emerging Realities for the Work Place Revolution. New York : McGraw Hill companies.
Moch. Idochi Anwar, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2004.
Mullins, Lauire J. 2005. Management And Organization Behavior: Seventh Edition. London: Prentice Hall.
Newstorm, John W., 2007. Organizational Behavior Human Behavior At Work, Boston: Mc GrawHill.
Robbins, Stephen P. & Timothy, Judge A. 2009. Organizational Behavior: 13th Edition. London : Pearson Education Ltd.
Schemerhorn, John R., G. Hunt, & Richard N. Osborn., 2008. Organizational Behavior 10/E, City Wiley Jefferson.
Stephen P.Robbins dan Timothy A.Judge, Organization Behavior, New York: Pearson, 2013.
Suwedana, N. Natajaya , G. K. Arya Sunu. “Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru.” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan. Volume 4 Tahun 2013.http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ap/article/view/661/446.
Tabrani Rusyan, M.Sutisna, Kesejahteraaan dan Motivasi Dalam meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru, Jakarta : Intimedia, 2008.
Thomas Stefanus Kaihatu dan Wahju Astjarjo Rini. “Kepemimpinan Transformasional Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Atas Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen Organisasi, Dan Perilaku Ekstra Peran: Studi Pada Guru-Guru Smu Di Kota Surabaya”. Jurnal manajemen dan kewirausahan, vol.98, no. 1, Maret 2007: 49-61. http://digilib.umm.ac.id/files/disk1/339/jiptummpp-gdl-jou-2009-thomasstef-16947-kepemimp-n.pdf.
Uyung Sulaksana, Manajemen Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2004.
Veithzal Rivai, Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku, Jakarta: Rajawali Press, 2010.
Wagner and Hollenbeck, 2010. Organizational behavior securing competitive advantage, Australia : Thompson.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan transformasional kepala sekolah Kepala Sekolah, (Jakarta: Rajawali Press, 2008.
Wibowo, Manajemen Perubahan, Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada, 2008.
Winardi. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia.
Yukl, Gary. Kepemimpinan dalam Organisasi, terjemahan Yusuf Uday. Jakarta : Prenhallindo. 1998.
Yuyuk Liana. “Iklim Organisasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 1, Nomor 2, Agustus 2012. file:///C:/Users/MMH/Downloads/ipi114424% 20(2).pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.