Inovasi Pembelajaran Digital Menulis Puisi melalui Media Canvapoet pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Pragaan Sumenep
Abstract
The rapid development of digital technology opens up opportunities for teachers to present learning media that are more interactive and relevant to the characteristics of the digital generation. This study aims to describe the implementation of Canvapoet media in learning to write poetry for seventh grade students of SMPN 1 Pragaan. The method used is descriptive qualitative with observation and interview techniques. The research subjects were seventh grade students, while the focus of the research object was directed at changes in the structure and aesthetics of poetry after the application of CanvaPoet media. Data analysis techniques were carried out following the Miles and Huberman model, which includes three important stages, namely; Data reduction, Data presentation and Conclusion drawing. The results of the study showed a significant increase in student interest and creativity, especially in aspects of diction, imagery, and better poetry organization. CanvaPoet also encourages students to dare to express themselves through a combination of text and visual elements. Obstacles such as limited internet access and technical capabilities can be overcome through intensive guidance and gradual learning. The conclusion of this study is that CanvaPoet is an effective digital learning innovation for developing students’ multiple intelligences and supporting sustainable literacy learning.
Perkembangan teknologi digital yang pesat membuka peluang bagi guru untuk menghadirkan media pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan karakteristik generasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media Canvapoet dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMPN 1 Pragaan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII, sementara fokus objek penelitian diarahkan pada perubahan struktur dan estetika puisi setelah penerapan media CanvaPoet. Teknik analisis data dilakukan dengan mengikuti model Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahap penting yaitu;Reduksi data,Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat dan kreativitas siswa, terutama pada aspek diksi, imaji, serta pengorganisasian puisi yang lebih baik. CanvaPoet juga mendorong siswa untuk berani berekspresi melalui kombinasi teks dan elemen visual. Kendala seperti keterbatasan internet dan kemampuan teknis dapat diatasi melalui bimbingan intensif dan pembelajaran bertahap. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa CanvaPoet merupakan inovasi pembelajaran digital yang efektif untuk mengembangkan kecerdasan majemuk siswa serta mendukung pembelajaran literasi yang berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. B. A., & Putra, K. D. C. (2016). Prigel menulis akademik dengan metode quantum. BuatBuku.com.
Alatas, M. A., & Albaburrahim, A. (2021). Record slide show PowerPoint sebagai alternatif media pembelajaran audio visual pada pascapandemi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1–15.
Alatas, M. A., Ahmadi, A., & Yohanes, B. (2025). Critical reasoning of students in learning: Paragraph analysis of response texts using the Toulmin model. Ghuru: International Journal of Teacher Education, 1(2), 80–91.
Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi edu literasi melalui novel anak: Integrasi SDGs dan pembentukan pola pikir sistemik dalam pendidikan guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 813. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118
Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam pembelajaran bahasa: Perspektif mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 1–23.
Alfaini, F. (2025, Mei 20). Wawancara lisan mengenai penggunaan Canva dalam pembelajaran menulis puisi di SMPN 1 Pragaan.
Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., Bharati, D., & Linggar, A. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 228. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22873
Ayu, L. P., Deliani, S., & Nurhayati, H. (2023). Kemampuan aplikasi Canva untuk meningkatkan pembelajaran menulis puisi. Jurnal Ilmiah Universitas Dharmawangsa, 17(4), 624–637.
Boholano, H. B. (2017). Smart social networking: 21st century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29.
Chairunnisa, C. (2024). Pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(2), 1636–1648. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5362
Fajri, A. K., Aksah, S. Y., & Hermanto. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Turi. Seminar Nasional Pengenalan Lapangan Persekolahan UAD.
Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan lingkungan dalam karya sastra cerita rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 87. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137
Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta: Inovasi media pembelajaran keterampilan membaca abad 21 dalam mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 921. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196
Helaluddin, Tulak, H., & Rante, S. V. N. (2019). Strategi pembelajaran bahasa bagi Generasi Z: Sebuah tinjauan sistematis. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 31–45. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i2.499
Johan, P. E., & Ergusrinia. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi Canva terhadap hasil menulis siswa kelas VIII SMP Nasional Sariputra Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022 [Skripsi, Universitas Jambi].
Karlina. (2022). Inspirasi menulis puisi di alam bebas. Penerbit P4I.
Kincoko, C., Ngatmini, Muhajir, & Masruroh, I. (2022). Penerapan pendekatan TaRL dalam pembelajaran menulis puisi berbantuan media Canva pada kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(4).
Mega, M. D. C., Reffiane, F., Wakhyudin, H., & Suherni. (2023). Analisis penggunaan media Canva interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4).
Musman, A. (2024). Dari fakta ke fiksi: Panduan menulis berita, feature, dan fiksi. Anak Hebat Indonesia.
Pratiwi, H., Ariyani, M., Elisa, M., & Harahap, M. (2024). Literasi digital sebagai inovasi pembelajaran dalam pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allimin, 1(2), 79–92.
Puspita Ayu, L., Deliani, S., & Nurhayati, H. (2023). Kemampuan aplikasi Canva untuk meningkatkan pembelajaran menulis puisi. Jurnal Ilmiah Universitas Dharmawangsa, 17(4), 624–637.
Putri, F. N. (2020). Pendidikan karakter siswa melalui pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai media pembelajaran digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi media Lensatara: Google Lens dalam pembelajaran bagi mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114
Rahma Sari, H., & Yatri, I. (2023). Video animasi melalui aplikasi Canva untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166.
Ramadhani, E. W., Ngatmini, Kandida, & Sidiq, B. R. Y. (2024). Penerapan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran keterampilan menulis teks puisi kelas. PEMBAHSI: Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia, 14(2), 226.
Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1, 349. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124
Romadhon, S., Alatas, M. A., & Diningrum, S. D. (2025). Pelatihan pembuatan media pembelajaran sastra Madura dengan Artificial Intelligence (AI) pada guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 7(1), 27–39. https://doi.org/10.19105/pjce.v7i1.18401
Sari, H. P., Salamah, S., & Sari, W. A. (2025). Pengaruh media pembelajaran berbasis Canva terhadap keterampilan menulis teks iklan di kelas VIII SMPN 14 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(4), 958–964.
Schunk, D. H. (2020). Learning theories: An educational perspective (8th ed.). Pearson Education.
Serafini, F. (2014). Reading the visual: An introduction to teaching multimodal literacy. Teachers College Press.
Simbolon, J. (2023). Transformasi pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan literasi di sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 162–171. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2941
Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan aplikasi desain grafis Canva dalam pembelajaran multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, 732–742.
Sylvia, N. I., & Hariani, S. (2015). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. JPGSD, 3(2), 1196.
Refbacks
- There are currently no refbacks.