Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Inovasi Evaluasi Pembelajaran Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Kabirotun Nadiya, Liana Rochmatul Wachidah, Agus Purnomo Ahmad Putikadyanto

Abstract

The utilization of technology in learning evaluation can enhance the quality of learning in the classroom. The use of digital applications can be employed in the evaluation process, particularly in Indonesian language subjects. This study aims to describe the utilization of the Wordwall application as a digital learning evaluation tool and a new alternative to increase student motivation. The research method used is qualitative descriptive. The data sources in this study are 20 students of class 7 at MTs Bustanul Ulum Tagangser Laok Waru Pamekasan, and the data were obtained from tests and questionnaires. Data collection techniques include tests and interviews. The results show that the Wordwall application can improve student learning outcomes and increase motivation, and students responded positively to the use of the Wordwall application in Indonesian language learning. Thus, the utilization of the Wordwall application is effective in increasing student motivation and making the evaluation process of Indonesian language learning more fun and interactive.

Pemanfaatan teknologi dalam evaluasi pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penggunaan aplikasi digital dapat digunakan dalam proses evaluasi pembelajaran terutama mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran digital dan alternatif baru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu 20 siswa kelas 7 di MTs Bustanul Ulum Tagangser Laok Waru Pamekasan dan data diperoleh dari test dan kuisioner. Teknik pengumpulan data berupa test dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan motivasi belajar, serta para siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian,  pemanfaatan aplikasi Wordwall efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat proses evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih seru dan interaktif.

Keywords

Aplikasi Wordwall, Evaluasi Pembelajaran, Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References

Anindyawati, G. D. (2024). Pemanfaatan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 39–48. https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v10i1.220

Azzahro, T. A., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Media Evaluasi Digital dalam Pembelajaran Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 207–213. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1331

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Hakim’s, L., & Safi`i, I. (2021). Efektivitas Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Aplikasi Google Form. Bahtera : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(2), 151–156. https://doi.org/10.21009/bahtera.202.03

Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 395–412. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-3

Mahardika, A. I., Saputra, N. A. B., Muda, A. A. A., Riduan, A., Luzuardi, N. S., & Nurmalinda, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Digital Menggunakan Quizizz bagi Guru di Kota Banjarmasin. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/japd.v3i1.1540

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.

Nordin, A. S. M., Alias, B. S., & Mahamod, Z. (2023). Pendigitalan Pendidikan. Jurnal Penyelidikan Pendidikan Dan Teknologi Malaysia (JPPTM), 1(1), 66–73.

Permatasari, S., Zulhafizh, Z., Septyanti, E., Mustika, T. P., Rasdana, O., Pernantah, P. S., & Rizka, M. (2023). Asesmen Digital berbasis Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2710–2714. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1737

Sahanata, M., Asiani, R. W., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2023a). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. Lokomotif Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1644

Sahanata, M., Asiani, R. W., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2023b). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall Sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. Lokomotif Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.30631/lokomotifabdimas.v1i1.1644

Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266

Sukaryanti, D., Nasution, F. N., Indria, S., & Hadi, W. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Digital Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021, 185–190.

Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 55. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089

Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi Pendidikan Digital 5.0 melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.