Inovasi Pembelajaran: Mengintegrasikan Pengenalan Diri dan Nilai Pancasila Melalui "Ruang Validasi" pada Sekolah Dasar
Abstract
This systematic literature review aims to examine the existing literature on the effectiveness of the Teams Games Tournament (TGT) model and educational card games in enhancing Pancasila education, particularly concerning self-introduction and value internalization in elementary schools. The study employs a systematic literature review method, utilizing keywords such as "Teams Games Tournament," "Pancasila education," "card game," "elementary school," and "self-introduction." Data were retrieved from prominent databases including Google Scholar, ScienceDirect, and ERIC. Articles published between 2016 and 2025 were included to ensure recency. A total of 15 relevant articles were analyzed. The results indicate that the TGT model significantly boosts student motivation, social skills, and understanding of Pancasila philosophy, while educational card games effectively improve conceptual comprehension and learning interest. In conclusion, integrating TGT and card games supports holistic Pancasila education, promoting both cognitive and socio-emotional development in elementary students.
Tinjauan literatur sistematis ini bertujuan untuk mengkaji literatur yang ada mengenai efektivitas model Teams Games Tournament (TGT) dan permainan kartu edukatif dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya terkait pengenalan diri dan internalisasi nilai di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis, dengan kata kunci "Teams Games Tournament," "Pendidikan Pancasila," "permainan kartu," "sekolah dasar," dan "pengenalan diri." Data diambil dari database terkemuka termasuk Google Scholar, ScienceDirect, dan ERIC. Artikel yang diterbitkan antara tahun 2016 dan 2025 dimasukkan untuk memastikan aktualitas. Sebanyak 15 artikel relevan telah dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT secara signifikan meningkatkan motivasi siswa, keterampilan sosial, dan pemahaman filosofi Pancasila, sementara permainan kartu edukatif secara efektif meningkatkan pemahaman konseptual dan minat belajar. Sebagai simpulan, integrasi TGT dan permainan kartu mendukung Pendidikan Pancasila secara holistik, mendorong perkembangan kognitif dan sosial-emosional pada siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiana, I. P. A. S., Primayana, K. H., & Ardiawan, I. K. N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Gerokgak. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1743
Farihah, N., Miftiyana, N., & Artikel, S. (2024). Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PKn Materi Memahami Makna dan Nilai-Nilai Pancasila di MI Muhammadiyah Wonorejo Tlogowungu Pati Informasi Artikel A B S T R A K. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 339–343. https://doi.org/10.57255/eduspirit.v1i1.17
Fidia Ngadi N. (2025). Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (5)(2).
Fitriah, A., & Aryani, Z. (2025). Jendela Soal Sebagai Media Pembelajaran di SD. In Jurnal Inovasi Wawasan Akademik (Vol. 1, Issue 1). https://naluriedukasi.com/index.php/jiwa
Hanifah; Rochmiyati, S., & Nur Dewana, E. (2024). Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IIB Pada Pendidikan Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 3(1).
Harjanti, E., & Purnamasari, I. (2022a). Pembelajaran Kartu Permainan Berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tema Persatuan dalam Perbedaan Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 2774–2156.
Harjanti, E., & Purnamasari, I. (2022b). Pembelajaran Kartu Permainan Berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tema Persatuan dalam Perbedaan Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 2774–2156.
Helmaniah, S., & Setiawan, D. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Kelas 3 SDN Mergosono 2 Malang. Seminar Nasional Dan Prosiding PPG Unikama, 1(2), 1327–1336. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Mariyanti; Susanto R. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 4).
Maula, L. H., Prayogo, M. S., Arafah, F., & Hidayatullah, A. (2023). Implementasi Permainan Singing Estafet dan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa Kelas VB SD Al Baitul Amien 02 Jember. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i2.204
Nurjani, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Perumusan Dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Melalui Metode Pembelajaran Make A Macth Pada Siswa Kelas VIIA SMPN 2 Secang Kabupaten Magelang. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 66–77.
Sulistyo, I. (2016). Peningkatan motivasi belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960%2Fjss.v4i1.10963
Suryanto, H., Ghofur, A., & Zaman, A. Q. (2023). The Effect of the Teams Games Tournament (TGT) Model and Motivation on Understanding Pancasila Philosophy. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 402–423. https://doi.org/10.51276/edu.v5i1.721
Syafitri, A. N. F. F. D. (2023). Pengembangan Media KAPTEN SUBASA (Kartu Permainan Suku Bangsa) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPPGSD). Syafitri, A. N. F. F. D. Pengembangan Media KAPTEN SUBASA (Kartu Permainan Suku Bangsa) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar.
Tri, L. W., & Emy, Y. P. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KWARTET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH LAHIRNYA PANCASILA KELAS V DI SD NEGERI SUKOSARI JOGOROTO. JINU), 2(3), 221–232. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i3.4454
Wulandari, F. K., & Mulyadiprana, A. (2025). ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR: ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25510
Refbacks
- There are currently no refbacks.