Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa MTsN 4 Pamekasan
Abstract
The purpose of this study was to explain how Padlet media is used to improve poetry writing skills among students of MTsN 4 Pamekasan. This study applies a descriptive qualitative method. Data were obtained through participant observation, semi-structured interviews involving students and teachers, and collecting documentation of poetry written by students. The data analysis process was carried out qualitatively by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The findings of this study indicate that the use of Padlet has a positive effect on the development of students’ poetry writing skills. Padlet offers a collaborative and interactive platform, which helps students share thoughts, provide feedback, and revise their writing. In addition, Padlet successfully increased students’ motivation and involvement in the process of learning to write poetry. Thus, Padlet media can be an effective choice in teaching poetry writing at the Madrasah Tsanawiyah level.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana media Padlet digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi di kalangan siswa MTsN 4 Pamekasan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur yang melibatkan siswa dan guru, serta pengumpulan dokumentasi puisi yang ditulis oleh siswa. Proses analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Padlet memberikan efek positif dalam pengembangan keterampilan menulis puisi siswa. Padlet menawarkan platform yang kolaboratif dan interaktif, yang membantu siswa berbagi pemikiran, memberikan umpan balik, dan merevisi tulisan mereka. Selain itu, Padlet berhasil meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar menulis puisi. Dengan demikian, media Padlet bisa menjadi pilihan yang efektif dalam pengajaran menulis puisi di tingkat Madrasah Tsanawiyah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda Apriliana, Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Islam Al-kautsar
Alatas, M. A., Ahmadi, A., & Yohanes, B. (2025). Critical Reasoning of Students in Learning : Paragraph Analysis of Response Texts Using the Toulmin Model. Ghuru: International Journal of Teacher Education, 1(2), 80–91.
Alatas, M. A., Purnomo, A., Putikadyanto, A., & Nur, A. (2025). Transformasi Edu Literasi melalui Novel Anak : Integrasi SDGs dan Pembentukan Pola Pikir Sistemik dalam Pendidikan Guru. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 813. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19118
Alatas, M. A., Romadhon, S., & Rachmayanti, I. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa: Perspektif Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes, 7(3), 1–23.
Dwi Anugrah, “Media Pembelajaran dan Jenis-jenisnya”, diakses dari https://FKIP.umsu.ac.id pada tanggal 17 Mei 2025 pukul 0:03 Wib
Fatmawati, Pelatihan Penyusunan Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis Puisi untuk Tim MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMA Se-Pekan Baru, (Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat: Vol. 1, No. 2, 2021), 196
Firnanda, A., Alatas, M. A., & Putikadyanto, A. P. A. (2025). EcoEduLitera SDGs: Pendidikan Lingkungan dalam Karya Sastra Cerita Rakyat Madura Ki Ageng Tarub. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 87. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19137
Hamdani, S., & Alatas, M. A. (2025). Istawarta : Inovasi Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Abad 21 dalam Mendukung SDGs. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 921. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19196
Kamar Mohammad Yusi , Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi (Jurnal Ilmu Pendidikan: Vol. 1 No. 2, 2019) 1
Mana Lira Hayu Afdetis, Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia, (Jurnal Inovasi dan Riset Akademik: Vol. 2, No. 4, 2021), 419-420
Pitaloka Agnes , Seni Mengenal Puisi, (Medan: Guepedia, 2020), 9
Qulub Tathmainnal, Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi, (Prosiding Samasta, 2020) 4-5
Rachmadyanti Putri, Persepsi Mahasiswa PGSD tentang Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Microteaching, (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar: Vol. 9, No. 2,2021), 6
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, (November), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2025). Transformasi Media Lensatara : Google Lens dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19114
Rohmatun, S., Arifin, M. A., & Susanti, A. I. (2025). Edugamifikasi: Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Berbahasa. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, (1), 349. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.19124
Romadhon, S., Alatas, M. A., & Diningrum, S. D. (2025). Pelatihan pembuatan media pembelajaran sastra Madura dengan Artificial Intelligence ( AI ) pada guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 7(1), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/pjce.v7i1.18401
Sanuhung Fitriyani, Pengunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan, (Jurnal Pendidikan Glasser: Vol. 6, No. 1, 2022), 21
Susilana Rudi, Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, (Bandung: CV Wacana Prima, 2009), 6
Refbacks
- There are currently no refbacks.