Deskripsi Kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) dalam Upaya Pengamalan Sila Pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” di Sekolah Dasar

Iwan Zulkifli, Nur Pangesti Apriliyana, Nindya Adiasti

Abstract

As time progresses, religious education, morality, and character development have weakened. However, if children possess strong religious and moral values from an early age, they are more likely to achieve optimal developmental maturity. This study aims to describe the IMTAQ (Faith and Devotion) activities as an effort to implement the First Principle of Pancasila, "Belief in the One and Only God," at SDN 015 Tarakan. This research uses both primary and secondary data sources. The informants in this study include the principal of SDN 015 Tarakan, Islamic religious education teachers, Christian religious education teachers, and students.The results of the study show that the IMTAQ (Faith and Devotion) activities in an effort to practice the First Principle of Pancasila, "Belief in the One and Only God," have been well implemented at SDN 015 Tarakan. The internalization of the First Principle is evident through IMTAQ activities, both those organized by the school and daily habits instilled by teachers and practiced by students.These activities aim to enhance students’ (spiritual) attitudes so that they are able to apply the First Principle both within and outside the school environment. IMTAQ activities at SDN 015 Tarakan serve not only as an educational program but also as a means to shape students’ character for the better.Thus, the verification or conclusion stage in IMTAQ activities at SDN 015 Tarakan indicates that this program has successfully achieved its objectives. These activities provide not only religious knowledge but also contribute to the development of students’ religious character, which is expected to be reflected in their daily lives.

Seiring perkembangan zaman pendidikan agama, moral, karakter menjadi lemah, apabila anak sudah memiliki nilai agama dan moral yang baik sejak dini maka anak mampu mencapai kematangan perkembangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) dalam upaya pengamalan sila pertama ‘‘Ketuhanan Yang Maha Esa di SDN 915 Tarakan. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah SDN 015 Tarakan, guru agama Islam, guru agama Nasrani, dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) dalam upaya pengamalan sıla pertama ‘‘Ketuhanan Yang Maha Esa telah diterapkan dengan baik di SDN 015 Tarakan Pengantalan sila pertama ‘‘Ketuhanan Yang Maha Esa dapat dilihat dari kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) baik kegiatan yang di selengarakan oleh sekolah maupun kebsasaan sehari-hari yang guru terapkan dan peserta didik lakukan Kegiatan im bertujuan untuk menambahkan sikap (spiritual) dalam diri peserta didik agar mampu mengamalkan sila pertama dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.Kegiatan IMTAQ di SDN 015 Tarakan tidak hanya berfungsi sebagai program pendidikan, tetapi juga sebagai sarana untuk membentuk karakter siswa yang lebih baik. Dengan demikian, tahap verifikasi atau penarikan kesimpulan dalam kegiatan IMTAQ di SDN 015 Tarakan menunjukkan bahwa program ini telah berhasil mencapai tujuannya. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat dalam hal pengetahuan agama, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan karakter religius siswa, yang diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari mereka.

Keywords

IMTAQ, Pengalaman, Sila Pertama

Full Text:

PDF

References

ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. (2022). Problematika Penanaman Karakter dan Ketuntasan Belajar PAI Melalui Media Online di MAN 2 Ngawi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). 9, 356–363.

Anggraeni, M., Alya Febriyani, S., Wahyuningsih, Y., & Rustini, T. (2022). Pengembangan Sikap Toleransi Siswa Sekolah Dasar Pada Keberagaman Di Indonesia. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 16–24. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.15694

Anugrah, V., Mansur, R., & Musthofa, I. (2023). Implementasi Program Imtaq dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMA Negeri 4 Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 8(6), 99–108.

Asni, S., & Qadafi, M. (2023). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini PROGRAM IMTAQ: UPAYA MENUMBUHKAN ASPEK SPIRITUALITAS SISWA DI MIS YASIM KARUMBU BIMA. 5(1), 86–95.

Balqis, A. S., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Aktivitas Pembelajaran di Sentra IMTAQ untuk Pengembangan Aspek Moral Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 118–133. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.752

Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Dessy Noor Rahmadhani, S. A. (2023). Gambaran Aktivitas Ibadah Harian Anak Usia Sekolah Dasar Di Daerah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Fitriani, I., & Saumi, A. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program IMTAQ Dalam Membentuk Kepribadian Siswa. El-Midad Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 75–97.

Handayani, P. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 6–12. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1439

Hariandi, A. (2020). Di Lingkungan Sekolah Dasar. Nur EI-Islam, 7(1), 53–66.

Hidayati, S., & Akbar, M. A. (2023). Kajian Pelaksanaan IMTAQ dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3828–3836. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6470

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). (PENDIDIKAN_PROFETIK_SEBAGAI_PARADIGMA_TR, n.d.)

Hizmi Wardani, R. H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Bangun Ruang Segiempat Di MTS Nurul Huda. Invention: Journal Research and Education Studies, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.51178/invention.v4i1.1240

Iqlasiayas, H. (2019). Hubungan Antara Kegiatan Imtaq (Iman dan Taqwa) dengan Sikap Religius Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekan Baru. Skripsi: UIN SUSKA RIAU.

JS, M., Farida, K., & Sakinah, S. (2022). Permasalahan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Generasi Alpha Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 139–152. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14934

Jumahir, J. (2022). Penerapan Kegiatan Imtaq Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Sma. Damhil Education Journal, 2(1), 21. https://doi.org/10.37905/dej.v2i1.1396

Kumala, P. I., Nurfadila, A. R., Irsandi, A. Q., & Nur, A. P. (2023). Penguatan Karakter Religius Guna Menghadapai Era Strengthening of Religious Character To Face the Society 5 . 0. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 42–48.

Kurniawaty, J. B. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(2), 23–32. https://doi.org/10.30998/.v1i2.986

Nabila, A. A., Yusuf, M. F., Rafi, M., Rahmawan, W. F., & Antoni, H. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila : Peran Sila Pertama dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. 2.

Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Parozak, M. R. G., & Rosita, F. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IMAN DAN TAQWA (IMTAQ) DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI I LOMBOK TIMUR. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.55681/nusra.v1i1.1

Pathiassana, M. T., Pascasarjana, M., Studi, P., Inovasi, M., Sumbawa, T., Pascasarjana, D., & Teknologi, U. (n.d.). EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM IMTAQ TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA. 308–317.

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Pratiwi, D., Rosdiana, A., & Maulida, S. (2024). Proceeding 1st International Conference on Pesantren and Islamic Studies PENGENALAN CIPTAAN ALLAH MELALUI POP-UP BAGI ANAK USIA DINI. 01(01), 41–55. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 5(2), 76–87.

Putri, A. L., Dwika, F., Charista, F., Lestari, S., & Trisiana, A. (2020). Implementasi pancasila dalam pembangunan dibidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 13–22. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987–4994. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1616

Romadhon, K., Hidayat, N., Malahati, F., Rizki, A., & Fitriyati, I. (2023). Menggali Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah. Literasi, XV(2), 103–112.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264–271.

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.56445

Sila, I., Pancasila, P., Cahyani, R. S., & Hamzanwadi, U. (2023). Poposal Ini Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan.

St. Asni, & Qadafi, M. (2023). Program Imtaq: Upaya Menumbuhkan Aspek Spiritualitas Siswa di MIS YASIM Karumbu Bima. Islamic EduKids, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7367

Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Sulianti, A., Efendi , Y., & Sa’, H. (2020). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020p

Suparno, S., Juri, J., & Paulinus, P. (2023). Implementasi Pendidikan Moral melalui Imtaq oleh Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Dedai. Jurnal Pekan, 8(1), 50–65.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.