Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Quran Santri di Pondok Tahfidz Al-Ihsan Wat Taqwa Kebumen

Faidatun Nasikhah, Zahidatul Aziziyah, Siti Fatimah, Devi Yaniar Hargina, Nadia Raifah Nawa Kartika

Abstract

This study aims to describe the strategies and efforts of tahfidz teachers in improving the quality of Al-Quran memorization of students at the Al-Ihsan Wat Taqwa Kebumen Tahfidz Boarding School. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, in-depth interviews with tahfidz teachers, and documentation. The subjects in this study were the tahfidz Coordinator, tahfidz teachers and several students at the Al-Ihsan Wat Taqwa Kebumen Tahfidz Boarding School. Meanwhile, data analysis uses interactive analysis by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of the study indicate that tahfidz teachers at the Al-Ihsan Wat Taqwa Tahfidz Boarding School apply various strategies, such as the use of the talaqqi method (direct reading), muraja'ah (memorization repetition), dividing memorization groups (halaqah), providing motivation and rewards and holding weekly evaluations carried out by all tahfidz teachers together with caregivers. In addition, supporting factors such as discipline, religious environment, and cooperation between teachers, students, and parents also influence the improvement of memorization quality. The obstacles faced include differences in individual student abilities, fatigue, and concentration disorders, but these are overcome with a personalized learning approach and intensive mentoring. This study provides an overview of the real practice of tahfidz learning which can be a reference for similar educational institutions in optimizing the Al-Quran memorization program.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan upaya guru tahfidz dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran santri di Pondok Tahfidz Al-Ihsan Wat Taqwa Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru tahfidz, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Koordinator tahfidz, guru-guru tahfidz dan beberapa santri di Pondok Tahfidz Al-Ihsan Wat Taqwa Kebumen. Sementara analisis data menggunakan analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tahfidz di Pondok Tahfidz Al-Ihsan Wat Taqwa menerapkan berbagai strategi, seperti penggunaan metode talaqqi (pembacaan langsung), muraja'ah (pengulangan hafalan), pembagian kelompok hafalan (halaqah), pemberian motivasi dan reward serta diadakannya evaluasi mingguan yang dilakukan oleh semua guru tahfidz bersama pengasuh. Selain itu, faktor pendukung seperti kedisiplinan, lingkungan religius, dan kerja sama antara guru, santri, dan orang tua turut berpengaruh terhadap peningkatan kualitas hafalan. Kendala yang dihadapi meliputi perbedaan kemampuan individu santri, kelelahan, dan gangguan konsentrasi, namun hal tersebut diatasi dengan pendekatan personalisasi pembelajaran dan pendampingan intensif. Penelitian ini memberikan gambaran tentang praktik nyata pembelajaran tahfidz yang dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan sejenis dalam mengoptimalkan program penghafalan Al-Quran.

Keywords

Guru Tahfidz, Kualitas Hafalan, Pondok Tahfidz, Metode Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References

Abdur Rozzaq, & Mulyanto Abdullah Khoir. (2025). Peran Guru Tahfidz Sebagai Pembimbing dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1) (Februari), 977-986.

Achmad Nasrudin, diwawancarai oleh Faidatun Nasikhah, Juni 2025, Pondok Tahfidz Al Ihsan wat Taqwa, Kebumen, Jawa Tengah.

Anna Maria Ulfah, diwawancarai oleh Faidatun Nasikhah, Juni 2025, Pondok Tahfidz Al Ihsan wat Taqwa, Kebumen, Jawa Tengah.

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azzat, A. M. (2014) Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak (Jakarta: Ar Ruzz media).

Bahrin, S. R. (2022). Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an pada Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Ibn Jauzi. Intiqad, 14, 91.

Fauziah, N. S. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an pada santri Pondok Pesantren Daarul Riyadhoh Ar-Rosyady. KOLONI, 1(4), 95-101.

Hartati, W. .. (2025). Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di SMP IT MTA Karanganyar. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 8(1), 10-18. Retrieved from https://doi.org/10.37329/kamaya.v8i1

Paridi, A. (2019). Implementasi Program Pengembangan Karakter Islami Melalui Program Tahfidz. Khazanah Pendidikan, 1, 16.

Risa, N. (2021). Bimbingan Ekperimentasi Belajar dengan Teknik Token Economy Untuk Meningkatkan Murojaah Juz 30 pada Santri di Ponpes Tahfidzul Al-Qur’an Al-Awwabin Bandar Lampung. Bandar Lampung.

Santri Pondok , diwawancarai oleh Faidatun Nasikhah, Juni 2025, Pondok Tahfidz Al Ihsan wat Taqwa, Kebumen, Jawa Tengah.

Susianti, C. (2017). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 1-19.

Widari, I., Pratiwi, I. D., & Kasran. (2024). paya Guru Tahfidz Dan Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al Qur’an Siswa Kelas XI Di SMA Islam Terpadu Permata Hati Kota Tebing Tinggi. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agam Islam, 2, 281.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.