Kemampuan Menyusun Instrumen Penilaian Hasil Belajar Aspek Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Menggunakan Bahan Ajar Evaluasi Pendidikan Mahasiswa Pendidikan Dasar
Abstract
This study aims to develop assessment instruments in basic education within a master’s degree program with a focus on improving student competencies. The methodology employed is Research and Development (R&D) utilizing the ADDIE approach, specifically targeting the evaluation stage. Data were collected through a Likert scale in the form of posttest evaluations of 25 master’s students in Basic Education. Results indicated an average posttest score of 73.41, with variance reflecting student achievement diversity. Most students demonstrated a good understanding across knowledge, attitude, and skill aspects. Hypothesis analysis utilizing a one-sample t-test revealed significance at p=0.000, indicating a significant positive effect on students’ ability to construct assessment instruments. In conclusion, the appropriate use of evaluative teaching materials can enhance pedagogical competencies, supporting the development of educational quality at the postgraduate level.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dalam pendidikan dasar pada program S-2 dengan fokus pada peningkatan kompetensi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE yang dikhususkan pada tahap evaluasi. Data dikumpulkan melalui skala Likert berupa penilaian posttest terhadap 25 mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar. Hasil menunjukkan rata-rata nilai posttest sebesar 73,41, dengan varians yang mencerminkan variasi dalam pencapaian mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa menunjukkan pemahaman yang baik dalam aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Analisis hipotesis menggunakan one-sample t-test menunjukkan signifikansi p=0,000, menandakan adanya pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyusun instrumen penilaian. Kesimpulannya, penggunaan bahan ajar evaluasi yang tepat dapat meningkatkan kompetensi pedagogis mahasiswa, mendukung pengembangan kualitas pendidikan di jenjang pascasarjana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrina, D., Deskoni, D., & Mardetini, E. (2021). Analisis kebutuhan instrumen penilaian berbasis hots pada mata kuliah pendidikan ips. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 11-18. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13119
Andiatma, A. (2019). Pengembangan kurikulum berbasis pendidikan karakter. Bada a Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 31-43. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.242
Arsini, A. (2016). Penerapan problem based learning dengan pendekatan kooperatif berbantuan modul sebagai upaya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan praktikum fisika dasar i. Phenomenon Jurnal Pendidikan Mipa, 3(1), 29-44. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.1.173
Faizi, N., Munauwarah, R., & Fathina, N. (2023). Landasan filosofis terhadap pengembangan kurikulum pendidikan islam. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(3), 315-329. https://doi.org/10.31102/alulum.10.3.2023.315-329
Marlina, M. and Iswati, I. (2018). Pengembangan kurikulum ptai menghadapi masyarakat ekonomi asean (mea). Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.305
Maulana, M. and Wulandari, S. (2021). Pengembangan instrumen penilaian hots mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana. Journal of Office Administration Education and Practice, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p1-13
Mesra, R. and Salem, V. (2023). Pengembangan kurikulum.. https://doi.org/10.31219/osf.io/qyc5f
Murdiyanto, T. and Wijayanti, D. (2021). Evaluasi persepsi dan sikap mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran blended learning mata kuliah kalkulus integral prodi pendidikan matematika fmipa unj. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 19-27. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.03
Nurpaizah, N., Maison, M., & Risnita, R. (2023). Pengembangan instrumen penilaian pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan model keterpaduan nested (keterpaduan) kelas xi sekolah menengah atas (sma). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2681-2686. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1823
Purnamasari, S. and Nurawaliyah, S. (2021). Profil sikap terhadap sains mahasiswa calon guru dalam pembelajaran etnosains. Jurnal Kajian Pendidikan Ipa, 1(1), 47-52. https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i1.106
Purwanto, A., Putri, D., & Hamdani, D. (2021). Penerapan project based learning model untuk meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa dalam rangka menghadapi era merdeka belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25-34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34
Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.