Penerapan Metode Talaqqi Musyafahah dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
The ability to read the Koran is very important for every Muslim, because the Koran is the main source of Islamic teachings. Applying tajwid to read the Koran correctly helps maintain the authenticity of the lafaz contained in it. The aim of this research is to analyze the effectiveness of the talaqi musyafahah method in improving the ability to read the Al-Qur'an for grade 3 students in Islamic Religious Education (PAI) subjects. This research is PTK research which consists of 2 cycles. Data collection techniques use tests, observations, interviews, and documentation. Data analysis techniques use the Miles & Huberman & Saldana model which consists of the stages of data condensation, data presentation, and data verification. The results of the study prove that the talaqi musyafahah method can improve students' understanding of reading the Qur'an at SD N 1 Gesikan. With a large increase in cycle I of 60% and a large increase in cycle II of 90%. Thus, it can be concluded that the talaqi musyafahah method is an effective and applicable approach in improving students' ability to read the Qur'an, especially in the application of correct tajwid. The significant increase from cycle I to cycle II shows that this method is able to provide a positive impact on student learning outcomes in Islamic Religious Education (PAI) learning. In addition, this method also encourages active student participation in the learning process, strengthens direct interaction between teachers and students, and creates a more focused, directed, and meaningful learning atmosphere. With these advantages, the talaqqi musyafahah method is worthy of being used as an alternative learning strategy to improve the quality of Qur'an learning at the elementary school level.
Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting bagi setiap muslim, karena Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam yang utama. Penerapan tajwid membaca Al-Qur'an yang tepat membantu menjaga keaslian lafaz yang terkandung di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas metode talaqi musyafahah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas 3 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengambilan data menggunakan test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman & Saldana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode talaqi musyafahah dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur’an di SD N 1 Gesikan. Dengan besar peningkatan di siklus I adalah sebesar 60% dan besar peningkatan di siklus II adalah sebesar 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode talaqi musyafahah merupakan pendekatan yang efektif dan aplikatif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, khususnya dalam penerapan tajwid yang benar. Peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa metode ini mampu memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Selain itu, metode ini juga mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, memperkuat interaksi langsung antara guru dan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang lebih terfokus, terarah, dan bermakna. Dengan keunggulan tersebut, metode talaqqi musyafahah layak dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an di jenjang sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, D., Junaedi, E. E., & Dlaifurrahman, M. (2023). Model Pembelajaran Tilawah Berbasis Talaqqi dan Musyafahah dalam Pengembangan Bakat Seni Baca Al-Qur’an Santri Sekolah Tilawah Al-Qur’an Banjarmasin. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 12(1), 47.
Aprillya, R., & Wirman, A. (2023). Penerapan Metode Talaqqi dalam Membiasakan Anak Menghafal Al-Qur’an. Journal of Education Research, 4(1), 11.
Aziz, M., Hairullah, & Sitorus, I. Y. (2025). Implementasi Pembelajaran PAI Menggunakan Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 9(1), 55. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd.
Fathoni, Ahmad. (2021). Metode Talaqqi Musyafahah: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Pemula. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Husen, Muhammad, & Fatimah, Nur. (2022). Analisis Interaksi Guru-Siswa dalam Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi Musyafahah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19 (1), 45–62.
Hazizah, U., & Mahfud, M. (2022). Program Unggulan Tahfidz Al-Qur'an Metode Talaqqi Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Driyorejo. Indonesia Islamic Education Journal, 1(1), 50.
Hermawan, T., & Hidayat, Q. (2024). Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Para Santri. Alasma: Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 6(1), 69.
Hidayah, Hikmatul. Pengertian, Sumber, dan Daara Pendidikan Islam. Jurnal AS-SAID. Volume 3. Nomor 1. (2023)
Muh Husyain Rifa'i, dkk. (2022). Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, dan Motivatif. Yayasan Dwiyata Bestari Samasta, Anggota IKAPI.
Nurhidayati, Siti, & Anwar, Khoirul. (2020). Optimalisasi Penguasaan Makhraj dan Tajwid melalui Metode Talaqqi Musyafahah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 12 (2), 210–225.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 2–4. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/download/7757/4690.
Sa’diyah, T. (2022). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, dan Terapan, 2(3), 148. https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/kasta.
Sholihah, Nikmatus. Purnamasari, Indah, Nia. Metode Musyafahah Sebagai Solusi Mempermudah Anak Usia Dini Menghafal Surat Pendek. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. Volume 10. Nomor 2. (2020)
Suradi, A. (2022). Pendidikan Islam dan Multikultural. Surabaya: Pustaka Aksara.
Syawaluddin. Hafiz, Mahfud. Kurniawan, Wakib. Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kualitas BacaanSantri Tahfidz di Pondok Pesantren Modern Daarul SyuhadaKota Tebing Tinggi Sumatera Utara. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial. Volume 3. Nomor 2. (2025).
Wulandari, Y. D., Aqilah, A. N., & Hammadah, K. (2024). Efektivitas Metode Talaqqi Musyafahah dalam Pembelajaran Al Qur’an. Jurnal Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.
Refbacks
- There are currently no refbacks.