Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Cacah Sampai 100 Kelas lll Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb
Abstract
Students often experience learning difficulties due to lack of focus during learning, caused by concentration disorders from the environment and internal conditions such as fatigue or stress. The purpose of this study is to analyze the learning difficulties experienced by students in learning mathematics division of integers up to 100 in terms of Kolb's learning style. The method used is a literature study by reviewing various journals and books. The research found that: 1) Factors of students' learning difficulties in division of enumerated numbers to 100 in class lll are influenced by internal and external factors. 2) Kolb's learning style (diverger, assimilator, converger, and accommodator) can overcome students' learning difficulties in the material of dividing integers up to 100. Thus, to overcome students' learning difficulties in learning mathematics division of integers up to 100, Kolb's learning style can be used according to each student's ability.
Siswa sering mengalami kesulitan belajar karena kurang fokus saat pembelajaran, disebabkan oleh gangguan konsentrasi dari lingkungan dan kondisi internal seperti lelah atau stres. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika materi pembagian bilangan cacah sampai 100 ditinjau dari gaya belajar kolb. Metode yang digunakan merupakan studi literatur dengan mengkaji berbagai jurnal dan buku. Penelitian membukitkan bahwa: 1) Faktor kesulitan belajar siswa dalam materi pembagian bilangan cacah sampai 100 kelas lll dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. 2) Gaya belajar kolb ( diverger, assimilator, converger, dan accommodator ) dapat mengatasi kesulitan belajar siswa dalam materi pembagaian bilangan cacah sampai 100. Dengan demikian untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pembagian bilangan cacah sampai 100, gaya belajar kolb dapat digunakan dilihat sesuai dengan kemampuan siswa masing-masing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda., E., R. & Wandini., R., R., (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 6 (3), 4173-4181.
Aptriyana., J., dkk., (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di SMK Se-Kecematan Kayuagung, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9 (2), 86-94.
Arifin., M., F. (2020). Kesulitan Belajar Siswa Dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika SD/MI, 1 (5), 989.
Arman., dkk., (2024). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Bilangan Cacah Sampai 100 Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas lll SD Negeri 2 Sinar Semendo, 8 (11), 2118-7452.
Azrai., E., P., & Sulistianingrum., E., G., (2017), Pengaruh Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator,Converger, Accomodator) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan, Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB), 10 (1), 9-16.
Binuni, J., dkk., (2018). Hubungan Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi SMA Negeri 2 Tondano. Jsme (jurnal sains, matematika & pendidikan) , 5 (2), 184-187.
Cahyono., H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1.
Gustiani, R., dan Syamsurizal, S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3), 7242-7246.
Hajaro., U., dkk. (2021). Analysis of David Kolb's Learning Style According to Mathematical Representation Ability, 5 (2), 403-416.
Ismail., (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah, 2 (1), 42
Muliati, dkk., (2025). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 2 Tondano Tahun Ajaran 2024/2025, Jurnal Cakrawala Pendidikan dan Biologi, 2 (1), 117-132.
Nengsih, G., A., & Pujiastuti, H., (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar, 6(2): 293-306.
Nurcahyandi, Z., R & Purwaningrum, J., P., (2022). Penerapan Teori Belajar David Kolb Dalam Pembelajaran Matematika Koordinat Krtesius, Jurnal Pendidikan Matematika, 14 (1), 1-9.
Salsabila., A., dkk., (2024). Studi Literatur Review: Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika, Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2 (3), 19-27.
Sitepu., C., P., B., & Amidi. (2024). Studi Literatur: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb Siswa dalam Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Jurnal PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (7), 129-136.
Yohanes., R., A., dkk., (2023). Analisis Upaya Guru MengatasiI Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar.
Zahro, R. F., Sugiyanti, & Supandi, (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4 (3), 194–200.
Refbacks
- There are currently no refbacks.