Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Educandy Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa
Abstract
This study aims to determine the effect of the Teams Games Tournament (TGT) learning model assisted by Educandy media on student interest in learning grade V mathematics in SDN cluster III Bengkulu City. This quantitative research uses the quasy experiment method and the Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. The research sample consisted of class VB students of SDN 03 Bengkulu City as the experimental class and class V students of SDN 57 Bengkulu City as the control class obtained through cluster random sampling. Non-test instruments to measure interest in learning in the form of a final questionnaire and initial questionnaire. The results of hypothesis testing in the experimental class showed that the tcount value using Equal Variences Assumed = 2.587 and the Sig. (2-tailed) value is 0.013 and the ttable distribution value is 2.021, so that the tcount> ttable (2.587> 2.021) and Sig. (2-tailed) 0.013 < 0.05. So there is an influence on this study.
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang didukung oleh media Educandy terhadap minat belajar siswa dalam pelajaran matematika di kelas V SDN Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi dan desain penelitian "The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design". Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VB SDN 03 Kota Bengkulu yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen, serta siswa kelas V SDN 57 Kota Bengkulu yang berperan sebagai kelompok kontrol, yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa yang diberikan sebelum dan setelah intervensi pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan uji hipotesis. Nilai thitung diperoleh sebesar 2,587 dengan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,013, di mana nilai distribusi ttabel adalah 2,021. Dengan demikian, thitung lebih besar dari ttabel (2,587 > 2,021) dan nilai Sig.(2-tailed) berada di bawah tingkat signifikansi 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari model TGT berbantuan Educandy terhadap minat belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran yang inovatif dan interaktif seperti TGT dapat meningkatkan minat belajar siswa di bidang matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusdianita, N., & Supriatna, I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. SHEs: Conference Series 6 (3) (2023) 145-154 https://doi.org/10.20961/shes
Agusdianita, N., Puspita, Y. R. A., Kasthori, M., & Bella, Z. S. (2024). PENERAPAN MODEL TGT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS & HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VD SDN 5 KOTA BENGKULU. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 16, 81-88.
Ariza, Y., Agusdianita, N., & Noperman, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Kelas V SD Negeri 18 Pendopo. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).
Chen, J. and Lin, T. (2020). Do cooperative-based learning groups help students learn microeconomics?. Sage Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/215824402093869
Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 4, 1033–1042. http://jurnaledukasia.org
Dyson, B., Linehan, N., & Hastie, P. (2010). The ecology of cooperative learning in elementary physical education classes. Journal of Teaching in Physical Education, 29(2), 113-130. https://doi.org/10.1123/jtpe.29.2.113
Istiono, W (2021). Does the education games with adding some entertainment game elements will attract the children?. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 10(4), 2721-2726. https://doi.org/10.30534/ijatcse/2021/111042021
Lusa, H., Yusnia, Y., & Agusdianita, N. (2024). PENDAMPINGAN PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Jurnal Abdimas Bencoolen, 2(3), 119-125.
Mulato, N., Hidayatulloh, F., Purnama, S., & Syaifullah, R. (2024). Optimization of learning physical education in digital era: a systematic review. Retos, 54, 844-849. https://doi.org/10.47197/retos.v54.105211
Oktaviani, F. N., & Firmansyah, D. (2023). Pengaruh sense of humor guru terhadap minat belajar matematika pada siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1757–1766. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.17026
Puspita, R. A., Dalifa, D., & Yusnia, Y. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas VB SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Early Childhood Research and Practice, 5(2), 63-72.
Rabi’ah, R., Baidawi, A., & Hanna, I. (2021). Encourage students’ affective value in efl class through cooperative learning. Lingual Journal of Language and Culture, 12(2), 17. https://doi.org/10.24843/ljlc.2021.v12.i02.p03
Veronica, A., Abas, M., Hidayah, N., Sabtohadi, D., Marlina, H., & Mulyani, W. (2022). METODOLOGI METODOLOGI METODOLOGI PENELITIAN PENELITIAN PENELITIAN KUANTITATIF KUANTITATIF KUANTITATIF Get press.
Yusnia, Y., Kurniawati, I., Agusdianita, N., & Supriatna, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran tgt berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 462-467.
Refbacks
- There are currently no refbacks.