Peluang dan Tantangan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Sekolah Dasar Bagi Pendidik: Sebuah Kajian Literatur
Abstract
The development of Artificial Intelligence (AI) technology has had a significant impact on the world of education, including at the elementary school level. This research was conducted with the aim of examining and identifying the opportunities and challenges faced by teachers in adapting to the technology in learning. The methodology used in this research is a Systematic Literature Review, with data collected through a literature review. This study uses a literature review method with a narrative approach, utilizing various sources such as scientific journals, official documents, and books. Data were collected through specific keyword searches in academic databases, then synthesized descriptively and analytically. AI research in elementary schools is still in its early stages, characterized by the use of simple algorithm-based applications such as Google Classroom, Quizziz, and Kahoot. AI offers significant opportunities to improve learning effectiveness, such as through automated feedback and analysis of student learning data. However, various challenges remain, including limited infrastructure, limited teacher digital literacy, and the absence of policies supporting systemic AI integration. This research highlights the importance of strengthening teacher competencies, improving technological infrastructure, and providing inclusive policy support to achieve sustainable and equitable AI-based learning in elementary schools. This study is expected to provide useful insights for academics and practitioners in optimizing the use of AI for learning and beginning to coexist with AI, rather than being replaced by it.
Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah membawa pengaruh besar dalam dunia pendidikan, termasuk pada jenjang SD. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji dan mengidentifikasi peluang dan tantangan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran yang dihadapi oleh guru dalam proses adaptasi teknologi tersebut. Metodologi di penelitian ini yaitu Systematic Literature Review, dengan data yang dikumpulkan melalui kajian literatur review. Penelitian ini mempergunakan metode tinjauan literatur dengan pendekatan naratif, memanfaatkan berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, dokumen resmi, dan buku. Data dikumpulkan melalui pencarian kata kunci spesifik di basis data akademik, kemudian disintesis secara deskriptif dan analitis. Hasil penelitian AI di sekolah dasar masih berada pada tahap awal, ditandai dengan penggunaan aplikasi berbasis algoritma sederhana seperti Google Classroom, Quizziz, dan Kahoot. AI memberikan peluang besar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, seperti umpan balik otomatis dan analisis data pembelajaran siswa. Namun, berbagai tantangan masih dihadapi, antara lain keterbatasan infrastruktur, minimnya literasi digital guru, serta belum adanya kebijakan yang mendukung integrasi AI secara sistemik. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya penguatan kompetensi guru, peningkatan infrastruktur teknologi, dan dukungan kebijakan yang inklusif untuk mewujudkan pembelajaran berbasis AI yang berkelanjutan dan merata di sekolah dasar. Kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi akademisi dan praktisi dalam mengoptimalkan penggunaan AI untuk pembelajaran dan memulai untuk hidup berdampingan dengan AI bukan digantikan AI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ageng Surat Cakraningtyas, I. A. S. B. S. (2025). Analisis Tantangan Integrasi Kecerdasan Buatan Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. JLP Jurnal Lentera Pengabdian, 3 (1).
Ali, A. M. (2025). Analisis Literatur Dengan Pendekatan Scoping Review: Tren Pemanfaatan Ai Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Genius: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3 (1)(1), 1–8. Https://Ejournal.Insightpub
Astuty, N. T., Clara, & Anggraini, N. (2024). Optimalisasi Penggunaan Chatgpt Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Di Universitas Telkom. Jurnal Ilmu Komunikasi Uho: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 9(2), 250–260. Https://Doi.Org/10.52423/Jikuho.V9i2.182
Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (Ai) Dalam Dunia Pendidikan. Dewantech: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14.
Febrianti, K. R., Azizah, N., & Rusadi, F. (2025). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Membantu Kinerja Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (Jipti), 6(1), 210–226. Https://Doi.Org/10.52060/Jipti.V6i1.2883
Fitri, A. T. (2025). Tinjauan Literatur: Integrasi Kecerdasan Buatan (Ai) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic), 9 (1)(1). Http://E-Journal.Sastra-Unes.Com/Index.Php/Jips
Harahap, S. S., Rin, R., Salim, M., & Harjatanaya, T. Y. (2024). Pemanfaatan Ai (Artificial Intelligence) Dalam Pengenalan Kebhinekaan Indonesia Di Sekolah. Jurnal Pkm: Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 07 No. 06.
Hermanto, Irwan Adhi Prasetya, Muhammad Faqih Dzulqarnain, Wandi Sujatmiko, & Mira Wulandari. (2024). Artificial Intelligince (Ai) Pemanfaatan Artificial Intelligince (Ai) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah Berbasis Digital. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 574–582. Https://Doi.Org/10.32493/Abdilaksana.V5i3.43445
Hidayat, T., Dian Nugraha, H., & Ramzi, M. N. (2025). Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Media Dan Literasi Digital: Peluang Dan Tantangan. Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2 (6). Https://Jicnusantara.Com/Index.Php/Jiic
Hidayat, T., Dian Nugraha, H., Ramzi, M. N., Bahasa, P., & Banten, H. (2025). Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Media Dan Literasi Digital: Peluang Dan Tantangan The Use Of Artificial Intelligence In Media And Digital Literacy: Opportunities And Challenges. Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia. Https://Jicnusantara.Com/Index.Php/Jiic
Hisny Fajrussalam, A. B. W. F. Z. M. S. S. I. O. (2025). Peran Ai Dalam Meningkatkan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (02).
Kaluge, A. H. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran 2.1 Berbasis Etnomatematika Pemanfaatan Ai Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Di Era Digital. Semnaptika, 4.
Kemendikbudristek. (2024). Buku Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 8 Tahun 2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kurnia Mira Lestari, Supratman Zakir, & Ramadhoni Aulia Gusli. (2023). Penerapan Ai Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sman 3 Bukitinggi. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 277–289. Https://Doi.Org/10.61132/Yudistira.V2i1.434
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (Slr): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Al Maal: Journal Of Islamic Economics And Banking, 2(1), 63. Https://Doi.Org/10.31000/Almaal.V2i1.2763
Lutfiyatul Kamaliah, C. R. I. D. T. E. A. A. R. U. (2025). Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Literasi Digital. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi.
Muhammad Sukron Fauzi, E. Y. L. J. I. A. P. (2025). Physical Education In The Era Of Artificial Intelligence: The Impact Of Ai Technology On Enhancing Sports Learning In Schools. Tofedu: The Future Of Education Journal, 4 (4), 1. Https://Journal.Tofedu.Or.Id/Index.Php/Journal/Index
Nur Khomsah, S., & Darmanto, E. (2024). Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Pada Siswa Sekolah Dasar. Janacitta : Journal Of Primary And Children’s Education, 7 (2). Http://Jurnal.Unw.Ac.Id/Index.Php/Janacitta
Paujiyah, N., & Shaffira Adistya Uin Sunan Gunung Djati Bandung, A. (2025). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Ai) Dalam Pembelajaran Personalisasi. Nadatul Paujiyah & Alya Shaffira Adistya, 1.
Prayogi, A., Kh, U., & Pekalongan, A. W. (2025). Telaah Ragam Artificial Inteligence (Ai) Dalam Pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3 (2). Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.14874510
Putri, A., Politeknik, N., Semarang, N., Nurkhayati, I., Negeri, P., Winarto, S., Jumi, S., Sri, S., Politeknik, M., Sulistiyani, E., Jati, S., Politeknik, N., Pratiwi, M. I., Alamat, S., Soedarto, J., Tembalang, K., Semarang, K., & Tengah, J. (2025). Penguatan Literasi Digital Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Artificial Intelligence Bagi Guru Sdn 01 Tugurejo, Kota Semarang. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 3(3). Https://Doi.Org/10.61722/Japm.V3i3.3931
Roichatul Jannah, H., Astri Nawangnugraeni, D., & Tulus Ujianto, N. (2024). Peningkatan Literasi Digital Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Terhdap Teknologi Di Era Artificial Intelligence (Ai). In Jurnal Abdimas Phb (Vol. 7).
Rulyansah, A., Mardhotillah, R. R., Putri, R., Budiarti, N., Afandi, M. D., & Aisah, P. L. (2022). Pengembangan Profesional Pendidik Sd Dalam Penggunaan Aplikasi Sekolah Literasi Digital Berbasis Artikulasi Artificial Intelligence. Indonesia Berdaya, 4.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., Iswara, B., Studi, P., Informasi, S., Bali, S., Raya, J., & No, P. (2019). Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia. Indonesian Journal Of Information Systems (Ijis, 1(2)(2). Https://Www.Google.Com
Tuningsih, S., & Wahyuningsih, P. I. (2025). Pengalaman Guru Sekolah Dasar Menggunakan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran. Journal Of Instructional Technology, 6(1), 150. Https://Doi.Org/10.20527/J-Instech.V6i1.15302
Ubaidillah, U., Millah, F. I., & Sapitri, N. (2024). The Use Of Online Media “Alefbata.Com” In Improving Arabic Listening Skills: Experimental Study. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Iain Palangka Raya, 12(1), 103–114. Https://Doi.Org/10.23971/Altarib.V12i1.7852
Yunefri, Y., Ersan Fadrial, Y., Sadar, M., & Khairul Anam, M. (2024). Literasi Digital Dalam Pengembangan Pembelajaran Artificial Intelligence Bagi Guru Smkn 2 Pinggir. Journal Of Computer Science Community Service, 4(2), 231–237.
Refbacks
- There are currently no refbacks.