Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Media Powtoon dalam Pembelajaran PPKn di MI Ma’arif 2 Jatisari

Iin Nur Safitri, Lailatul Istianah, Ibnu Jati Pramono, M. Nafingudin, Ade Ayu Parwati, Lailatul Malikatus Zuhriyah, Siti Fatimah, Mustajab Mustajab

Abstract

Creative thinking is one of the essential skills in 21st-century education that needs to be developed through appropriate strategies and instructional media. This study aims to improve students' creativity in Civic Education (PPKn) learning at MI Ma’arif 2 Jatisari through the use of Powtoon media. The research employed a Classroom Action Research (CAR) design conducted in two cycles, each consisting of two meetings. Data were collected through tests, observation, interviews, and documentation. The data analysis technique followed the model proposed by Miles, Huberman, and Saldana, consisting of data condensation, data display, and conclusion drawing. The results showed a significant improvement in students' creative thinking abilities, with an increase of 65% in the first cycle and 90% in the second cycle. These findings indicate that Powtoon is an effective medium for enhancing students’ creativity in Civic Education learning. Therefore, the integration of technology-based media such as Powtoon is highly recommended as an innovative approach to improve the quality of learning and foster essential student competencies.

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi esensial dalam pembelajaran abad ke-21 yang perlu ditumbuhkembangkan melalui pendekatan dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di MI Ma’arif 2 Jatisari dengan memanfaatkan media Powtoon. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus; masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Miles, Huberman, dan Saldana, yang mencakup tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu sebesar 65% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa media Powtoon efektif dalam mendorong kreativitas siswa dalam pembelajaran PPKn. Dengan demikian, penggunaan media berbasis teknologi seperti Powtoon layak diterapkan sebagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kompetensi siswa secara optimal.

Keywords

media powtoon, berpikir kreatif , PTK, pembelajaran PPKn

Full Text:

PDF

References

Aji, S. U., Aziz, T. A., Hidajat, F. A. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif di Indonesia : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 6 (1), 37-44.

Amalia, N. R., Fajriah, N., & Sari, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Menggunakan Permasalahan Open-Ended. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 177. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7378.

Handayani, T., dkk. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Koperatif untuk Meningkatkan Pola berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN kelas X di SMA Islam Nusantara. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, 3(4), 513-518. https://doi.org/10.28926/jprp.v3i4.1753

Maryani, N., Marlina, N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK Kelas X Melalui Pendekatan Open Ended Pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.67.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press

Nurlita, M., Azis, A., & Faroq, L. A. (2023). Efektivitas Penerapan Pendekatan Open-Ended Ditinjau Dari Kemapuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas Viii. Jurnal TAMBORA, 7(1), 213–219. http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/2131.

Pengertian Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia https://kbbi.web.id/teknologi

Pratiwi, I., & Nurhayati, T. (2022). Media Animasi Digital untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 231–242.

Purnami, N., P., M., D., Sulianingsih, N., W., W., Widyantari, N., P., E., (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. Seminar Nasional.

Saputri, R. E., Widodo, A., & Nugroho, S. E. (2021). Efektivitas Media Powtoon dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(1), 45–53.

Sari, I. Y., Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Peningkatan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III SDN Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2 (3), 1015-1024.

Situmorang, A., Napitupulu, E., & Wahyuningrum, E. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Sd. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 1. https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44816.

Suryani, N., Yuliati, Y., & Handoyo, S. (2022). Penguatan Karakter dan Kreativitas melalui Pembelajaran PPKn Berbasis Masalah Sosial. Jurnal Civic Education, 4(1), 67–78.

Suyanti, Sari, K.,M., Rulviana, V,. (2021). MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Elementary School. 8 (2) 322 – 328.

Utomo, P., Asvio, N., Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia ,1 (4), 1-19.

Yunita, R., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 21(2), 114–121.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.