Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites

Husni Marhaini, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Muhamad Chamdani

Abstract

The development of information technology innovation using interactive learning media in the implementation of the learning process to facilitate teachers and students in improving student interest, and learning outcomes. This study aims to analyze the need for interactive learning media based on Google Sites on the material of natural phenomena in grade III of elementary school. The method used is descriptive qualitative with interview techniques with students and teachers at SDN 3 Kalirancang as research subjects. The data analysis technique uses the flow of Miles and Hubermen (1992), namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that learning is still conventional and does not support students' understanding of abstract material. Students show a high interest in visual and digital media, such as images, videos, and interactive maps available on Google Sites. Teachers also recognize the need for website-based learning media to facilitate the delivery of material. Google Sites is considered capable of increasing student interest, engagement, and learning outcomes because of its flexible, attractive, and easily accessible nature. Therefore, the development of Google Sites-based learning media is a potential solution in improving the quality of science learning.

Perkembangan inovasi teknologi informasi menggunakan media pembelajaran interaktif pada pelaksanaan proses pembelajaran untuk memudahkan guru dan siswa dalam meningkatkan minat siswa, serta hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites pada materi kenampakan alam di kelas III sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara terhadap siswa dan guru di SDN 3 Kalirancang sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan alur dari Miles dan Hubermen (1992) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat konvensional dan kurang mendukung pemahaman siswa terhadap materi abstrak. Siswa menunjukkan minat tinggi terhadap media visual dan digital, seperti gambar, video, dan peta interaktif yang tersedia di Google Sites. Guru juga mengakui perlunya media pembelajaran berbasis website untuk memudahkan penyampaian materi. Google Sites dinilai mampu meningkatkan minat, keterlibatan, dan hasil belajar siswa karena sifatnya yang fleksibel, menarik, dan mudah diakses. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites menjadi solusi potensial dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS.

Keywords

Google Sites, media pembelajaran interaktif, IPAS, siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Aini, N., Syarifudin, S., Mariamah, M., Diana, N., & Muslim, M. (2025). Penerapan Media Memory Game untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 610-622.

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9).

Fitriyani, A., & Rahayu, R. S. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Pendekatan Kualitatif. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 20–29.

Islamiansyah, M. D., Rasyid, H. F., Dewi, M. P. A. M., & Aeni, A. N. (2025). PENGEMBANGAN WEBSITE IBADAH KURBAN (WIB) PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS 5 SD. EDU RESEARCH, 6(1), 1153-1161.

Kollan, Y. (2024). Implementasi media pembelajaran POLIPANAS dalam pembelajaran IPA SD. Jurnal Media Edukasi dan Pembelajaran, 8(2), 97–105.

Kurniawan, B. R., Ramadani, C. I., Latifah, E., Akbar, M. D. I., Kholifah, M. N., Khoiriyah, N., & Kurniawan, R. (2024). PENDEKATAN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS: PROYEK PEMBUATAN ES KRIM DI TK PEMBINA KAB. LUMAJANG. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 883-890.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Nurba, N. B., Pulukadang, W. T., Monoarfa, F., Husain, R., Husain, R., & Sarlin, M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE TERHADAP MATERI FAKTA DAN OPINI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. JAMBURA Elementary Education Journal, 6(1), 131-148.

Nurhidayah, R., & Fadhilah, R. (2021). Studi kualitatif kebutuhan pengembangan media pembelajaran digital di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 112–118.

Pinandhita, B., Kriswantoro, K., Asrial, A., & Damris. (2025). Analysis of student learning motivation in contextually based chemistry learning at SMA Negeri 15 Muaro Jambi. International Journal of Educational Research Studies, 6(1), 21–30. https://www.researchgate.net/publication/392519133

Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud. (2021). Panduan Pembelajaran Berbasis TIK dengan Google Workspace for Education. https://pusdatin.kemdikbud.go.id

Ramadani, D., & Rahmawati, F. P. (2022). Pengembangan Media Kartu Kalimat Sampiran dan Isi Pantun (KASIP) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpantun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5523-5532.

Ramadhani, A., & Amelia, F. R. (2025). Kendala dan Tantangan Pembelajaran IPA di UPT SD Negeri 064995 Kota Medan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1150-1155.

Setiawan, R. B., & Cahyaningtyas, A. P. (2025). Development of Digital Comic KOMA (Komik Majas) for Teaching Personification in the Fourth Grade of Elementary School. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 10(3), 373-385.keter

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran di SD Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik. Direktorat Sekolah Dasar, Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen. https://pauddikdasmen.kemdikbud.go.id

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD/MI Kelas III: Buku Guru dan Siswa Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.