Pengaruh Persepsi Orang Tua tentang Matematika terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika

Dwi Nova Holisiah, Fitri Annisa Kusumastuti

Abstract

This research aims to determine the influence of parents’ perception of mathematics lessons on elementary school students’ cognitive abilities in learning mathematics. The research method used is associative quantitative with simple regression analysis techniques. The research subjects were 30 elementary school student and their parents who were selected purposively. Data was obtained through parent perception questionnaires and tests of students’ cognitive abilities in the form of mathematics questions adapted to the cognitive thinking level of elementary school students. Data analysis was carried out with the help of the SPSS program to determine the positive and significant relationship and influence between parents’ perceptions of mathematics and students’ cognitive abilities. This shows that positive parental perceptions can support children’s cognitive achievements in mathematics. This research also opens up opportunities for further research to examine other factors that influence student learning outcomes in more depth.

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh persepsi orang tua terhadap pelajaran matematika terhadap kemampuan kognitif siswa SD dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Subjek penelitian adalah 30 siswa SD dan orang tua mereka yang dipilih secara purposive. Data diperoleh melalui angket persepsi orang tua dan tes kemampuan kognitif siswa dalam bentuk soal matematika yang disesuaikan dengan tingkat berfikir kognitif siswa sekolah dasar. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi orang tua terhadap matematika dan kemampuan kognitif siswa. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi orang tua yang positif dapat mendukung pencapaian kognitif anak di bidang matematika. Penelitian ini juga membuka peluang bagi peneliti lanjutan untuk mengkaji faktor lain yang turut memengaruhi hasil belajar siswa secara lebih mendalam.

Keywords

Persepsi orang tua, kemampuan kogntif, pembelajaran matematika, siswa SD

Full Text:

PDF

References

Aglistya, A. P. (2020). Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar matematika. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Fane, D., & Sugito. (2019). Keterlibatan orang tua, perilaku guru, motivasi belajar, dan prestasi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 56–64.

Fernanda, R., & Sugito. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 112–120.

Hidayati, A. (2021). Persepsi orang tua terhadap kesulitan belajar matematika anak di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 101–108.

Indriani, N., & Adriyanto, D. (2018). Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 45–52.

Jurnal JMMC. (2023). Minat belajar, perhatian orang tua, dan prestasi belajar matematika siswa SD. Jurnal Matematika dan Matematika Terapan, 7(1), 23–30.

Kemdikbud. (2019). Laporan hasil USBN jenjang sekolah dasar tahun 2018/2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koyimah, E., & Eliyana, K. (2020). Analisis perhatian orang tua dalam pembelajaran daring. Jurnal Bina Edukasi, 13(2), 77–86.

Lubis, M., & Adrianus, R. (2020). Pola asuh orang tua dan prestasi belajar matematika siswa SD. Jurnal Edukatif, 4(2), 213–221.

Mursalin, N., et al. (2022). Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa. PIJAR Pendidikan, 11(1), 34–40.

Mutiah, D. (2018). Classroom Action Research sebagai solusi peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 12–20.

Pratamawati, R., Ramidah, R., & Sugito. (2019). Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 30–38.

Purwaningsih, R. (2023). Pola asuh orang tua terhadap karakter dan hasil belajar matematika siswa. Majim, 3(1), 15–23.

Putri, F. D., & Hidayat, A. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak belajar matematika di masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 712–720.

Sari, R., & Fauziah, N. (2020). Hubungan antara persepsi orang tua dan hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 56–64.

Sari, S., & Amalia, A. (2023). Peran orang tua terhadap minat belajar matematika siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 44–52.

Wahyuni, S., & Leonard, M. (2021). Pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 88–95.

Winingsih, E. (2020). Persepsi orang tua terhadap pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–34.

Xu, N. (2021). Pengaruh peran orang tua dalam hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(4), 234–240.

Yuliani, D. (2023). Perhatian orang tua dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Eprints UNY.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.