Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Etnomatematika Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar Gugus VIII Kota Bengkulu

Dwi Junisyah Nur Afni, Neza Agusdianita, Ike Kurniawati

Abstract

Educational innovation through ethnomathematics-based Student Worksheets (LKPD) can encourage increased student activity and understanding in solving mathematical problems. The purpose of this study was to determine how well second-grade students at Elementary School Cluster VIII in Bengkulu City learn after participating in an ethnomathematics-based Student Worksheet program. This type of research is quantitative using a quasi-experimental method and the Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. The research instrument is a domain knowledge learning outcome test with an introduction and examination of multiple-choice questions. In this study, quantitative analysis was used to analyze the data. This analysis includes descriptive statistics, pre-test analysis, and hypothesis testing. Descriptive statistics and t-test were used in this study. There is a significant influence of ethnomathematics-based Student Worksheets on student learning outcomes as shown by the results of the study which show that the experimental class using this method obtained a higher average learning success (80.40) compared to the control class (61.43) at a significance level of 5% (Sig. value (2-tailed) = 0.000 < 0.05).

Inovasi pendidikan melalui LKPD berbasis etnomatematika dapat mendorong peningkatan keaktifan peserta didik dan pemahaman peserta didik dalam memecahkan permasalahan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas dua di Sekolah Dasar Gugus VIII di Kota Bengkulu belajar setelah berpartisipasi dalam program LKPD berbasis etnomatematika. enis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu dan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar domain pengetahuan dengan pengantar dan pemeriksaan pertanyaan pilihan ganda. Dalam penelitian ini, analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Analisis ini mencakup statistik deskriptif, analisis pra-tes, dan pengujian hipotesis. Statistik deskriptif dan uji-t digunakan dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh yang signifikan LKPD berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan metode ini memperoleh rata-rata keberhasilan belajar yang lebih tinggi (80,40) dibandingkan dengan kelas kontrol (61,43) pada taraf signifikansi 5% (nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05).

Keywords

LKPD, Etnomatematika, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Agusdianita, N. (2022). Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 165. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58329

Agusdianita, N., Supriatna, I., & Yusnia, Y. (2023). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 3).

Alina, N. M., Listiani, I., & Kusumawati, N. (2023). Pengaruh penggunaan etnomatematika engklek terhadap minat belajar matematika pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6984–6993.

Amar, R. Z., Usmar, A., & Wendra, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 69–77. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.82

Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (2), 1011-1024.

Gustina, R. (2020). Proses Pembelajaran Peserta Didik. H. Winkjosasto (ed.); 1st ed.). Jakarta : Bumi Aksara.

Juhaeriah, D., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lkpd Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VI SD. Jurnal Muara Pendidikan. 6 (2), 157-16

Payadnya, A. A., & Jayantika, A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS Yogyakarta: Deepublish

Putri, J. K., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Hasil Belajar Peserta didik: Tinjauan Literatur Sistematis. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7 (3), 903-912.Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Pusmendik-Kemdikbud (2024) Rapor Pendidikan Indonesia tahun 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login

Rukminingsih., Adnan, G., Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.

SA, K. A., Saragih, R. M. B., & Harahap, Y. N. (2024). pengaruh penggunan lembar kerja peserta didik matematika (lkpd) berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan literasi-numerasi. Numeracy, 11(1), 30-42.

Saputri, W. D., Agusdianita, N., & Yusnia, Y. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Pengukuran Luas Kelas IV SD Negeri Gugus V Kota Bengkulu. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Talo, Y. A., Ardana, I. M., & Kertih, I. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Batu Kubur Dan Rumah Adat Sumba Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 84-93.

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Sari , D, P., Syukriani, A., Febriyanni, R., Rawa, N, R., Saija, L, M., Wicaksono, A.,. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Refbacks

  • There are currently no refbacks.