Pengaruh Asessmen Diagnostik Terhadap Peningkatan Pemahaman Operasi Bilangan Siswa SD
Abstract
Understanding number operations is a fundamental component of elementary mathematics learning. However, many students struggle to grasp these concepts due to a lack of early identification of their initial knowledge. This study aims to investigate the effect of diagnostic assessment on improving students' conceptual understanding of number operations in elementary school. The study employed a quasi-experimental method with a pretest-posttest control group design. Data were collected from two groups of fourth-grade students: the experimental group received diagnostic assessments, while the control group did not. The instrument used was a conceptual understanding test administered before and after instruction. The analysis revealed a significant improvement in the experimental group compared to the control group. These findings suggest that diagnostic assessment helps teachers identify students’ learning difficulties early and tailor instruction to meet their specific needs. Therefore, diagnostic assessment can serve as an effective tool to enhance the quality of mathematics instruction and student learning outcomes in elementary education.
Pemahaman konsep operasi bilangan merupakan aspek mendasar dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep ini karena keterbatasan pengetahuan awal yang tidak teridentifikasi sejak awal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh asesmen diagnostik terhadap peningkatan pemahaman konsep operasi bilangan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Data dikumpulkan dari dua kelompok siswa kelas IV, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan asesmen diagnostik dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan tersebut. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa asesmen diagnostik dapat membantu guru dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa secara dini dan menyusun strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian, asesmen diagnostik dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Mania, S., & Kusumayanti, A. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Dengan Menggunakan Three Tier Test Pada Materi Aljabar. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(1), 19-25.
Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston: Pearson.
Dewi, S. N. A. (2024). Penggunaan asesmen diagnostik pada siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(7), 11-11.
Hayati, S. I., & Marlina, R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas vii smp pada materi bentuk aljabar di smp it nurul huda batujaya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 827-834.
Hidayat, YW, & Maharani, A. (2023). Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Diagnostik. SJME (Jurnal Tertinggi Pendidikan Matematika) , 7 (2), 169-179.
Hopkins, D. (2014). Panduan guru untuk penelitian di kelas . McGraw-Hill Education (Inggris).
Kemdikbudristek. (2023). Laporan Hasil Asesmen Nasional SD Tahun 2023. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan.
Munasiah. (2021). Analisis pemahaman konsep matematika pada materi aljabar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(3), 73–79.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Veriani, E., Syamsuddin, A. F., & Latif, R. A. (2024). Implementasi asesmen diagnostik untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik di UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah. Global Journal of Education and Learning, 1(4), 238–243.
Refbacks
- There are currently no refbacks.