Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD
Abstract
Education is an important character foundation in the development of students, especially at the Elementary School level, because it forms personality and moral values from an early age. This study aims to explore the relationship between parenting patterns and character formation and learning achievement of fourth grade Elementary School students. Using a literature study approach, data were collected and explained from various scientific journals, books, and relevant articles that discuss the influence of parenting patterns on character development and children's academic achievement. The analysis was carried out by reviewing the results of previous studies to identify general patterns and differences in the influence of each type of parenting pattern. The results showed that students who were raised with a democratic parenting pattern tended to have responsible, disciplined, and empathetic characters, which had a positive impact on academic achievement. In contrast, authoritarian and permissive parenting patterns showed obstacles in the formation of strong character and optimal academic achievement. This finding is the importance of the role of parents in supporting the development of children's character and academics through appropriate parenting patterns.
Pendidikan karakter menjadi fondasi penting dalam pengembangan peserta didik, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar, karena membentuk kepribadian dan nilai moral sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menggali hubungan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter dan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dengan menggunakan pendekatan studi literatur, data dikumpulkan dan dianalisis dari berbagai jurnal ilmiah, buku, serta artikel relevan yang membahas pengaruh pola asuh terhadap perkembangan karakter dan capaian akademik anak. Analisis dilakukan dengan mengkaji hasil-hasil penelitian sebelumnya untuk mengidentifikasi pola umum serta perbedaan pengaruh dari masing-masing tipe pola asuh orang tua. Hasil studi menunjukkan bahwa siswa yang dibesarkan dengan pola asuh demokratis cenderung memiliki karakter bertanggung jawab, disiplin, dan empatik, yang berdampak positif terhadap prestasi akademik. Sebaliknya, pola asuh otoriter dan permisif menunjukkan hambatan dalam pembentukan karakter yang kuat dan capaian akademik optimal. Temuan ini menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendukung pengembangan karakter dan akademik anak melalui pola asuh yang tepat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfaenis, T. B., Setianingsih, E. S., & Baedowi, S. (2025). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Majasari. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(3), 6615-6627.
Antika, S., Lasari, Y. L., & Gustina, G. (2023). Dampak Perilaku Disruptif Siswa terhadap Kekondusifan Kelas IV Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 25-33.
Chumairoh, N. A., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Madrasah Ibtidaiyah. Journal Creativity, 3(1), 264-278.
Daniati, N. S., & Aliyyah, R. R. (2023). Pembelajaran Anti Perundungan: Persepsi Guru Kelas Rendah pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 3022-3047.
Fajri, R. N., Hidayat, R., & Ihsanda, N. M. (2025). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP EMPATI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Intisabi, 3(1), 49-61.
Fariza, S. S. (2025). PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VI B DI SD NEGERI KAUMAN 3 MALANG. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 79-87.
Fitriani, I., Alwi, N., & Syam, S. (2025). Urgensi Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence) Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar: Tinjauan Teoritis dan Implikasinya Dalam Praktik Pendidikan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 11-11.
Hutasoit, J. M., Sugilar, S., & Fatimah, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Index Card Match and Make A Match) dan Pola Asuh Orangtua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD di Kecamatan Garoga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1280-1288.
Kurniasih, L. R. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V dan VI SDN 2 Matan Hilir Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Mahira, P. D., Subari, I., & Ciciria, D. (2022). IMPLEMENTASI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PKN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 06 METRO PUSAT. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(2), 597-610.
Mardalena, R., Shofiah, V., & Lestari, Y. I. (2025). Psikologi Pendidikan Islam: Kunci Pembentukan Karakter Anak di Era Modern. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2(3), 260-267.
Mutiah, T., & Warsihna, J. (2025). Pengaruh Pola Asuh dan Metode STIFin terhadap Hasil Belajar Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SD. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, 5(1), 98-117.
Pratiwi, V., Darmiany, D., & Hasnawati, H. (2025). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa Gugus 1 SDN Moyo Hilir. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 522-528.
Ramadhani, M. I., & Afendi, A. R. (2025). Peran Guru Pendidikan Agama Islam: Pembentukan Karakter dan Peningkatan Prestasi Siswa.
Saleh, A. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Islami Dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Era Digital:(Studi Penelitian di SMP Negeri 15 Banda Aceh). Jurnal Seumubeuet, 3(2), 193-204.
Salsabila, C. N., Suyanti, S., & Widyaningrum, H. K. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Kelas IV. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1226-1237.
Salsabila, S. (2025). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik SD Mardi Sunu Surabaya. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 3(1), 193-199.
Sinurat, Y., Silaban, P. J., & Sari, A. S. P. (2022, July). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas IV SD Negeri 060833 Medan Petisah. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 1, No. 1, pp. 17-28).
Tirtoni, F. (2021). STUDI KASUS FENOMENA COOPERATIVE PARENTING GURU DAN ORANG TUA WALI SISWA SD DALAM IMPLEMENTASI PEMBIASAAN BERKARAKTER PADA TRANSISI PEMBELAJARAN HYBRIDE. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 921-928.
Warni, R. (2025). Pentingnya Budaya Moral Positif Dalam Meningkatkan Disiplin Dan Prestasi Siswa Di Sekolah SMP Negeri 2 Labuapi. Journal of Independent Education, 1(01), 1-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.