Upaya Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Kelas Kondusif

Dhesta Youlandi Rahayu Sulistiyawati, Yunita Miftahul Jannah

Abstract

The learning environment, both directly and indirectly, has an influence on the process and results of student behavior. Therefore, designing an effective and conducive learning environment must be a top priority. This study aims to describe teachers' efforts in creating a conducive classroom environment. The type of research used is descriptive qualitative research with subjects of grade 3 teachers of Serang State Elementary School. The results of the study indicate that teachers' efforts in creating a conducive classroom environment are focused on two aspects, namely the physical environment and the psychosocial environment. The physical environment includes classroom layout, ensuring that the classroom is clean and tidy, and maximizing the use of available facilities. Then, the psychosocial environment includes interaction and communication, maintaining classroom harmony, and support in maintaining a conducive classroom atmosphere. With appropriate efforts, a conducive classroom environment will be created so that it can improve the quality of learning.

 

Lingkungan belajar, baik secara langsung maupun tidak langsung, memiliki pengaruh terhadap proses dan hasil perilaku peserta didik. Oleh karena itu, merancang lingkungan belajar yang efektif dan kondusif haruslah menjadi prioritas utama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menciptakan lingkungan kelas yang kondusif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek guru kelas 3 SD Negeri Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam menciptakanlingkungan  kelas yang kodusif difokuskan pada dua aspek yaitu aspek lingkungan fisik dan lingkungan psikososial. Lingkungan fisik meliputi tata ruang kelas, memastikan ruang kelas bersih dan rapi, serta memaksimalkan pemanfaatan fasilitas yang tersedia. Kemudian, lingkungan psikososial meliputi interaksi dan komunikasi, menjaga keharmonisan kelas, dan dukungan dalam menjaga suasana kelas tetap kondusif. Dengan upaya yang tepat guna, maka akan tercipta lingkungan kelas yang kondusif sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.

Keywords

lingkungan kelas, kondusif

Full Text:

PDF

References

Arifa, N. M. (2022). Peran, hak, dan kewajiban seorang guru. Jurnal Ke-SD-an 5(7). Doi https://doi.org/10.31237/osf.io/e95xr

Arini, A. A, dkk. (2023). Membangun lingkungan sekolah yang kondusif melalui penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1(3). https://riset- iaid.net/index.php/jpm/article/view/1473.

Gafur, A & Mustafida, F. (2019). Strategi pengelolaan kelas dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif di SD/MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 1(2). Hal 39-43. Doi: https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i2.4991

Hajar & Naning. (2022). Pentingnya pendidik untuk memahami karakteristik peserta didik sebagai acuan dalam melaksanakan perencanaan konsep pembelajaran. DIALEKTIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2). Hal 10-18. Diakses pada https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/4333

Harsono. (2019). Metode penelitian Pendidikan. CV Jasmine.

Hidayana, A. F. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nurul Ulum Madiun. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Magetan. Jurnal Pendidikan 11(1). Diakses pada https://www.staimmgt.ac.id/wp-content/uploads/2021/06/10.-PENGARUH- KELENGKAPAN-FASILITAS-BELAJAR.pdf

Handayani, A. N., & Luqman, Y. (2022). Pola komunikasi orangtua dan anak dalam mengawasi anak menggunakan gadget. Interaksi Online, 10(3) Hal. 46-55. Dikases pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/34184/26999

Khusana, A. A., Suhartono, S., & Rokhmaniyah, R. (2021). Analisis pengelolaan kelas untuk menciptakan iklim kelas yang kondusif di kelas IV SDN Argopeni tahun ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). Doi: https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.48077

Maulida, H. (2020). Pola komunikasi siswa di lingkungan sekolah ramah anak. Media Bina Ilmiah, 14(12) Hal. 3717-3728. Doi: http://dx.doi.org/10.33007/inf.v6i3.2371

Mudarris, B. (2024). Strategi efektif dalam manajemen kelas dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. At-Tahsin: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2) Hal. 69-81. Doi: https://doi.org/10.59106/attahsin.v4i2.188

Nopianti, A., & Aliyyah, R. R. (2022). Peran seorang guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di Kota Bandung.. Jurnal Kependidikan 1(1) Hal 140-149. Diakses pada: https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/13263

Purwandari, S., Cholimah, N., Bintang, A., & Pradana, A. (2009). Pengajaran berbasis data. Yogyakarta: Alfabeta.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. CV Jasmine.

Wahab, Gusnarib dan Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: Adab.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.