Pengaruh Problem-Based Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SD Kota Bengkulu
Abstract
Problem-Based Learning is a learning model that can be used in students' numeracy literacy learning. The purpose of this study was to determine how well students' numeracy skills improve when they use the Wordwall application as part of the Problem-Based Learning (PBL) model. Quantitative research is the name given to this type of research. The framework of this study is based on the results of pre- and post-tests with a control group that is only matched according to the design. The method used is a quasi-experimental and the research design is the matching only pretest posttest control group design. A total of 10 essay questions regarding numeracy skills in mathematics classes became the basis for the pre- and post-tests used to collect data for this study. To determine the validity of the hypothesis using the independent sample t-test, descriptive analysis, the data analysis methodology used in this study, is required. In the experimental group, the p-value for the hypothesis test is 11.193, which indicates a significant value. The results obtained t-value calculated (11.193) > t-value table (1.676) because the 2-tailed value is 0.001 and the t-value table is 1.676. (2) 0.001 ~ 0.05. These data show that fifth grade students of SD Negeri XIV Kota Bengkulu can benefit from the Problem-Based Learning (PBL) approach with the help of the Wordwall application in terms of students' numeracy and literacy skills.
Problem-Based Learning merupakan model pembelajaran yang bisa dilakukan dalam pembelajaran literasi numerasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik peningkatan kemampuan berhitung siswa ketika mereka menggunakan aplikasi Wordwall sebagai bagian dari model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian kuantitatif adalah nama yang diberikan untuk jenis penelitian ini. Kerangka kerja penelitian ini didasarkan pada hasil tes sebelum dan sesudah dengan kelompok kontrol yang hanya dicocokkan menurut rancangan. Metode yang digunakan eksperimen semu dan desain penelitian The matching only pretest posttest control group design. Sebanyak 10 pertanyaan esai mengenai kemampuan berhitung dalam kelas matematika menjadi dasar untuk tes pra dan pasca yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Untuk menentukan validitas hipotesis menggunakan uji-t sampel independen, analisis deskriptif, metodologi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, diperlukan. Pada kelompok eksperimen, nilai-p untuk uji hipotesis adalah 11,193, yang menunjukkan nilai signifikan. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (11,193) > nilai t tabel (1,676) karena nilai 2-tailed adalah 0,001 dan nilai t tabel adalah 1,676. (2) 0,001 ~ 0,05. Data ini menunjukkan bahwa siswa kelas lima SD Negeri XIV Kota Bengkulu dapat memperoleh manfaat dari pendekatan Problem-Based Learning (PBL) dengan bantuan aplikasi Wordwall dalam hal kemampuan numerasi dan literasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, K. at al (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Agusdianita, N., Karjiyati, V., & Kustianti, S. (2021). Pendampingan Penerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SDN 67 Kota Bengkulu. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (1). 10.31604/jpm.v4i1.63-72
Agusdianita, N., Supriatna, I., & Yusnia, Y. (2023). Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 6(3), 145-154
Agusdianita, N., Yusnia, Y., & Melisa, M. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 01 KEPAHIANG. Attadib: Journal of Elementary Education, 8(1).
Agustin, D., Sriwijayanti, R.P., & Qomariyah, R. S. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Pintar (UTAR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Tema Keragaman Budaya Di SDN Dringu Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Parameter 35 (1). doi.org/10.21009/parameter.351.03
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. JURNALBASICEDU: Research & Learningin Elementary Educatyion, 6(1), 709-716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Hermuttaqien, B. P. F., Aras, l., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Poblem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16-22. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354
Kemdikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.
Lusa, H., Yusnia, Y., & Agusdianita, N. (2024). PENDAMPINGAN PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Jurnal Abdimas Bencoolen, 2(3), 119-125.
Makkasau, A., dkk. (2022). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Saintifik Pada Materi IPS Di Kelas V SD Inpres Minasa UPA 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 8(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.468
Ramdani, P. (2020). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka
Riandhany, D. N., & Puadi, E. F. W. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 223–234. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.160
Rohmah, A. N., Sutama, S., Hidayati, Y. M., Fauziati, E., & Rahmawati, L. E. (2022). Planning for Cultivation Numerical Literacy in Mathematics Learning for Minimum Competency Assessment (AKM) in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 9(3), 503–516. Doi: 10.53400/mimbar-sd.v9i3.51774
Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Integrative Science Education and Teaching Activity Journal Need Analysis of Interactive Multimedia Development with Contextual Approach on Pollution Material. INSECTA Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, Vol. 1, No. 1, pp. 93-108
Simamora, Y., Simamora, I. M., & Andriani, K. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematik Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3675
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung : Alfabeta.
Supriatna. I., Agusdianita, N., & Yusnia, Y. (2023). Pendampingan Penerapan Model Problem Based Laerning (PBL) Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas III SDN 01 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 6(4), 399-406. https://doi.org/10.20961/shes.v6i4.83120
Susanto, T. T. D., Solihin, R. R., Fauziyah, E. P., Yanti, N. V. I., & Ramadhania, A. P. (2024). The Efforts of Indonesian Government In Increasing Teacher Quality Based On PISA Result In 2022: A Literature Review. Perspektif Ilmu Pendidikan, 38(1), 57–65. https://doi.org/10.21009/pip.381.6
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687-1699. https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690
Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara
Yusnia, Y., Irawan, O. A., & Agusdianita, N. Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas IV. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).
Yusnia, Y., Stiadi, E., & Agusdianita, N. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis Hots Berbantuan Aplikasi Kahoot Bagi Guru SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(1), 45-50.
Refbacks
- There are currently no refbacks.