Studi Literatur: Boardgame Peta sebagai Media Joyful Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD
Abstract
The 21st-century learning emphasizes the development of skills and knowledge that require innovative approaches capable of enhancing students' conceptual understanding and learning interest, especially in mathematics, which is often considered difficult and boring. This study aims to examine the Joyful Learning approach through the use of map-based board games to improve the conceptual understanding and learning interest of fourth-grade elementary school students. The method used is a literature study by collecting data from various relevant written sources, which are then analyzed and synthesized to obtain results. The findings indicate that the map-based board game media can create an enjoyable learning atmosphere and help concretize abstract mathematical concepts. There is an improvement in both students' conceptual understanding and their interest in learning. The conclusion of this study is that Joyful Learning using map-based board games is an innovative and relevant solution to enhance the quality of mathematics learning in elementary schools.
Pembelajaran abad ke-21 menekankan pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang menuntut pendekatan inovatif yang mampu meningkatkan pemahaman konsep serta minat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran matematika yang dianggap sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan Joyful Learning melalui media boardgame peta dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan berupa studi literatur dengan pengumpulan data dari berbagai sumber tertulis yang relevan, kemudian dianalisis dan disintesis sehingga diperoleh hasil. Hasil kajian menunjukkan bahwa media boardgame peta dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta membantu mengkonkretkan konsep matematika yang abstrak. Terdapat peningkatan dalam pemahaman konsep dan dalam minat belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah Joyful Learning dengan boardgame peta merupakan solusi pembelajaran inovatif yang relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisah, R. N., & Armariena, D. N. (2024). Pengembangan Board Game untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(2), 156-162.
Ansori, A., & Martoyo (2024). Mencari Tambahan Ilmu. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 137-144.
Arifa, A. F., & Utaminingtyas, S. (2024). Penerapan Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar: Penerapan Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. DIKDASTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(1).
Fadliana, F. F. (2024). Pembelajaran Efektif dan Mudah Dipahami Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 5 Buniseuri dengan Melaksanakan Praktik Tatacara Berwudhu yang Benar. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(2), 114-122.
Hurriyati, D., Rosada, M., Tama, M. M. L., & Ramdhani, M. I. (2022). Metode Joyfull Learning Dapat Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Anak Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 119-123.
Juanda, N. A., Sujana, A., & Ali, E. Y. (2024). Pengaruh Board Game terhadap Pemahaman Konsep IPAS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1381-1386.
Oktaviani, H., Sukmanasa, E., & Panji, H. (2024). Inovasi pembelajaran matematika kelas 2 dengan media board game berbasis genially. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 253-263.
Putra, L. D., Dewi, A. L., Zahra, A. F., & Aprillia, M. T. (2024). Pemanfaatan Multiplication Board Game Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 11 Tulang Bawang Udik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 401-415.
Putri, W. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game “The Labyrinth of Trigonometry” Padamateri Trigonometri Kelas X SMA. Satya Widya, 2(34), 88-100.
Ramadhani, A., & Aprilia, R. (2024). Penerapan Joyful Learning Dalam Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 134-146.
Setyangsih, E. (2022). Strategi Pembelajaran Kreatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika di Kelas 2 SD Negeri 02 Sumberejo. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 6, pp. 1472-1476).
Sutini.(2022). Pendekatan Joyful Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran TP 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 65-80.
Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Selat Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.