Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR).

Dessy Az-Zahra Putri Riyanti, Anesa Surya

Abstract

Mathematical problem-solving ability is an essential competency in elementary mathematics education to develop critical, logical, and systematic thinking skills. This study aims to comprehensively review the literature on the mathematical problem-solving abilities of elementary school students. The research employed a Systematic Literature Review (SLR) method following the PRISMA flow. Data were collected from articles in the Google Scholar database published between 2020 and 2025. The findings indicate that students tend to experience difficulties in the planning and evaluation stages of problem-solving, which are influenced by both internal and external factors. Effective strategies to improve problem-solving abilities include the use of the Realistic Mathematics Education (RME) model, concrete learning media, and personalized learning approaches by teachers. This study concludes that improving elementary school students' problem-solving abilities can be achieved through contextual learning strategies, engaging media, and adaptive teacher guidance.

 

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar untuk membentuk pola pikir kritis, logis, dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar secara komprehensif. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengikuti alur PRISMA. Data dikumpulkan dari artikel pada database Google Scholar yang diterbitkan antara tahun 2020-2025. Hasil kajian menunjukkan siswa cenderung mengalami kesulitan pada tahap perencanaan dan evaluasi pemecahan masalah yang dipengaruhi faktor internal maupun eksternal. Strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah meliputi penggunaan model Realistic Mathematics Education (RME), media konkret, serta pendekatan pembelajaran personal oleh guru. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar dapat dilakukan melalui penerapan strategi pembelajaran kontekstual, penggunaan media yang menarik, dan pendampingan guru yang adaptif.

Keywords

Kemampuan pemecahan masalah matematis, siswa sekolah dasar, Systematic Literature Review (SLR)

Full Text:

PDF

References

Aisyah, S., Syam, S. S., & Chandra, C. (2025). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Soal Cerita di Sekolah Dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 3(3), 44-52.

Amaliyah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Realisticmathematicseducation (Rme) Terhadap Kemampuanpemecahanmasalah Matematika. Jtiee, 4(2), 1–8.

Azizah, P., & Sugiharti, R. E. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Realistic Mathematics Education (RME) Di Sekolah Dasar: A Literature Review. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1).

Cahyanisam, C., Suâ, M., & Riswari, L. A. (2024). Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Karangbener. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 71-76.

Dewi, D. R., & Hakim, D. L. (2025). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 6(2), 69-77.

Fajriyah, Riyadi, A. R., & Fitriani, A. D. (2025). Hubungan Self-Efficacy Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Fase C Sekolah Dasar. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 42-53.

Hafriani, H. (2021). Mengembangkan kemampuan dasar matematika siswa berdasarkan NCTM melalui tugas terstruktur dengan menggunakan ICT. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63-80.

Halimah, N., Sutoyo, S., & Prihastari, E. B. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Di Sd Negeri Banyuanyar 3 Surakarta. Jurnal Sinektik, 4(1), 9-18.

Handayani, V., Hasan, N., Lutfia, F. N., Aulia, S. S., Zahra, F. N. A., Nurista, A. S., & Alindra, A. L. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Dividend and Divisor Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas VI. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 5(1), 134-147.

Hidayanti, E. N., Wardana, M. Y. S., & Artharina, F. P. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah polya pada siswa kelas III SD Negeri Muntung Temanggung. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 36-42.

Ituga, A. S. (2023). Self-Effıcacy, Self-Regulatıon Dan Self-Confıdence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1499-1509.

Kemdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034.

Muhalimah, A. P., Lestari, R., & Riswari, L. A. (2023). Analisis penalaran dan pemecahan masalah matematika terhadap siswa kelas iii pada bimbel teras belajar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 1-9.

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., ... & Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. bmj, 372.

Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. John Wiley & Sons.

Rahmawati, N. P., Ermawati, D., & Fardani, M. A. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III SD Berbantuan Pot Penjumlahan. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(01), 36-46.

Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98-104.

Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 53-64.

Suhada, I. I., & Rabbani, S. (2020). Pembelajaran model Realistic Mathematics Education (RME) pada kemampuan pemecahan masalah materi pecahan siswa kelas 3 SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(5), 252-258.

Sulhaliza, A., Ananta, A. F. Q., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Matematis Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Sinomwidodo 01. Jurnal Genta Mulia, 14(2).

Susanto, A. H., & Wulandari, M. D. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pemahaman Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 689-706.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.