EduTalkTube: Inovasi Media YouTube dalam Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VIII di SMP Darul Iman Pamekasan

Della Adelia, Mochmad Arifin, Sahrul Romadhon

Abstract

Digital media such as YouTube are increasingly being used in learning because they can present material in an engaging and contextual manner. This study aims to describe the use of YouTube in teaching speaking skills in eighth-grade students at Darul Iman Junior High School in Pamekasan. The approach used was descriptive qualitative with a case study method, through direct observation and interviews with the Indonesian language teacher and one student. The results showed that watching YouTube videos can increase students' self-confidence, expand vocabulary, and help them understand sentence structure and the content of spoken messages. However, teachers face challenges such as limited internet access, limited facilities, and difficulty in selecting appropriate content. With proper management, YouTube can be used as an effective and enjoyable learning tool to support students' speaking skills.

 

Media digital seperti YouTube semakin banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran karena mampu menyajikan materi secara menarik dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media YouTube dalam pembelajaran keterampilan berbicara di kelas VIII SMP Darul Iman Pamekasan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, melalui observasi langsung serta wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan satu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan video YouTube mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa, memperluas penguasaan kosakata, serta membantu memahami struktur kalimat dan isi pesan lisan. Meski demikian, guru menghadapi tantangan seperti keterbatasan akses internet, minimnya fasilitas, serta kesulitan dalam memilih konten yang sesuai. Dengan pengelolaan yang tepat, media YouTube dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam mendukung keterampilan berbicara siswa.

Keywords

Media YouTube, Keterampilan Berbicara,SMP, Studi Kualitatif, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika, 413.

Nasarudin, dkk. (2025). Pembelajaran dan Pengajaran. Sumatera Barat: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Robbia, A. Z., dkk. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnah Ilmiah Profesi Pendidikan , 118.

Suwarto, dkk. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 27.

Tarumasely, Y. (2024). Buku Ajar Strategi Pembelajaran. Jawa Timur: Academia Publication.

Akbar, J. S. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Didital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Andika, M. (2022). Peran Youtube sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kemampuan Speaking. Jurnal Educatio.

Chandra Juliani, N. R., & Ropiah, O. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Youtube Terhadap Kemampuan Menyimak Pembawa Acara. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1205.

fazilla, S., & Sari, D. D. (2022). Pengaruh Media YouTube terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Sekolah Dasar IT Bunayya Kota Lhokseumawe. Junal Teknologi Pendidikan, 23.

Hendar, dkk. (2022). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Tahsinia.

Karimaliana. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jawa Tengah: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Maulana, A. I. (2020). Pemanfaatan Media YouTube dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 6.

Mon Harahap, o. F., dkk. (2022). Media Pembelajaran Teori dan Perspektif Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Mukti, D. H. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Video YouTube di SMKN 1 Tanjung Palas. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Noveliti. (2023). Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Media Gambar dan YouTube. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Nurfarahana, E., dkk. (2024). Implementasi Media Sosial sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Teks Tanggapan Mengenai Buku Fiksi di SMP Negeri 4 Madiun. Sintaksis: Publikasi Para Ahli Bahasa dan Sastra Inggris. 104.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.