Pengembangan Media Pembelajaran POBISISTAR (Pop Up Book IPA Sistem Tata Surya) Untuk Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar
Abstract
The material about the solar system contains abstract ideas and cannot be witnessed directly; therefore, observation is needed to understand the processes that occur in the cosmos. The purpose of this study was to determine the feasibility and process of creating POBISISTAR (Solar System Pop-Up Science Book) teaching materials for sixth-grade elementary school students. The R&D approach created by Brog and Gall, which consists of the following stages: introduction, product design, product validation, and product trial, was used in this work. Data collection methods included student response questionnaires and questionnaire validation from media experts and material experts. The research findings showed that, according to validation from media experts and material experts, the POBISISTAR (Solar System Pop-Up Science Book) teaching materials for sixth-grade elementary school students were 80% and 78.67%, respectively. Ninety-five percent of students answered the questionnaire. According to the research findings, sixth-grade elementary school students can use POBISISTAR (Solar System Pop-Up Science Book) teaching resources.
Materi tentang tata surya mengandung gagasan yang abstrak dan tidak dapat disaksikan secara langsung; oleh karena itu, pengamatan diperlukan untuk memahami proses yang terjadi di kosmos. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan kelayakan dan proses pembuatan bahan ajar POBISISTAR (Pop Up Book IPA SistemTata Surya) untuk siswa kelas enam sekolah dasar. Pendekatan R&D yang dibuat oleh Brog dan Gall, yang terdiri dari tahapan-tahapan berikut: pendahuluan, desain produk, validasi produk, dan uji coba produk, digunakan dalam karya ini. Metode pengumpulan data meliputi angket respons siswa dan validasi angket dari ahli media dan ahli materi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, menurut validasi dari ahli media dan ahli materi, bahan ajar POBISISTAR (Pop Up Book IPA SistemTata Surya) untuk siswa kelas enam sekolah dasar masing-masing adalah 80% dan 78,67%. Sembilan puluh lima persen siswa menjawab angket. Menurut temuan penelitian, siswa kelas VI sekolah dasar dapat menggunakan sumber ajar POBISISTAR (Pop Up Book IPA SistemTata Surya).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, F., Fakhruddin, Trimurtini, & Khasanah, K. (2018). THE DEVELOPMENT OF POP-UP BOOK MEDIA TO IMPROVE 4th GRADE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES OF CIVIC EDUCATION. Asia Pacific Journal of Contemporary Education and Communication Technology, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.25275/apjcectv4i1edu5
Aida, N. (2023). Desain Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Tata Surya di SMP / MTs Nirwana Harahap Juniar Afrida. Journal Education and Social Science, 1(1), 14–28.
Amelia, R., Disurya, R., & Imansyah, F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. 06(02), 11570–11577.
Anggraini, R. H. (2018). Implementasi Klasifikasi Media dalam Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1(1), 221.
Arifin, A. (2016). SERI IPA BACAAN UNTUK ANAK (MENGENAL TATA SURYA). PT Graha Bandung Kencana.
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran/Azhar Arsyad (A. Rahman (ed.)). Raja Grafindo Persada.
Aryandi, W. A. (2016). Menjelajah Alam Semesta. PT SARANA PANCA KARYA NUSA.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100
Depdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.
Dewanti, H., Toenlioe, J. E. A., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–224.
Dzuanda, B. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop–Up Tokoh–Tokoh Wayang Seri “Gatotkaca”(Tugas Akhir). Institut Teknologi Sepuluh November. https://scholar.google.com/scholar?q=related:ocxjuXDHqEcJ:scholar.google.com/&scioq=intitle:perancangan+intitle:buku+intitle:cerita+intitle:anak&hl=en&as_sdt=2007&as_ylo=2010&as_yhi=2011
Eka, D., Agustin, N., Gresik, U. M., Subayani, N. W., Gresik, U. M., Malang, G., & Timur, J. (2024). Pengembangan Media Pobosita ( Pop Up Book Sistem Tata Surya ) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI MI YKUI Sambogunung. 2(1).
Febrianto, M., Setiadarma, F., & Ariyanto, W. (2014). Penerapan Media dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sedayu Gresik. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(3).
Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id
Hapsari, E. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21366
Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sdn 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495
Khoirotun, A., Fianto, A. Y. A., & Riqqoh, A. K. (2014). Perancangan buku pop-up museum Sangiran sebagai media pembelajaran tentang peninggalan sejarah. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1), 134–141. http://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/385
Kinanthi, G., & Winanto, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 6594–6606. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5553%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/5553/3973
Kusuma, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Kubus dan Balok Untuk Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 7–24.
Lestari, W. D., Yuhanna, W. L., & Lukitasari, M. (2020). Pengembangan Media Bio Pop-Up Book Terintegrasi Science, Environment, Technology, And Society (SETS) Pada Pembelajaran Biologi Materi Daur Biogeokimia. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 130. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7442
Lindasari, E., Masnun, M., & Laily, I. F. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Tematik Tema Ekosistem pada Siswa Usia Kelas V di Desa Kalimeang Kabupaten Cirebon Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 02(01), 34–49. http://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/view/27/26
Love, C., Stamps, C., Lock, D., & Morgan, B. (2015). ENSIKLOPEDIA BAGUS untuk ANAK. PT Lentera Abadi.
Mardiyah, H. (2016). Menyelidiki Matahari. PT Musi Prakasa Utama.
Masturah, E. D., Putu, L., Mahadewi, P., & Simamora, A. H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR Setiap warga negara Indonesia. 6, 212–221.
Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Pokok Kenampakan Permukaan Bumi pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 1 Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 30–41. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723
Nisaa, khoirun F., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air Fitriana. 1(2), 89–97.
Oktiana, R. P., & Sari, F. P. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Desa Bener Kecamatan Majenang. Social,
Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 279. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.55212
Prihartini, K., & Nisa, A. F. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN RANTAI MAKANAN DI KELAS 5 (PEMBELAJARAN IPA). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2(2), 642–658.
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 4-6–43. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1797
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135
Septian, D. B., Nugraha, A. W., & Pd, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATERI MENDISKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI PADA PEMBELAJARAN IPA ( Studi Pada Siswa Kelas III Di SDN 1-2 Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017 / 2018 .
Sholihat, D., & Anwar, A. (2023). Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Perspektif Islam Dan Barat. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 667–668. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v21i2.631
Sinta, & Syofyan, H. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Ipa Di Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 248–265. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18939
Smith, M., Taylor, C., & Baker, J. (2015). ENSIKLOPEDIA IPTEK (ENSIKLOPEDIA SAINS UNTUK PELAJARAN DAN UMUM). Lentera Abadi.
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24196
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Sylvia, I. N., & Hariani, S. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Ulviah, L. (2023). Studi Literatur Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. 6(3), 589–595. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857
Refbacks
- There are currently no refbacks.