Studi Literatur: Model Kooperatif tipe Make a Match Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar

Belia Elga Saputri, Dewi Indrapangastuti

Abstract

Interest skills and learning outcomes are very important to improve the academic success of elementary school students. The purpose of this study is to analyze the application of the Make a Match Model with the support of multimedia in increasing student interest and learning outcomes. The method used is a literature review study by collecting reference sources from relevant scientific research articles indexed in Google Scholar in the 2019-2025 period. The results of the study show that the application of the Make a Match model assisted by multimedia provides a responsive and enjoyable learning process, so that it can significantly increase students' interest in learning. This increase in interest has a good impact on student learning outcomes which also experience significant progress. The multimedia used is picture cards, and flipbooks that support the cooperative learning process. Thus, the integration of the Make a Match type cooperative learning model with multimedia is an effective and relevant approach to improving the interest and learning outcomes of elementary school students.

 

Keterampilan minat dan hasil belajar sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan akademik siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis penerapan Model Make a Match dengan dukungan multimedia dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah studi kajian literatur dengan pengumpulan sumber referensi dari artikel penelitian ilmiah yang relevan dan terindeks di Google Scholar pada rentang tahun 2019-2025. Hasil kajian memperlihatkan bahwa penerapan model Make a Match berbantuan multimedia memberikan proses pembelajaran yang responsif dan menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Peningkatan minat ini berdampak baik terhadap hasil belajar siswa yang juga mengalami kemajuan secara signifikan. Multimedia yang digunakan adalah kartu bergambar, dan flipbook yang mendukung proses pembelajaran kooperatif. Dengan demikian, integrasi model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan multimedia menjadi pendekatan yang efektif dan relevan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Keywords

Make a Match, multimedia, minat belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References

Firmansyah, D., Alfaidah, H., Dewi, K., Mustaniroh, L., & Syifa, N. A. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 9-9.

Ghasya, D. A. V., Johan, G. M., & Kasmini, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Literasi Informasi Berdasarkan Standar ACRL melalui Pemanfaatan Multimedia bagi Guru Sekolah Dasar. Visipena, 9(2), 374-384.

Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152-163.

Kencono, M. R., & Harjono, N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1190-1197. Putra, A. (2020). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 123-134.

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 449634. Rahman, A., Sari, M., & Dewi, L. (2025). Penerapan model Make a Match berbasis media kartu bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 33-44.

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Hidayah, N., Nur‘Aeni, S., Cahyani, E. D., Hidayah, S. N., Safila, D. M., Fadhilah, S., ... & Nurahmawati, I. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Ips Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyatul Ilmu: Jurnal Kajian Pendidikan, 3(2), 78-90.

Meilani, D., & Aiman, U. (2021). Penerapan model pembelajaran make a match berbasis 4c berbantuan media kartu bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4146-4151.

Ningrum, S. S., & Nugraheni, N. (2025). Peningkatan hasil belajar IPAS pada materi keragaman budaya nasional melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 8(1), 134-142.

Rahmawati, T., Djono, D., & Pelu, M. (2019). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar. Candi: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 19(2), 100-118

Salim, M. (2024). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Pada Proses Pembelajaran (Studi Literature Review). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2342-2347.

Adawiyah, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa Melalui Kompetensi Profesional Dosen dan Minat Belajar Mahasiswa. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 131-148.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 42-46.

Khoirina, A., & Adriyani, Z. (2024). Inovasi Pembelajaran Era Digital: Pengembangan Teknologi Augmented Reality di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 31-42.

Lehan, A. A. D., Sampe, M., Lala, S. G. U., & Mooy, R. P. (2023). Efektivitas Media Flipbook Berbasis Model Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V: Efektivitas Media Flipbook Berbasis Model Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(1), 117-123.

Wiranti, D., & Putri, H. S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Flipbook Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 2 Di SD Bopkri 3 Bondo. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2554-2564.

Wahyuningtiyas, K. P., & Bachri, S. (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 141-149.

Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298-305.

Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.

Putri, A. A., & Ardi, A. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik. Jurnal edutech undiksha, 9(1), 1-7.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.