Ankafiks: Inovasi Media Pembelajaran Digital Berbasis Video Animasi dalam Menulis Karya Fiksi pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Larangan Pamekasan
Abstract
This research is motivated by the low interest and skills in writing fictional works of grade VIII students of SMPN 1 Larangan Pamekasan due to the use of less interesting and conventional learning media. This study aims to describe the innovation of animated video-based learning media called Ankafiks (Animated Fiction Works) in improving students' ability to write fictional works. The approach used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation and interviews. The results of the study showed that the use of Ankafiks media increased students' enthusiasm for learning, made it easier to understand the structure and elements of fictional works, and encouraged students' creativity in writing short stories. This media also received positive responses from teachers and students regarding content, visual appearance, and ease of use. Thus, Ankafiks is worthy of being an alternative innovative digital learning media in improving fiction writing skills in junior high school students.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keterampilan menulis karya fiksi siswa kelas VIII SMPN 1 Larangan Pamekasan akibat penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi media pembelajaran berbasis video animasi bernama Ankafiks (Animasi Karya Fiksi) dalam meningkatkan kemampuan menulis karya fiksi siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Ankafiks meningkatkan antusiasme belajar siswa, mempermudah pemahaman struktur serta unsur karya fiksi, dan mendorong kreativitas siswa dalam menulis cerita pendek. Media ini juga mendapat tanggapan positif dari guru dan siswa terkait isi, tampilan visual, serta kemudahan penggunaan. Dengan demikian, Ankafiks layak dijadikan alternatif media pembelajaran digital yang inovatif dalam meningkatkan keterampilan menulis karya fiksi pada siswa SMP.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. (2020). "Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar ". Vol.3, No.1. Palembang: PERNIK Jurnal PAUD.
Anggito, Albi & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Atmojo, Eko Rujito Dwi. (2020). "Pengembangan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar". Vol. 1, No. 3. Yogyakarta: Jurnal Abdidas.
Bawamenewi, Arozatulo_________. (2024). Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.
Daniyati, Ani_________. (2023). "Konsep Dasar Media Pembelajaran". Vol.1, No.1. Purwakarta: Journal of Student Research (JSR).
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Maraya, Priskilia Ratu_________. (2022)."Pengaruh Media Animasi dan Video dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP Katolik Rajawali Makassar". Vol. 18, No. 1. Makassar: Fon Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
M.S., Shienny. (2020). Buku Ajar Konsep Desain dan Ilustrasi (Ilustrasi Sebagai Elemen Desain Dalam Karya Fiksi). Surabaya: Penerbit Universitas Ciputra.
Muin, Hajrawati_________. (2023). "Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Teks Cerita Rakyat". Vol.1, No.2. Makassar: Indonesian Languange Teaching & Literature.
Pasaribu, Oktavia Lestari. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Medan: Umsu Press.
Prasetyo, Bismo & Imam Baehaqie. (2017). "Pengembangan Media Video Animasi Untuk Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi". Vol.6, No.2. Semarang: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Prastika, Dita Ajeng. (2023). "Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar IPA Kelas IV MIM Hadimulyo Metro". Lampung.
Prawesti, Larasati Nur Indah_________. (2019). Media Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.
Prayani, Ni Made Cici_________. (2022). "Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigation dengan Bantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Tembuku". Buleleng: Journal Undiksha.
Rahayu, Putri. (2024). "Pengaruh Penggunaan Video Animasi Cerita Rakyat Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Karya Fiksi pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi". Jambi: Diss. Universitas Jambi.
Rahmatiah. (2024). "Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Video Animasi Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Fiksi Peserta Didik". Vol. 2, No. 4. Makassar: BLAZE Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan.
Syavitri, Suci. (2024). "Penggunaan Model Project Based Learning berbantuan Media Animasi Harimau Pemakan Durian pada Kemampuan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tanjung Jabung Timur". Jambi: Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP.
Refbacks
- There are currently no refbacks.