Penggunaan Metode Tartil Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas X SMK Ma’arif 4 Kebumen
Abstract
This research is based on the problem of class X students of SMK Ma'arif 4 Kebumen still having difficulty reading the Qur'an properly and correctly, especially in the aspects of tajwid, makharijul huruf, and fluency. The purpose of this research is to apply the tartil method in improving the ability to read the Qur'an. This research is a PTK research consisting of 2 cycles. Each cycle consists of 2 meetings. Data collection techniques use tests, observations, interviews, and documentation. Data analysis techniques use the Miles, Huberman and Saldana model which consists of the stages of data condensation, data presentation, and data verification. The results of the study show an increase in the ability to read the Qur'an from cycle I to cycle II. In cycle I, reading completeness increased from 53.33% in the first meeting to 73.33% in the second meeting. In cycle II, the results increased again to 83.33% in the third meeting and reached 86.66% in the fourth meeting. Based on the improvements that occurred, it can be concluded that the Tartil method is effective in improving the ability to read the Qur'an slowly, clearly, fluently, and in accordance with the rules of tajwid.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan siswa kelas X SMK Ma’arif 4 Kebumen masih mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, terutama dalam aspek tajwid, makharijul huruf, dan kelancaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menerapkan metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengambilan data menggunakan test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, ketuntasan membaca meningkatk dari 53,33% di pertemuan pertama menjadi 73,33% di pertemuan kedua. Pada siklus II, hasil meningkat lagi menjadi 83,33% dipertemuan ketiga dan mencapai 86,66% dipertemuan keempat. Berdasarkan peningkatan yang terjadi dapat disimpulkan bahwa metode Tartil efektif dalam meningkatakan kemampuan membaca Al-Qur’an secara pelan, jelas, lancar, dan sesuai dengan kaidah tajwid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Abrasyi. (2003). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang
Al-Hasani, N., Diana, R. A. (2022). Pengabdian Masyarakat: Penerapan Metode at-tartil untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an di TPQ Darussalam Kecamatan Krian, Sidoarjo. Jurnal Al-Tatwir. Vol. 9. No. 2
Apriliani, T., Hilmi, dkk. (2024), Penerapan Metode Inside Outside Circle (IOC) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Plus Nurul Ihsan Muktisari Kebumen. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 3. No. 3
Fauziah, Hafsah dan Alicia Febriyanti. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Ummi terhadap Tartil Al-Qur'an Siswa SDIT Al-Ikhlas Samarang Garut. Jurnal masagi. Vol. 02 No. 01
Hayatun, Syifa Nupus. Dkk., (2024). Pengaruh Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan membaca Al'Qur'an sesuai Kaidah Tajwid di Ponpes Talimul Qur'an Tsani. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam. Vol. 23. No. 1
Lahuddin, Anas. (2023). Penggunaan At-Tartil Dalam Pembelajaran Al-Qur'an. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI. Vol. 11. No. 1
Mujahiddin, Anas dan Muhamad Annas. (2023). Konsep Tartil dan Pengaruh Penerapannya dalam Membaca Al-Qur’an. Ulumul Qur'an: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Vol. 3. No. 2
Rahim, Abdul. dkk. (2023). Implementasi Kemampuan Membaca Al-Qur'an dengan Penerapan Metode Tartil pada siswa kelas V di MIN 1 Baubau. Jurnal Wawasan Sarjana. Vol. 2 No. 1
Sofia, D. T., Irmina P. dkk. (2024), Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Tahir, Rusdin. Dkk., (2023). Metodologi Penelitian: Teori, masalah, kebijakan. PT. Publishing Indonesia: Jambi.
Tilaar. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Untung, Khoiruddin. (2020). Pembelajaran Metode At-Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 1, Issue 3.
Wenni, O., Arman H., dkk. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Tartil Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di Mtsn 04 Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 5. No. 4
Yusta, Andi, A. (2025). Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an Nuruliman Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. al-manar: Jurnal Ilmiah (Pengkajian Pendidikan, Hukum, dan Kemasyarakatan). Vol. 1. No. 2
Zeki, Hendra Y. (2020). Penerapan Metode Attartil dalam Meningkatkan Membaca Al-Qur'an Santri di Yayasan Membaca Al-Qur'an Attartil Sidoarjo Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Tematik. Vol. 5(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.



