Faktor Kognitif dan Non-kognitif pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR)
Abstract
Mathematical reasoning skills are important for students because they play a role in helping them solve problems and think logically. The purpose of this study is to systematically review the literature on the importance of mathematical reasoning skills in elementary schools. This study, using the Systematic Literature Review (SLR) method, analyzes articles published between 2023 and 2024 from the Google Scholar database. The findings show that students’ mathematical reasoning skills are influenced not only by cognitive factors but are also closely related to non-cognitive aspects such as students’ attitudes toward mathematics (mathematical disposition), self-efficacy, and learning discipline. Therefore, it is important for teachers to apply student-centered learning approaches that go beyond verbal instruction and provide opportunities for idea exploration, collaborative problem-solving, and reflection on students' thinking processes.
Kemampuan penalaran matematis penting untuk dimiliki oleh siswa karena berperan dalam membantu menyelesaikan masalah dan berpikir logis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur secara sistematis mengenai pentingnya kemampuan penalaran matematika di sekolah dasar. Penelitian dengan metode Systematic Literature Review (SLR) ini menganalisis artikel-artikel yang diterbitkan pada tahun 2023-2024 menggunakan database Google Scholar. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor kognitif saja, tetapi juga berkaitan erat dengan aspek non-kognitif seperti sikap siswa terhadap matematika (disposisi matematis), efikasi diri, serta kedisiplinan dalam belajar. Dengan demikian, penting untuk guru menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang tidak hanya menyampaikan materi secara verbal, tetapi juga memberi ruang untuk eksplorasi ide, pemecahan masalah secara kolaboratif, serta refleksi terhadap proses berpikir yang dilakukan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzahra, Q. N. (2023). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MA Ma'arif 9 Kotagajah (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Buulolo, D. S., dkk. (2024). Pengaruh Efikasi Diri dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4581-4591.
Dewi, M. P., & Ansori, Y. Z. (2023). Penerapan model problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24-29.
Gulo, P. S., dkk. (2024). Pengaruh Efikasi Diri dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4869-4878.
Hanifah, N., Ramadhan, M. G., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kpk dan Fpb. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 23-32.
Hardyani, R. F., Muniri, M., & Sutopo, S. (2023). Penalaran Matematis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Independent. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 112-120.
Hasanah, U. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Research and Service Studies, 1(1), 66-70.
Kusumawardani, L., Berliana, S., & Ardana, L. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Pecahan Peserta Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 152-161.
Norlita, D. (2023). Systematic Literature Review (SLR) 2(1).
Polem, R. P. R., Ziliwu, E., Ziliwu, E., Zebua, S. A. H., Ndraha, F. Y. P., Gea, B. D., ... & Harefa, E. (2024). Hubungan Efikasi Diri dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4600-4607.
Puteri, S. N., Farhurohman, O., & Arofah, S. (2024) PEMANFAATAN MEDIA SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIS SISWA SD.
Riswari, L. A., Ramdani, S., & Laili, M. K. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VI Dalam Memecahkan Pertanyaan Matematika. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 33-45.
Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 235-244.
Rusma, E. (2024). HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN DATAR. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1291-1302.
Sibuea, S. A., & Siregar, L. N. K. (2024). Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2963-2976.
Veri, J. (2025). Peran Pemerintah Dalam Membangun Jiwa Wirausaha Masyarakat: Systematic Literature Review Berdasarkan Metodologi PRISMA. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 15(2), 404-410.
Wijaya, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Representasi Siswa melalui Pembelajaran Pendekatan Open Ended. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 2(1), 12-29.
Wulandari, T., & Machromah, I. U. (2024). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Cendekia, 689-700.
Yuliany, N., Halimah, A., & Thalhah, S. Z. (2023). Analisis Soal dalam Buku Teks Matematika Kelas VIII Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Dimensi Kognitif TIMSS 2019. Alauddin Journal of Mathematics Education, 5(1), 47-58.
Refbacks
- There are currently no refbacks.