Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka

Atika Dwi Evitasari, Siwi Utaminingtyas, Defi Aldila Indahswari

Abstract

As professionals, teachers play a central role in designing, implementing, and assessing learning processes to ensure optimal success. The purpose of this study was to analyze teacher readiness for the Independent Curriculum (IPS) science learning in fourth-grade classes at MI Muhammadiyah Grubug. Data collection techniques used included interviews, observation, and documentation. The results indicate that the implementation of IPS learning in fourth-grade classes at MI Muhammadiyah Grubug only met several criteria for teacher cognitive and financial readiness, as evidenced by the development of teaching materials, the use of learning resources, and the learning process and assessment. This is evident in the lack of independent implementation of teaching materials and the limitations of several learning processes, such as the suboptimal implementation of differentiated learning. Therefore, teacher readiness and the IPS learning process still require improvement in terms of teacher competency development and learning support, particularly access to the Merdeka Mengajar Platform.

Sebagai tenaga professional, guru memiliki peran sentral dalam mendesain, mengimplementasikan, dan menilai jalannya pembelajaran agar berlangsung secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesiapan guru dalam pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di kelas IV MI Muhammadiyah Grubug. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran IPAS di kelas IV MI Muhammadiyah Grubug baru memenuhi beberapa kriteria kesiapan kognitif guru dan kesiapan finansial yakni dapat dilihat dari penyusunan perangkat ajar, pemanfaatan sumber belajar serta proses dan penilaian pembelajaran. Terlihat dari penyusunan perangkat ajar yang belum dilaksanakan secara mandiri, dan beberapa proses pembelajaran yang masih terbatas, seperti belum optimalnya pembelajaran berdiferensiasi. Untuk itu, kesiapan guru dan proses pembelajaran IPAS masih memerlukan peningkatan dari segi pembekalan kompetensi guru dan dukungan fasilitas pembelajaran terutama memiliki akses Platform Merdeka Mengajar.

Keywords

Kesiapan guru, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS, Metode Kualitatif

Full Text:

PDF

References

Agustina, M. (2018). Peran laboratorium ilmu pengetahuan alam (IPA) dalam pembelajaran IPA madrasah ibtidaiyah (MI) / sekolah dasar (SD). AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 10(1), 1–10. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110

Ahyar, D. B., Tuerah, P. R., Irani, U., Subroto, D. E., Masita, E., Gultom, E., Asmara, A., Akbar, M. N., Evitasari, A. D., Ariyani, D., Rahman, M. A., Larekeng, S. H., Yumelking, M., Purnomo, D., Wedayanthi, L. M. D., Aghata, F., & Adika, D. (2023). Desain Sistem Pembelajaran. PT. Mifandi Mandiri Digital: Sumatera Utara.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum merdeka: Pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Dua, M. R., & Rawin, S. C. (2024). Analisis kesulitan guru mengimplementasikan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS di SD inpres baomekot. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 243–250. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22764

Ekicia, M., & Erdem, M. (2020). Developing science process skills through mobile scientific inquiry. Thinking Skills and Creativity, 36, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100658

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1–9. https://doi.org/DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.11013.

Evitasari, A. D., Musyadad, F., & Sholihah, F. (2021). Kesesuaian RPP Tematik Integratif Dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019. JIPD Jurnal Ilmiah “endidikan Dasar, 8(1), 18–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/pendas.10.1.1-11

Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686

Guerriero, S. (2017). Teachers’ pedagogical knowledge: What it is and how it functions. OECD ILibrary. https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/9789264270695-6-en.pdf?expires=1731782105&id=id&accname=guest&checksum=FD0A621A567E6B708C95E1C806D77AC0

Hall, S., & Liebenberg, L. (2024). Qualitative description as an introductory method to qualitative research for master’s-level students and research trainees. International Journal of Qualitative Methods, 23, 1–5. https://doi.org/10.1177/16094069241242264

Hodson, D. (2003). Teaching and learning science: towards a personalized app. Open University Press.

Indriani, S. M., & Marno. (2024). Dampak perubahan kebijakan kurikulum terhdap Guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 539–549. https://doi.org/10.31004/edukatif.v61l.6379

Kemendikbudristek. (2022a). Platform Merdeka Mengajar Dukung Guru Terapkan Kurikulum Merdeka. BSKAP Kemdikbud. https://bskap.kemdikbud.go.id/berita-detail/79

Kemendikbudristek. (2022b). Tentang Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Tentang-Kurikulum-Merdeka

Kivunja, C., & Kuyini, A. B. (2017). Understanding and applying research paradigms in educational contexts. International Journal of Higher Education, 6(5), 26–41. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n5p26

Mulyani, N. S. R. D., Rahmawati, E., Astuti, A. D., Ibrahim, Y. A., Utaminingtyas, S., & Evitasari, A. . (2024). Edukasi motivasi belajar dalam keragaman budaya dengan menggunakan media powtoon. Intan Cendekia (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.47165/intancendekia.v5i1.527

Noble, H., & Heale, R. (2019). Triangulation in research, with examples. Evid Based Nurs, 22(3), 67–68. https://doi.org/10.1136/ebnurs-2019-103145

Nopriyeni, Prasetyo, Z. K., & Djukri. (2019). The implementation of mentoring based learning to improve pedagogical knowledge of prospective teachers. International Journal of Instruction, 12(3), 529–540. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12332a

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Edisi Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek.

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di sekolah dasar. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(2), 96–105. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/501/399

Peterson, J. S. (2019). Presenting a qualitative study: A reviewer’s perspective. Gifted Child Quarterly, 63(3), 147–158. https://doi.org/10.1177/0016986219844789

Rahmi, A., Handriadi, Fatimah, Zeky, S., & Mulya, R. (2024). Kontribusi kelompok kerja guru (KKG) terhadap kompetensi pedagogik guru di sdn kuranji padang. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 7(1), 10.31869/jkpu.v7i1.5448.

Rosyida, N., Evitasari, A. D., & Utaminingtyas, S. (2023). Elevating science education: Igniting learning through mindmappingand collaborative strategies. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 2(03), 127–140. https://doi.org/10.56741/ijlree.v2i03.405

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis problematika implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2017). Pengembangan instrumen penilaian sikap ilmiah sains siswa sekolah dasar (sd) berbasis pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 3(2), 99–105. https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i2.111

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D. Alfabeta.

Sumartina, T., & Antony, R. (2024). Pengalaman guru menerapkan pembelajaran diferensiasi berbasis gaya belajar di sd katolik wijana sejati mojokerto. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1077–1089. https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.585

Wahyudi, R., Santosa, S., & Sumaryati, S. (2013). Pengaruh kesiapan guru mengajar dan lingkungan belajar terhadap efektivitas pembelajaran di smk kristen 1 surakarta. JUPE UNS, 2(2), 37–48. https://www.neliti.com/publications/13535/pengaruh-kesiapan-guru-mengajar-dan-lingkungan-belajar-terhadap-efektivitas-pemb

Wilinny, Halim, C., Sutarno, Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis komunikasi di pt. Asuransi buana independent medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 1–10.

Williams, J. P. (2008). Nonparticipant observation. In L. M. Given (Ed.), Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods (pp. 561–562). https://www.researchgate.net/publication/265280500_Nonparticipant_observation

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2019). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yasmin, A. F., & Maulidina, A. (2023). Inovasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di indonesia. JURNAL PENA KARAKTER: Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 05(01), 27–31. https://doi.org/10.62426/jpk.v5i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.