Upaya Peningkatan Kemampuan Menggambar dan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model PjBL pada Mata Pelajaran Seni Rupa di SD Negeri 2 Simbang

Asri Pramudita Witriyaningtyas, Lia Mareza, Okto Wijayanti

Abstract

This study was motivated by the low drawing skills of students in art education. The aim was to improve the drawing skills and creative thinking skills of second-grade students at SD Negeri 2 Simbang through the Project-Based Learning (PjBL) model. This classroom action research (PTK) was conducted in two cycles with second-grade students as the subjects. Data collection techniques included observing teacher and student activities, as well as assessing drawing skills and creative thinking skills. The results showed an increase in engagement and learning quality, with teacher observation percentages rising from 70.3% to 92%, and student observation percentages from 52% to 85.4%. Drawing ability improved from 53% to 86%, and creative thinking skills from 59.5% to 86.5%. It was concluded that the PjBL model can enhance students' drawing ability and creative thinking skills.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menggambar siswa dalam pembelajaran seni rupa. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan menggambar dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas II SD Negeri 2 Simbang melalui model Project Based Learning (PjBL). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas II. Teknik pengumpulan data meliputiobservasi aktivitas guru dan siswa serta penilaian kemampuan menggambar dan keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlibatan dan kualitas pembelajaran dengan presentase observasi guru meningkat dari 70,3% menjadi 92%, observasi siswa dari 52% menjadi 85,4%. Kemampuan menggambar meningkat dari 53% menjadi 86%, dan keterampilan berpikir kreatif dari 59,5% menjadi 86,5%. Disimpulkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan kemampuan menggambar dan berpikir kreatif siswa. 

Keywords

Project Based Learning, kemampuan menggambar, keterampilan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan (2end ed). PT. Bumi Aksara.

Anggriani, R., Nabila, R., Saputra, R., Rizqa, A., Hartina, S., Rahmaniah, R., & Mulianto, A. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas 4 Sdn 9 Ampenan Melalui Penerapan Model Project Based Learning Pembuatan Celengan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Aryani, Z., & Lubis, M. (2022). Pameran sebagai Ajang Mengembangkan Kreatifitas Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pembelajaran Seni Rupa & Kerajinan.

Azhari, M. D., & Mutmainah, S. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning Pada Materi Seni Rupa 2 Dimensi Kelas X Di Smk Dharma Wanita Gresik. In Jurnal Seni Rupa (Vol. 12, Issue 2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jurnalsenirupa

Dahri, Nuraeni. 2021. Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model Pembelajaran Abad 21. Padang. CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH.

Fiqhi, A. S. R., Pambudi, D. S., & Hadi, A. F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pbl Berbasis Outdoor Learning Mathematics Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 123. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6442

Gladish, N., Ariyani, D., Wulandari, T., Kurniawan, Y., & Wahyuni, E. (2024). Seni Rupa Sebagai Pengembangan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar. In Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu (Vol. 8, Issue 11).

Hamsar, I., Qur’ani, B., Ft, J., & Makassar, U. N. (2024). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Siswa Kelas X Smpn 1 Galesong Utara.

Hidajat, Flavia Aurelia. 2022. Buku Ajar Pengembangan Berpikir Tingkat Tinggi dan Berpikir Kreatif Matematis. Pekalongan. PT. Nasya Expanding Management (Penerbit NEM – Anggota IKAPI).

Kurniawati, D., Rizki Akbar, M., Ayu Pratiwi, D., Annisa Syawaluna, D., Adelya Putri, T., & Aulia, N. (2024). Langkah Menuju Merdeka: Pencapaian dan Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sungai Miai 11. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.355

Lestari, S., & Yuwono, A. G. (2022). Choaching Untuk Meningkatkan kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jawa Timur: Kun Fayakun.

Lubis, R., Syahril Harahap, M., Lala Hayati Hasibuan, Y., Siregar, R., Hastini Nasution, F., Mipa, F., & Pendidikan Tapanuli Selatan, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack (Technological Pedagogical And Content Knowledge) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di Smp Negeri 1 Marancar. In Mathematics Education Journal) MathEdu (Vol. 7, Issue 2). http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Made, N., Kusadi, R., Sriartha2, P., & Kertih3, W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. TSCJ, 3(1).

Manjilah, E. L., Zuhrotul Isnaini, Intan Kumala Sari, & Wanda Dwi Nastiti. (2023). Analisis Kreativitas Peserta Didik Kelas 4 SD Dalam Pembelajaran Menggambar Perspektif. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 291–300. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.530

Mareza, L., Mustadi, A., Dewi, D. S. E., Mumpuniarti, M., & Suwarjo, S. (2024). Arts Education for Children with Disabilities: A Systematic Literature Review. Center for Educational Policy Studies Journal. https://doi.org/10.26529/cepsj.1667

Morimoto, K. (2024). Talking about Art: Art, embodied meaning, and education. http://pubs.lib.uiowa.edu/mzwp/

Pebrianty, R. D., & Pamungkas, J. (2023). Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 536–547. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3696

Putri, Y. S., & Alberida, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Pariaman. BIODIK, 8(2), 112–117. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17356

Putrianingsih, sri, & Agustina. (2025). Ketrampilan Seni Rupa Dua Dimensi (2d) Membuat Kolase Dari Biji-Bijian Untuk Anak Sd. https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/JIK-PKM/article/view/1207/416

Ridho, M. A., Oktavia, D., Prameisthi, D. A., & Astuti, D. D. (2024). Analisis Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa Anyaman Kain Flanel. Humaniora Dan Seni (JISHS), 02(02), 118–123. http://jurnal.minartis.com/index.php/jishs

Salma, R., Fajrie, N., & Khamdun, K. (2022). Kemampuan Kognitif dalam Karya Gambar Tema Budaya Lokal Kudus pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8005–8017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3234

Setyorini, E. A., Worowirastri Ekowati, D., & Febriyanti, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Mata Pelajaran Seni Rupa Melalui Kolase Mix Media. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.

Umirta, T., Arni, Y., Apriani, D. R., Diningrum, A., & Sinurat, R. (2024). Media Video Seni Budaya: Materi Seni Rupa Dua dan Tiga Dimensi Kelas II SDN 05 Pemulutan (Vol. 4).

Wijayanto, W., Awaliyatul Hikmah, F., & Wardani Karina. (2025). Menggali Kreativitas dan Imajinasi Anak Melalui Pembelajaran Seni Rupa Dengan Pendekatan Terintegrasi. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-Ann, 12 No. 1(Vol. 12 No. 1 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)).

Yulia, I., & Mareza, L. (2024). Peran Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya di Sd Muhammadiyah Purwokerto.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.