Tinjauan Pustaka: Peran Permainan Ranjau Sepatu dalam Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa SD
Abstract
Collaboration is a crucial 21st-century skill that should be nurtured from an early age. Traditional instructional methods often lack opportunities to develop students’ collaborative competencies effectively. Therefore, innovative and engaging strategies are needed to foster positive social interaction and support character education in elementary schools. This literature review explores the potential of the "Ranjau Sepatu" game as a pedagogical strategy to enhance students’ collaborative skills. As an active and cooperative learning activity, the game offers a contextual and enjoyable experience that promotes trust, communication, and joint problem-solving. The review synthesizes findings from several national journal articles discussing theoretical foundations and practical applications of similar educational games. The results indicate that the "Ranjau Sepatu" game can be an effective approach to instilling values of collaboration in elementary education.
Kerja sama adalah keterampilan abad ke-21 yang penting ditanamkan sejak dini. Pembelajaran konvensional kurang mendukung pengembangan kolaborasi siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran inovatif dan menyenangkan yang mendorong interaksi sosial positif dan memperkuat pendidikan karakter di sekolah dasar. Tinjauan pustaka ini bertujuan untuk menganalisis peran permainan Ranjau Sepatu sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kerjasama siswa sekolah dasar. Kemampuan bekerjasama merupakan kompetensi sosial yang penting dikembangkan sejak dini. Permainan Ranjau Sepatu sebagai bentuk pembelajaran aktif dan kolaboratif memberikan pengalaman kontekstual yang menyenangkan serta mendorong kepercayaan, komunikasi, dan penyelesaian masalah secara bersama. Kajian ini mengulas beberapa artikel jurnal nasional yang menjelaskan landasan teori dan praktik penggunaan permainan edukatif serupa. Kajian ini menyimpulkan bahwa permainan Ranjau Sepatu dapat menjadi strategi yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai kerjasama dalam pendidikan dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauziah, A., & Ningsih, S. (2020). Implementasi model pembelajaran inklusif dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Pendidikan Inklusi Indonesia, 3(1), 45–56.
Hidayat, T., & Wulandari, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan kerja sama siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 35–42.
Iskandar, S., & Dini, N. A. (2019). Pembelajaran kooperatif dan perkembangan sosial siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(3), 211–218.
Labibah, K., & Marsofiyati, M. (2025). Dampak Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif terhadap Keterampilan Sosial Siswa: Studi Pustaka. Journal of Student Research, 3(1), 181-190.
Maharani, A. M., Andari, N. Z., & Suriani, A. (2025). Strategi Pembelajaran Kolaboratif SD Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterlibatan Siswa. Journal Innovation In Education, 3(2), 140-144.
Mulyani, S., & Suryani, L. (2019). Penggunaan permainan edukatif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 88–94.
Nugroho, A., & Lestari, E. (2020). Implementasi permainan edukatif dalam pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 56–65.
Putri, I. S., Solih, S., & Handoyo, A. W. (2019). Efektivitas Teknik Permainan Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sd Negeri 2 Curugbarang Pandeglang. Cendekiawan, 1(2), 51-60.
Rahmawati, L., & Indrawati, R. (2021). Pengaruh permainan terhadap keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 101–109.
Selvi, S. N. M., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Pembelajaran kolaboratif untuk peningkatan keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 130-135.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan interdepedensi sosial sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231-239.
Suparman, A. (2018). Strategi pembelajaran aktif melalui permainan untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 27–34.
Teladaningsih, O., Mawardi, M., & Huliana, I. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK KELAS 4 SD: Teams Games Tournament, keterampilan kolaboratif. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 17-30.
Widodo, A., & Dewi, A. R. (2020). Peran permainan dalam menumbuhkan tanggung jawab sosial siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(3), 390–401.
Yuliana, R., & Prasetyo, D. (2021). Pembelajaran kolaboratif melalui permainan untuk meningkatkan kerjasama siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 422–431.
Refbacks
- There are currently no refbacks.