Analisis Tes Objektif dan Uraian Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Menggunakan Taksonomi Bloom
Abstract
Test instruments are tools used to measure students' abilities, knowledge, or skills. Several types of test instruments include: objective, descriptive, and action tests. The purpose of this study was to analyze the level of cognitive domains of objective and descriptive tests in Indonesian language textbooks for grade VIII using Bloom's taxonomy. The focus of this study was objective tests and descriptive tests contained in Indonesian language textbooks for grade VIII junior high school in the poetry and speech chapters. This study used a qualitative literature study method using data sources in the form of books and scientific journal articles. literature study theory. The data source in this study was Indonesian language textbooks for grade VIII junior high school. Based on the results of the analysis of Indonesian language textbooks for grade VIII junior high school in the poetry and speech chapters reflecting the diversity of junior high school students' thinking levels according to Bloom's taxonomy, three objective test data were found, namely C2-Categorizing, C4-Analyzing, and C1-Identifying. Then eight data for descriptive text namely C2-Explaining and comparing, C4-Classifying, C3-Determining, C2-Categorizing, C3-Assigning, C2-Categorizing, C3-Determining, and C6-Creating. For that, the arrangement of objective and descriptive questions for junior high school students can be determined, namely using bloom's taxonomy (C2-C4), paying attention to language levels, variations in question forms, calibration with grids and KD/TP. Thus, in this study, the Indonesian language textbook for class VIII of junior high school is in accordance with Bloom’s taxsonomy and its curriculum.
Instrumen tes merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan, pengetahuan, atau keterampilan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat ranah kognitif jenis tes objektif dan uraian pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII menggunakan taksonomi bloom. Fokus penelitian ini tes objektif dan tes uraian yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP pada bab puisi dan pidato. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi pustaka dengan menggunakan sumber data berupa buku-buku dan artikel-artikel jurnal ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII. Berdasarkan hasil analisis buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP pada bab puisi dan pidato mencerminkan keberagaman tingkat berpikir siswa SMP sesuai dengan taksonomi bloom, ditemukan tiga data tes objektif yakni C2-Mengkategorikan, C4-Menganalisis, dan C1-Mengidentifikasi. Kemudian delapan data untuk teks uraian yakni C2-Menjelaskan dan membandingkan, C4-Mengklasifikasi, C3-Menentukan, C2-Mengkategorikan, C3-Menugaskan, C2-Mengkategorikan, C3-Menentukan, dan C6-Menciptakan. Untuk itu dapat ditentukan penyusunan soal objektif dan uraian untuk siswa SMP yaitu menggunakan taksonomi bloom (C2-C4), memperhatikan tingkat bahasa, variasi bentuk soal, kalibrasi dengan kisi-kisi dan KD/TP. Dengan demikian, pada penelitian ini buku teks bahasa Indonesia SMP kelas VIII sudah sesuai dengan taksnomi bloom dan kurikulum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. R., & Nurdiarti, R. P. (2024). Analisis Resepsi Audien pada Konten Storytelling Nadhifa Allya Tsana di Podcast Rintik Sedu. JURNAL KOMUNITAS, 10(2), 41-47.
Astuti, F. (2021). Analisis ranah kognitif taksonomi Bloom revisi pada soal ujian sekolah bahasa Jawa. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 83-99.
Fitri Marsiyah. (2016 Analisis Soal Ulangan Buatan Guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 Ditinjau Dari Tingkat Taksonomi Bloom . Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).
Hennylawati. (2023). Implementasi Buku Teks dalam Kurikulum Nerdeka Belajar. Pekalongan: NET
Ismail, I. (2019). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Makassaar: Cendekia Publisher.
Izzah, A. N., Azizah, S. S. L., Ekawati, R., & Rufiana, I. S. (2025). Eksplorasi Analisis Butir Soal Bahasa Indonesia di Kelas II Sekolah Dasar Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 1031-1043.
Kartika, D. (2022). Berpikir Analisis Melalui Self Question. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Khadafi, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Pengukuran Di SMA (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).
Kurniati, E. (2025). Teori sosiokultural Vygotsky untuk anak usia dini. Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-24.
Lufri, dkk. (2020). Metode Pembelajara: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang : CV IRDH.
Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekola Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, 2(2), 86-91.vv
Moh Syarif Hidayat, dkk. (2023). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Widina.
Mukhlis. (2020). Teknik Penulisan Puisi, Teori, Aplikasi dan Pendekatan. Jakarta Pusat: Metafora Internusa
Mulyasa. (2019). Menjadi Guru Pengggerak Belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151-172.
Nurhadi. (2019). Handbook of Writing. Jakarta: Bumi Aksara.
Ningsih, P. R., & Wiryosutomo, H. W. (2022). Studi Kepustakaan Peran Pola Asuh Orang Tua Demokratis dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi. Jurnal BK UNESA, 12(3).
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81-88.
Pasangio. S. (2020). Penggunaan kata bepolisemi pada surat kabar Harian Mercusuar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(4).
Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen penilaian hasil pembelajaran kognitif pada tes uraian dan tes objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2).
Simbolon, N. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Demonstrasi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp Nasrani 3 Medan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.