Literasi Asuransi Personal Accident di PT. Asuransi Sinar Mas Cabang Solo Pada Mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Abstract
Insurance literacy among the younger generation is a crucial issue in improving understanding of financial products, including personal accident insurance. This study aims to determine the level of literacy of University Vocational School (UNS) students regarding personal accident insurance products at PT. Asuransi Sinar Mas Solo Branch. This study used qualitative methods with in-depth interviews with randomly selected students and questionnaires distributed to University Vocational School (UNS) students. Data were analyzed to identify understanding, barriers, and opportunities for improving literacy. The results showed that student literacy levels were still varied, with the main obstacles being difficult to understand technical terms, lack of education, and minimal outreach from insurance companies. Some students did not fully understand the benefits and procedures for insurance claims. Based on these findings, it can be concluded that student literacy regarding personal accident insurance still needs to be improved through more active education and outreach programs, including the use of digital technology.
Literasi asuransi di kalangan generasi muda menjadi isu penting dalam meningkatkan pemahaman terhadap produk keuangan, termasuk asuransi personal accident. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat literasi mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas (UNS) terhadap produk asuransi personal accident di PT.Asuransi Sinar Mas Cabang Solo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam kepada mahasiswa yang dipilih secara acak dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas (UNS). Data dianalisis untuk mengidentifikasi pemahaman, hambatan, dan peluang peningkatan literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi mahasiswa masih beragam, dengan kendala utama berupa istilah teknis yang sulit dipahami, kurangnya edukasi, serta minimnya sosialisasi dari perusahaan asuransi. Sebagian mahasiswa belum memahami manfaat dan prosedur klaim asuransi dengan baik. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa literasi mahasiswa terhadap asuransi personal accident masih perlu ditingkatkan melalui program edukasi dan sosialisasi yang lebih aktif, termasuk pemanfaatan teknologi digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, J., Sopingi, I., Setiawan, B., & Sibua, N. (2024). Research Methods: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods (Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode).
Adolph, R. (2016). ANALISIS PERAN AGEN MELALUI EDUKASI LITERASI ASURANSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH ASURANSI SYARIAH (Studi Kasus Pada Nasabah PT Asuransi BUMIDA KC Purwokerto). 1–23.
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia. (2021). Asuransi Kecelakaan Diri. AAUI. https://aaui.or.id
Dardiri, A. (2018). Literasi Asuransi: Konsep dan Implementasi dalam Pengelolaan Risiko Finansial. Deepublish.
Fachmi, Mu., & Setiawan, I. P. (2020). Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah, Analisis Kasus melalui Riset di Industri Asuransi Jiwa.
Hakim, M. L. (2020). Peran Masyarakat Ekonomi Syariah (Mes) Dalam Meningkatkan Literasi Asuransi Syariah Di Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 117. http://repository.uinsu.ac.id/7952/
Hasanudin, A. (2018). Hukum dan Praktik Asuransi di Indonesia. Prenadamedia Group.
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Pengaruh Literasi Asuransi Syariah Terhadap Minat Nasabah (Studi Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Kantor Cabang Lampung). 3(2), 91–102.
Kasmir. (2016). Manajemen Lembaga Keuangan Asuransi. RajaGrafindo Persada.
Komisioner, D., & Jasa, O. (2023). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023. Produk Asuransi Yang DIkaitkan Dengan Kredit Atau Pembiayaan Syariah Dan Produk Suretyhip Atau Suretyship Syariah, 1–37.
KUD. (n.d.). Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (Wetboek van Koophandel voor Indonesie).
Marpaung, F. W., & Lubis, F. A. (2023). LITERASI PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PRODUK ASURANSI PERSONAL ACCIDENT DAN SURETY BOND DI PT . BUMIPUTERA MUDA 1967 CABANG MEDAN. 8(30), 1315–1321.
Muchlisin Riadi. (2021). Pengertian, Tingkat, Aspek dan Pengukuran Literasi Keuangan. https://www.kajianpustaka.com/2018/03/pengertian-tingkat-aspek-dan-pengukuran-literasi-keuangan.html
Novia Intan. (2022). Pengertian Literasi: Jenis, Tujuan, Manfaat, Contoh, dan Prinsip. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/pengertian-literasi/
Otoristas Jasa Keuangan. (2024). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2024 Tentang Produk Asuransi dan Saluran Pemasaran Produk Asuransi. 1–23.
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id
Pramudya, R. M., & Rahmi, M. (2022). Pengaruh Literasi Asuransi, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 70. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4350
PT. Asuransi Sinar Mas Cabang Solo. (n.d.). Profil Perusahaan. Retrieved May 30, 2025, from https://www.sinarmas.co.id/asuransi-sinar-mas-cabang-solo#gsc.tab=0
Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. https://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Republik_Indonesia_Nomor_24_Tahun_2009
Sagala, P. W., & Daulay, A. N. (2024). Literasi Produk Asuransi Kecelakaan Diri Di PT . Askrindo Pada Pegawai Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara. 13, 1590–1596.
Saleh, S. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Suyanto, Setiawan, D., Rahmawati, & Winarna, J. (2021). Effects of Indonesian Students’ Financial Literacy on Financial Behavior. Proceedings of the Sixth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2020), 179(Piceeba 2020), 553–558. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210616.086
Syamsul Dwi Maarif. (2023). 4 Tingkat Literasi Keuangan menurut OJK dan Indikatornya. https://tirto.id/4-tingkat-literasi-keuangan-menurut-ojk-dan-indikatornya-gPfV
Refbacks
- There are currently no refbacks.