Gamatun: Penggunaan Media Gamma AI dalam Pembelajaran Teks Pantun pada Siswa Kelas Vlll di SMPN 1 Galis Pamekasan

Anis Safira Ali, Agik Nur Efendi, Mochamad Arifin Alatas

Abstract

The learning of pantun texts is often considered less interesting by students because it is delivered conventionally and lacks context. The presence of Gamma AI media aims to create a more interactive, visual, and character-aligned learning experience for today's students. The purpose of this research is to analyze the implementation and results of using Gamma AI media in the learning of Pantun Text for 8th-grade students at SMPN 1 Galis Pamekasan. This research uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation. The results of the research on the use of Gamma AI media in learning pantun in the 8th grade at SMPN 1 Galis Pamekasan show a positive contribution to student engagement and understanding. Teachers were assisted in preparing and delivering the material, creating a more engaging learning atmosphere. This study concludes that the use of Gamma AI media successfully transformed the previously monotonous learning of pantun into a more engaging, imaginative, and meaningful learning process.

 

Pembelajaran teks pantun sering kali dianggap kurang menarik oleh siswa karena disampaikan secara konvensional dan kurang kontekstual. Hadirnya media Gamma AI untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, visual, dan sesuai dengan karakter siswa masa kini. Tujuan penelitian ini menganalisis pelaksanaan dan hasil dari penerapan media Gamma AI dalam Pembelajaran Teks Pantun pada Siswa Kelas Vlll di SMPN 1 Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian Penggunaan media Gamma AI dalam pembelajaran pantun di kelas VIII SMPN 1 Galis Pamekasan memberikan kontribusi positif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa. Guru terbantu dalam menyusun dan menyampaikan materi, sehingga tercipta suasana belajar yang lebih menarik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media Gamma AI berhasil mengubah pembelajaran pantun yang semula terkesan monoton menjadi proses belajar yang lebih menarik, imajinatif, dan penuh makna. 

Keywords

Media Gamma AI, Teks Pantun, Siswa

Full Text:

PDF

References

Anas, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Gamma bagi Guru dalam Membuat Presentasi yang Menarik dan Otomatis. Journal of Information System and Education Development, 2(1), 39–43. https://doi.org/10.62386/jised.v2i1.52

Apriadi, Sihotang, R. T., & Hotmaulina. (2023). Transformasi mendalam pendidikan melalui kecerdasan buatan: Dampak positif bagi siswa dalam era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31742–31748.

Danamik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan dasar mengajar guru. umsu press.

Fauziyah, L., & Haryanto, M. (2024). Reaktualisasi pembelajaran menulis naskah drama pada generasi Z dengan metode discovery learning berbasis artificial intelligence (Chat GPT). Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 143–157.

Huda, N., Cahaya, N., & Alfianti, D. (2025). Keterampilan Menulis Puisi Bertema Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas X. 2 Sma Muhammadiyah Martapura (Poetry Writing Skills With Local Wisdom Themes For Grade X. 2 Students Of Sma Muhammadiyah Martapura). Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya (JBSP), 15(1), 74–86.

Jannah, R., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Teks Puisi Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Dasan Baru Tahun Ajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 121–126.

Khaeruddin. (2024). Pemanfaatan Teknologi Gamma ( Ai ) Dalam Pembelajaran Sejarah Era Kurikulum Merdeka. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 3(3), 53–59.

Kusuma, J. W., Supardi, Akbar, R., Hamidah, Ratnah, Fitrah, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). Sonpedia Publishing Indonesia.

Miles, B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Inc.

Purwanti, E. (2022). Pembelajaran kontekstual media objek langsung dalam menulis puisi. P4I.

Purwati, P. D., Azzahra, A., Lestari, S. K., Ramadhani, N. L., & Ardiansyah, D. R. (2024). Desain Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Cahya Ghani Recovery.

Sari, R. M., Nazwa, N., Ramadhani, R., Ferdiyansyah, A., & Asniwati, A. (2025). Studi Kasus: Implementasi Model ProTeGaTo dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SDN Sungai Jingah 4. Jurnal Cahaya Edukasi, 3(2), 106–113.

Sianturi, R., & Ndona, Y. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Menghargai Keberagaman Suku dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(1), 904–915.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surur, A. M., & Kuswandi, D. (2024). Kendala dan solusi dalam proses pendampingan guru tingkat tinggi. Hinef: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 52–63.

Yasa, I. W. A. P., Putra, R. W., Kurniawan, H., Ruslan, A., & Muhdaliha, B. (2024). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Perkembangannya. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yulianie, P., Anjani, M., Dotrimensi, & Triyani. (2025). Dampak Penggunaan Gamma AI dalam Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Program Studi PPKn Universitas Palangka Raya. JIIP :Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4150–4160.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.